Helo Indonesia

Sudah 128 Calon Jemaah Haji Pesawaran Lunasi Biaya Keberangkatan

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 15 Mei 2023 18:20
    Bagikan  
128 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Pesawaran (foto: Ist)
128 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Pesawaran (fo

128 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Pesawaran (foto: Ist) - 128 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Pesawaran (foto: Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesawaran mendata sebanyak 128 Calon Jemaah Haji (CJH) 2023 telah melunasi biaya pemberangkatan ibadah haji.

Hal itu terlihat berdasarkan data Kemenag setempat, pada ibadah haji tahun 2023, para CJH melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp51,3 juta per orang. Biaya tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp39,8 juta.

Kepala Seksi (Kasi) Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Pesawaran, Ahmad Efendi mengatakan para jemaah tersebut mulai dilakukan tes kesehatan serta manasik tingkat kabupaten untuk mempersiapkan keberangkatan ibadah haji.

"Untuk pelunasan biaya ibadah Haji terakhir pada tanggal 19 Mei 2023. Sejauh ini sudah dilakukan tes kesehatan para jemaah bersama dengan Dinas Kesehatan Pesawaran, selain itu manasik tingkat kabupaten juga telah digelar pada 11-12 Mei lalu," kata Ahmad, Senin (15/5/2023).

Ia merinci, dari jumlah total CJH asal Pesawaran terdiri dari 110 calon jemaah prioritas, dua mutasi dari Kabupaten Lampung Selatan, serta 16 orang cadangan. Sementara, kuota ibadah haji untuk Kabupaten Pesawaran tahun 2023 sebanyak 143 jemaah.

"Kami juga secara khusus mengimbau kepada calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan, agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik. Terlebih tahun ini mengambil tema Haji Ramah Lansia, jadi 40 persen jemaah haji memang berusia lanjut," ujarnya.

Menurutnya, setiap kloter jemaah haji nantinya akan didampingi satu dokter serta dua perawat untuk memantau kondisi kesehatan para jemaah haji.

"Kloter pertama Provinsi Lampung berangkat pada 23 Mei 2023, untuk wilayah kita diperkirakan berangkat akhir Mei, paling lambat awal Juni, karena lebaran haji jatuh pada 23 Juni," pungkasnya. (Rama)