Helo Indonesia

Gelar Gowes Bareng, ISSI Kendal Dorong Pemerintah Selesaikan Jalur Sport Tourism yang Terhenti

Ajie - Olahraga
Minggu, 15 Oktober 2023 16:34
    Bagikan  
Gelar Gowes Bareng, ISSI Kendal Dorong Pemerintah Selesaikan Jalur Sport Tourism yang Terhenti

Peserta melakukan gowes bareng mengambil start dari Balai Desa Laban, Kecamatan Kangkung, Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sebagai upaya meningkatkan semangat masyarakat dalam berolahraga terutama olahraga sepeda, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kendal menggelar Gowes Bareng Masyarakat Kendal, Minggu 15 Oktober 2023.

Gowes bareng mengambil start dari Balai Desa Laban, Kecamatan Kangkung dan finish di objek wisata kolam renang Six Water Game, Kecamatan Weleri, kurang lebih 700 peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan tersebut Sekda Kendal, Sugiono, Kepala Disporapar, Achmad Ircham Chalid, Ketua ISSI Kendal, Munawir bersama pengurus ISSI lainnya Rubiyanto serta Nashri yang sekaligus anggota DPRD Kendal ikut gowes bersama masyarakat.

Ketua ISSI Kendal, Munawir mengatakan, tujuan gowes bareng tersebut selain untuk meningkatkan gairah masyarakat dalam berolahraga terutama sepeda. Juga sebagai bentuk dorongan kepada pemerintah daerah untuk melanjutkan progres pembangunan jalur sport tourism khususnya bagi pesepeda yang saat ini terhenti.

"Kami bersama pengurus ISSI berinisiatif bagaimana olahraga sepeda ini bisa menggeliat lagi. Selain itu sebagai dorongan kepada pemerintah daerah untuk menyelesaikan jalur sport tourism yang menurut kami baru diselesaikan 45 persen," ujar Munawir.

Jalur Sport Tourism

Ia berharap, setelah kegiatan gowes bareng, dimana Sekda Kendal ikut melintasi jalur sport tourism tersebut, Pemerintah Kabupaten Kendal dapat segera menyelesaikan pembangunan jalur yang menghubungkan antara Pantai Sendang Sikucing Rowosari, Pantai Indah Kemangi Kangkung hingga Pantai Ngebum Kaliwungu.

"Mudah-mudahan setelah ini bisa dilanjutkan. Jalur ini kan dulu kita paparan dengan Pak Bupati itu intinya nanti terkoneksi antara Pantai Ngebum, Pantai Kemangi, Pantai Sendang Sikucing. Rencananya juga ada rest area biar bisa untuk beristirahat para pesepeda," paparnya.

Sekda berharap pembangunan jalur sport tourism sepanjang kurang lebih 40 kilometer tersebut dapat kembali diteruskan pengerjaannya pada tahun 2024 mendatang.

"Tadi Pak Ketua ISSI itu cerdas banget, saya dilewatkan disana. Rute itu bagus, tidak terlalu ramai bisa menyambungkan dari Sendang Sikucing sampai Kaliwungu. Selain itu nanti kalau sudah bagus bisa jadi jalur alternatif juga dari Weleri sampai Kaliwungu. Harapannya tahun 2024 bisa kita tuntaskan," terang Sugiono.

Sementara, Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan gowes bareng masyarakat oleh ISSI Kendal. Terlebih dengan dibangunnya sport tourism bagi pesepeda yang mempunyai pemandangan cukup indah.

"Tadi kita sudah melintasi jalur itu, meskipun belum selesai 100 persen, itu pemandangannya asyik, kanan kiri maaih sawah. Pemandangan dari jauh kita bisa melihat gunung. Tentunya nanti menjadi jalur yang bagus, bukan hanya untuk bersepeda, tetapi juga untuk jalur ke tempat wisata pesisir," ungkapnya. (Anik)