Helo Indonesia

Atletik Jateng Open 2024 Diserbu Peserta, Rumini: Performa Atlet Pelatda PON Dipantau

Ajie - Olahraga
Rabu, 26 Juni 2024 18:13
    Bagikan  
Atletik Jateng Open 2024 Diserbu Peserta, Rumini: Performa Atlet Pelatda PON Dipantau

Suasana temu teknik Kejuaraan Atletik Jateng Open 2024 di Kantor Disporapar Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Kejuaraan Atletik Jateng Open 2024 menuai respons positif dari atlet atletik di Indonesia. Buktinya nomor-nomor bergengsi pada event yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Kamis - Sabtu, 27-29 Juni ini diserbu peserta.

Dari hasil temu teknik yang dipimpin Technical Delegate Sarjito (PB PASI) di kantor Disporapar Jateng Jalan Pemuda Semarang, Rabu (26/6), diketahui pada nomor bergengsi, 100 meter putra, tercatat ada sebanyak 112 peserta. Di nomor lain, lompat jauh putra terdapat 44 peserta, lompat tinggi putra 36 peserta. Namun ada juga nomor yang sedikit pesertanya, yakni 400 meter gawang putri yang hanya diikuti lima peserta.

Baca juga: Try Out ke Palembang, Selam Jateng Targetkan Satu Emas PON 2024

Ketua Umum Pengprov PASI Jateng Rumini menjelaskan, Jateng Open merupakan event atletik nasional terakhir sebelum PON XXI Aceh-Sumut. Jadi sangat wajar, jika berbagai provinsi untuk memanfaatkan Jateng Open sebagai sarana mengukur kemampuan.

Dia pun mengaku bangga bahwa Jateng Open sudah mendapatkan tempat di hati para atlet atletik di Tanah Air. Rumini sangat berharap, para atlet Jateng yang saat ini menghuni pelatda untuk memanfaatkan kejuaraan ini dengan menunjukkan performa terbaiknya.

''Kami sudah antisipasi adanya 'ledakan' peserta di nomor bergengsi 100 meter putra. Panitia sudah mengatur lomba di setiap nomor,'' ujar Kabid Binpres KONI Jateng itu.

Baca juga: Prof Sudharto: Pencapaian USM Terwujud Berkat Kekompakan dan Persatuan

Jateng Open diikuti sekitar 700 atlet dari 120 klub atlet dan klub. Beberapa kota dan provinsi juga mengirim atletnya, di antaranya PASI Kota Malang, Pengprov PASI Kaltim, Banten, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Batam dan Kepuluan Riau.

Dipantau

Rumini menegaskan, Pengprov PASI Jateng akan memantau dan mengevaluasi atlet Pelatda PON yang tampil di ajang ini. Pihaknya tak segan mencoret atlet Pelatda yang performanya menurun saat tampil di Jateng Open.

”Kami jadikan event ini sebagai ajang uji coba. Kami tegas, jika catatan prestasinya sangat jauh dari yang sudah ditentukan bisa dicoret. Saya juga sudah me-wanti-wanti para atlet, kejuaraan ini jadi ajang terakhir untuk seleksi,” kata Rumini. (Aji)