Helo Indonesia

Rekomendasi Susu untuk Diabetes yang rendah Karbo

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 11 Februari 2024 13:39
    Bagikan  
susu
pinterest

susu - kesehatan tubuh

HELOINDONESIA.COM - Susu untuk diabetes memang tidak boleh sembarangan maka apabila salah memilih jenis susu akan berdampak serius pada kesehatan penderita diabetes. Jika penderita diabetes mendapat asupan lemak berlebih dari susu tinggi lemak,karbohidrat, maka beresiko mengalami lonjakan gula darah.

Susu full cream sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes. Ada beberapa jenis susu lain yang boleh dikonsumsi asalkan memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Tidak menggandung tinggi lemak, baik itu lemak trans atau lemak jenuh.
  • Tidak mengandung karbohidrat tinggi.
  • Mengandung kadar gula rendah.
  • Selalu mengecek Nutritional Fact pada kemasan susu, agar kontrol asupan lemak, karbohidrat, gula, dan kolesterol tetap terjaga.

1. Susu skim
Susu skim mengandung lebih sedikit lemak, sehingga bisa saja dijadikan pilihan bagi penderita diabetes asalkan tidak diminum berlebihan.
Dalam secangkir susu skim terdapat 91 kalori, 0,61 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 0 serat, 9 gram protein, 316 gram kalsium. 

2. Susu almond
Dikarenakan penderita diabates sangat perlu membatasi asupan karbohidrat sedikit mungkin. Susu almond ini termasuk yang hampir nol karbohidrat.
Selain itu, kadar lemaknya minimal 8 gram daripada susu sapi. Segelas susu almond mengandung sekitar 39 kalori, 2,88 gram lemak, 1,5 karbohidrat, 0,5 serat, dan 1,5 protein.

3. Susu rami
Susu untuk diabetes berikutnya ada susu dari biji rami. Kandungan susu rami ini minim lemak dan karbohidrat, tapi kaya omega 3, kalsium dan zat besi.
Minum secangkir susu rami dapat menyumbang 24 kalori dalam tubuh, 2,5 gram lemak, 1,02 gram karbohidrat, dan 300 gram kalsium.

4. Susu kedelai
Alternatif susu untuk penderita diabetes ada susu kedelai. Meski relatif aman, sebaiknya tetap tidak diminum terlalu banyak, karena karbohidranya sekitar 4 gram per cangkir.

5. Susu kambing
Menurut jurnal yang dipublikasikan IPB, susu kambing atau yoghurt susu kambing mempunyai karakter antidiabetes.

Potensi antidiabetes ini dianalisis dengan aktivitas penghambatan α-glukosidase, yaitu agen antidiabetik yang bekerja untuk menghambat kerja enzim alfa glukosidase, supaya mengurangi penyerapan karbohidrat dari makanan oleh usus.

Meski masih boleh mengonsumsi susu untuk diabetes, tidak ada salahnya jika ingin konsultasi ke dokter terlebih dahulu, karena kondisi diabates seseorang bisa berbeda-beda.