Helo Indonesia

5 Manfaat Kesehatan Virgin Coconut Oil untuk Pengindap Diabetes

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 2 Juli 2023 21:09
    Bagikan  
Minyak kelapa
pixabay/ moho01

Minyak kelapa - Ragam manfaat kesehatan minyak kelapa untuk penderita diabetes.

HELOINDONESIA.COM - Penderita diabetes harus memikirkan dengan baik makanan apa saja yang boleh dikonsumsi. Jangan makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula berlebihan. Selain gula, penderita diabetes juga harus berhati-hati dengan lemak yang dikonsumsi karena dapat mengancam kesehatannya secara langsung.

Penyakit jantung dan stroke adalah pembunuh nomor satu bagi penderita diabetes. Dan, lemak dalam makanan yang dikonsumsi berdampak langsung pada jantung Anda. Ada lemak jahat dan lemak baik, yang bahkan bisa membantu Anda lebih jauh lagi dengan mencegah tekanan darah tinggi, dan menyumbat peredaran darah. Bahkan, itu bisa membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Minyak yang Anda gunakan untuk memasak mengandung beberapa lemak penting dalam diet Anda. Mungkin, Anda pernah mendengar bahwa minyak kelapa bisa menjadi pengganti yang baik. Tapi, apakah minyak kelapa tidak akan mempengaruhi diabetes? Apakah minyak kelapa lebih baik atau bahkan lebih buruk daripada minyak goreng biasa untuk penderita diabetes tipe 2?

Baca juga: Beragam Manfaat dari Minyak Kembang Sepatu untuk Perawatan Kulit Maupun Rambut

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis masih dipelajari, mirip dengan manfaat minyak zaitun. Meski klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga saat ini belum terbukti 100 persen, penggunaannya semakin populer di masyarakat.

Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan yang disuling. VCO diekstraksi dari kelapa segar tanpa menggunakan bahan kimia tambahan dan tanpa suhu tinggi.

Ini merupakan langkah penting agar kandungan alaminya, seperti senyawa fenolik, tidak rusak. Itu sebabnya, hanya minyak kelapa murni yang bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik.

Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat mendukung pertumbuhan probiotik di saluran cerna dan berfungsi melawan bakteri jahat. Itu sebabnya, dapat diasumsikan bahwa minyak kelapa cukup sehat, bahkan untuk penderita diabetes.

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Ini 11 Manfaat Luar Biasa dari Air Kelapa

Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diduga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika Anda tertarik untuk mencoba metode ini, berikut adalah manfaat kesehatan terbaik dari minyak kelapa yang mungkin Anda miliki:

Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa untuk Diabetes

1. Baik untuk diet

Anda bisa menggunakan VCO sebagai minyak saat memasak atau dicampur dengan bahan lain. Jika Anda belum mengetahuinya, VCO selalu dipercaya sebagai minyak sehat, karena mengandung banyak zat yang dapat merangsang metabolisme Anda. Salah satu efek yang bisa didapatkan pada minyak kelapa adalah membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau makan cemilan akan berkurang secara signifikan.

Juga, ada asam lemak rantai sedang yang dapat dengan mudah menemukan jalannya ke sel-sel hati. Keunggulan ini menjadikan minyak kelapa sebagai lemak yang cepat dibakar tubuh menjadi energi. Asam lemak rantai sedang tidak mudah diubah menjadi cadangan lemak, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Meski diklaim baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, seperti manfaat kunyit, sejauh ini data tentang efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Minyak Inti Sawit

Saat ingin menurunkan berat badan, Anda tidak bisa hanya mengandalkan VCO saja. Anda tetap perlu berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat dan seimbang. VCO bisa dikatakan sebagai bagian kecil dari pola makan yang baik. Konsumsinya maksimal satu sendok makan dalam sehari.

2. Mengurangi kolesterol jahat

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk diabetes yang diklaim baik untuk kesehatan adalah menurunkan kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik (HDL). Penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, namun tidak berdampak signifikan terhadap penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah.

Saat Anda mendekati metode minyak kelapa, sebaiknya gunakan solusi alami lainnya untuk membantu Anda. Anda juga bisa mendapatkan manfaat bit untuk mencapai hasil yang paling optimal.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Biji Kakao Bagi Kesehatan Tubuh Anda

3. Membantu memperbaiki fungsi pencernaan secara alami

Efek diabetes mempengaruhi hampir semua organ tubuh, termasuk hati yang berperan dalam produksi cairan empedu dan enzim pencernaan lainnya. Fungsi hati yang buruk dapat membatasi sekresi empedu dan enzim yang nantinya akan memperlambat proses pencernaan.

Makanan yang tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan penghambatan metabolisme dapat meningkatkan berat badan. Minyak kelapa, di sisi lain, memiliki triasilgliserol rantai sedang yang dapat memecah dan mencerna makanan dengan lebih mudah.

4. Menormalkan berat badan

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak dengan triasilgliserol rantai menengah dapat membantu manajemen dan pengaturan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menguji 40 pria dan wanita yang kelebihan berat badan yang dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk mengonsumsi minyak zaitun dan minyak triasilgliserol rantai sedang sebagai program diet mereka.

Baca juga: Mengenal Rumput Bandotan, Gulma Pertanian yang Memiliki Beragam Manfaat Kesehatan

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi minyak triasilgliserol rantai sedang mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun. Artinya, minyak triasilgliserol rantai sedang (yaitu minyak kelapa) dapat membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada penderita diabetes.

Saat menggunakan minyak secara teratur, Anda juga bisa menambahkan cairan lain ke dalam makanan Anda, seperti manfaat jus lidah buaya. Meski rasanya agak aneh, ternyata bisa mendatangkan manfaat sehat lain yang sayang untuk dilewatkan.

5. Meningkatkan toleransi glukosa

Yang terakhir dalam manfaat minyak kelapa untuk diabetes adalah meningkatkan toleransi glukosa. Alasan mengapa hal ini dimungkinkan adalah dengan bantuan rantai asam lemak yang dapat ditemukan di dalam minyak kelapa. Dalam kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.