Helo Indonesia

Usai Kalah Pilpres, Surya Paloh Merapat Ke Jokowi dan Prabowo. Nasdem Bakal Menawarkan Beberapa Hal Untuk Dikerjasamakan

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
Jumat, 28 Juni 2024 20:20
    Bagikan  
Kongres
Aris Mohpian Pumuka

Kongres - Nasdem akan mengundang Presiden Jokowi dan Prabowo dalam hajatan Kongres III.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Usai kalah dalam perhelatan Pilpres (Pemilihan Presiden) 2024 lalu, Partai NasDem kembali merapat ke kubu Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto. Paling tidak, itu terlihat dari undangan partai besutan Surya Paloh pada Jokowi untuk membuka Kongres ke-3 pada 25-27 Agustus mendatang.

“Kongres dengan tema Sinergi Membangun Bangsa akan menerapkan prinsip Go Green, Pro Perempuan, dan Kebhinekaan serta akan dibuka Presiden Joko Widodo dan ditutup presiden terpilih Prabowo Subianto,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Nasdem Hermawi Taslim dalam jumpa pers persiapan Kongres III Partai NasDem, pada Jumat (28/6/2024) di Jakarta.

Hermawi mengungkap, kongres partainya bakal mengundang Presiden Joko Widodo karena NasDem merupakan bagian dari pemerintahan yang tetap setia selama sepuluh tahun ke belakang.

Di bagian lain, dalam waktu dekat ia juga bakal mengundang Prabowo menghadiri Kongres III partai tersebut. Partai NasDem siap membantu pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Dianggap Berperan Penting Dalam Pengamanan Presiden RI, Kapolda Metro Jaya Beroleh Penghargaan Setia Waspada

Pihaknya bakal menawarkan sektor-sektor yang bisa dikerjasamakan untuk membantu jalannya pemerintahan mendatang.

Dia katakan, kongres bakal menjadi agenda konsolidasi utama guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Karena Pilkada yang akan digelar November mendatang, merupakan agenda politik terakhir dalam lima tahun ke depan.

"Kami punya 2.202 anggota DPRD dari kabupaten/kota, provinsi, sampai DPR RI, mereka nanti akan dibekali dalam prakongres ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan tema dari kongres tersebut adalah 'Sinergi membangun Bangsa'.

Baca juga: Nonton Drama Korea Connection Ep 11 Sub Indo

Lewat tema tersebut, lanjutnya, seluruh kader ingin menjadikan NasDem sebagai partai yang membangun sinergi dengan berbagai elemen masyarakat, bukan hanya dengan partai politik saja. Kongres bakal menyerap aspirasi dari pengurus partai di tingkat paling bawah.

Karena agenda tersebut, menurutnya, bakal melibatkan lebih dari 100 ribu orang, baik secara luring maupun secara daring. "Ini suatu proses yang bagaimana transformasi menjadi digital party terealisasi. Ini menjadi momentumnya," kata Willy.

 Meski Kongres III Partai NasDem akan digelar pada 25-27 Agustus 2024. Namun sejumlah kegiatan prakongres, menurut Willy, sudah digelar sejak 21 Juni 2024 lalu.