Helo Indonesia

Momen PM Xanana Cium Tangan Itri Presiden Jokowi, Bikin Kaget Ibu Negara

Edo - Nasional
Selasa, 5 September 2023 13:58
    Bagikan  
CIUM TANGAN
sekretariat presiden/ tangkapan layar

CIUM TANGAN - PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao memberikan penghormatan dengan mencium tangan Ibu Iriana Jokowi disaksikan Presiden Joko Widodo disampingnya, Selasa (5/9/2023).

HELOINDONESIA.COM - Ada yang menarik perhatian dari sekian kepala negara yang diterima Presiden Joko Widodo dan istrinya, Ibu Iriana di Jakarta Convention Center (JCC) saat mengikuti KTT ASEAN ke-43, Selasa (5/9/2023).

Menjelang pembukaan KTT sejumlah kepala negara diterima depan pintun masuk lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN di komplek Senayan Jakarta itu.

Pagi itu sudah beberapa kepala negara tiba dilokasi, termasuk PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao yang tiba di lokasi sendiri tanpa ditemani sang istri.

Setelah turun dari mobil memasuki gedung JCC Jakarta, PM Xanana mengenakan stelan jas warna hitam langsung berjalan menuju ke arah ibu negara Iriana Jokowidodo, yang berdiri disebelahnya.

Baca juga: Tokoh Kemerdekaan Timor Leste Xanana Gusmao Kembali Berkuasa, Dilantik Jadi Perdana Menteri

Jika kepala negara lainnya yang dituju adalah Presiden Jokowi, namun PM Xanana tidak seperti kepala negara yang lainnya.

Ketika berjalan sudah mendekati, bukanya langsung menuju ke arah Presiden Jokowi, tetapi langsung menghampiri istri Presiden Jokowi, Ibu Iriana Jokowi.

PM Xanana langsung mengulurkan tangan ke arah Ibu Iriana dan langsung mencium tangannnya.

Ibu Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya dan kerudung bernuansa biru membalas sedikit menunduk ketika Xanana mencium tangan sambil membungkuk.

Baca juga: Pemerintahan Baru Timor Leste Segera Terbentuk, PM Taur Matan Ruak Siap Serahkan Kekuasaan

Ibu Iriana yang berada di dekat Presiden Jokowi mendapat perlakuan seperti terlihat kaget, sepertinya tidak menyangka terjadi adegan seperti itu.

Setelah menyalami dan mencium tangan ibu negara, Xanana baru memberi salam dan mengulurkan tangan kepada Presiden Joko Widodo.

Pemandangan seperti itu memang sudah menjadi kebiasaan mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste yang kini memimpin pemerintahan konstitusi ke-9 Timor Leste.

Di negaranya Timor Leste, Xanana sangat akrap dan dikenal dekat dengan rakyatnya, tanpa memberikan jarak antara dirinya dengan rakyat Timor Leste.

Baca juga: Dani Ardianto Pemain Indonesia yang Berkarier di Timor Leste, Ingin Bermain di Liga Indonesia

Kebiasaan Xanana itu, tetap saja tidak berubah ketika ia menjabat sebagai Perdana Menteri ke-9 Timor Leste ini.

Seperti di negaranya di Timor Leste, PM Xanana kerap memberi perlakuan khusus kepada seorang perempuan tanpa pandang bulu, salah satunya dengan cara mencium tangannya.

Begitu juga dengan anak, di negaranya Xanana sering memberikan perhatian khusus kepada mereka, seperti memanggul di pundaknya saat bertemu anak-anak saat berkunjung ke daerah-daerah.

Baca juga: Lolos Kesehatan Pemain Timor Leste, Gali Freitas Dipastikan Direkrut PSIS Semarang

Bahkan pada saat ulang tahun ke-77 Xanana Gusmao pertama kali merayakan ulang tahunnya bersama anak-anak di pinggiran Kota Dili sambil membagi-bagi kan makanan kecil kepada mereka.

Sementara di acara KTT ASEAN setidaknya ada 11 perwakilan negara-negara ASEAN yang sudah hadir di lokasi KTT ASEAN di Jakarta itu.

Baca juga: Waskita Karya Dapat Tender Bandara Intenasional Presidente Nicolau Lobato Timor Leste Senilai 1,1 Triliun

Mereka yang hadir dalam KTT ASEAN antara lain adalah:
PM Laos Sonexay Siphandone
PM Kamboja Hun Manet
Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan
Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr
PM Singapura Lee Hsien Loong
PM Malaysia Anwar Ibrahim.
PM Vietnam Pham Minh Chinh
PM Timor Leste Xanana Gusmao
PM Kepulauan Cooks Mark Brown
Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. **