Helo Indonesia

Jabar dan Sumut Ingin Tiru Sekolah Gratis Model SMK Negeri Jateng

Kamis, 12 Oktober 2023 21:23
    Bagikan  
Jabar dan Sumut Ingin Tiru Sekolah Gratis Model SMK Negeri Jateng

Kunjungan Bappeda Jabar dan Dinas Pendidikan Sumatera Utara ke kampus SMKN Jateng di Semarang. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pola pengentasan kemiskinan lewat pendidikan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui SMK Negeri Jateng, mendapatkan atensi dari provinsi lain.

Hal itu tergambar dari kunjungan Bappeda Provinsi Jabar dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara ke kampus SMK N Jateng, untuk dapat mereplikasi sekolah gratis bagi siswa tak mampu di daerah mereka.

Baca juga: Antisipasi Kebakaran, Wali Kota Minta TPA Jatibarang Rutin Dipantau Drone Thermal

Seperti kunjungan yang dilakukan Bappeda Jabar, ke Kampus SMK Negeri Jateng di Jalan Brotojoyo Semarang, Kamis 12 Oktober 2023.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Jawa Barat Anne Carolina mengatakan, kunjungannya untuk memperoleh ilmu bagaimana pengelolaan boarding school untuk siswa miskin.

Menurutnya, Jabar belum memiliki sekolah yang memang khusus siswa dari kalangan tidak mampu. Ia menambahkan, kunjungan kali ini nantinya berguna untuk menyusun perencanaan, baik kurikulum, program maupun pendanaan sekolah asrama di Jawa Barat.

Baca juga: Prihatin Atas Dua Kasus Bunuh Diri Mahasiswi di Semarang, Mbak Ita Ajak Orangtua Peka Persoalan Anaknya

Selain itu, Anne menilai sekolah gratis di Jateng luar biasa, karena tak hanya membangun aspek fisik, juga mental peserta didik.

“Di Jabar ada SMK khusus perikanan yang alumninya dihubungkan kepada dunia industri di Jepang. Namun sifatnya inklusif, tidak khusus untuk masyarakat miskin. Nah ini hal baru, yang kemungkinan kalau kita nanti bangun boarding schooll, kita bisa adopt success story yang dimiliki oleh SMK Negeri Jawa Tengah,” tuturnya, seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Kamis 12 Oktober 2023.

Apresiasi

Kepala SMK Negeri Jateng di Semarang Hardo Sujatmiko mengapresiasi kunjungan yang telah dilakukan sejumlah pihak. Ia menegaskan, kesiapan jajarannya bila model pendidikan di sekolahannya direplikasi di banyak tempat.

Seperti hasil pertemuan dengan Pemprov Sumut, yang rencananya akan mengirimkan guru untuk “magang” di SMK N Jateng di Semarang. Ia pun mengaku siap, bila diminta untuk memberikan supervisi, bila model sekolah gratis tersebut akan diterapkan di daerah lain.

Baca juga: Pendapat Jaksa Shandy Handika yang Kaget Film Jessica Wongso di Netfilx Tak Sesuai, Ini Seharusnya!

“Pascakunjungan Presiden Ri kami menerima banyak kunjungan, dari Sumut, Anggota DPR RI Putra Nababan, Bappenas, hingga Bappeda Jabar dan Direktur SMK. Mereka ingin melihat langsung apakah betul SMK N Jateng tujuannya memang memutus mata rantai kemiskinan lewat dunia pendidikan, dan dijadikan project nasional,” urainya. (Aji)