Helo Indonesia

8 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Minyak Inti Sawit

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 1 Juli 2023 22:44
    Bagikan  
Buah kelapa sawit
pixabay/ tristantan

Buah kelapa sawit - Mintak inti sawit memiliki beragam manfaat kesehatan yang sudah digunakan sejak ratusan tahun silam.

HELOINDONESIA.COM - Minyak inti sawit diekstraksi dari biji buah sawit. Minyak ini telah digunakan sejak lama karena khasiat obatnya. Dikenal dengan berbagai nama: minyak sawit Afrika, minyak sawit Amerika, minyak inti sawit dan minyak sawit merah. Ini semakin populer, menduduki puncak daftar minyak nabati kontemporer.

Ada beberapa penelitian yang menegaskan bahwa minyak inti sawit efektif mengurangi risiko berbagai jenis kanker dan penyakit kardiovaskular. Minyak kelapa sawit mengandung banyak nutrisi dan merupakan salah satu minyak nabati yang jenuh secara alami.

Minyak ini memiliki komposisi asam lemak yang seimbang dengan 50% asam lemak jenuh, 40% tak jenuh dan 10% asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, juga kaya akan vitamin A dan E serta fitonutrien lainnya, seperti sterol, asam fenolik, dan antioksidan.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tak heran minyak inti sawit mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mari kita lihat lebih dekat masing-masing manfaat kesehatan yang luar biasa dari minyak inti sawit.

Baca juga: Disebut-sebut Sebagai Pohon Ajaib, Berikut Ini Ragam Manfaat Kesehatan Minyak Kelor atau Moringa Oil

1. Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Minyak inti sawit dianggap efektif dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Asam lemak tak jenuh biasanya meningkatkan produksi kolesterol LDL yang berdampak negatif pada kesehatan jantung.

Namun, komposisi asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang pada minyak sawit mampu menangkal efek negatif LDL. Hasilnya, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena aterosklerosis, stroke, dan jenis penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Minyak inti sawit kaya akan vitamin A dan E yang terbukti sebagai agen anti kanker. Ada penelitian yang mengkonfirmasi peran karotenoid dan vitamin E yang mampu menghambat sel kanker.

Baca juga: 5 Jenis Minyak Esensial Bermanfaat untuk Kekebalan Tubuh

Minyak inti sawit memiliki jumlah vitamin tertinggi di antara semua minyak nabati lainnya. Ada tocotrienols, antioksidan yang mencegah kerusakan oksidatif jaringan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu alasan utama perkembangan kanker.

Juga ditunjukkan bahwa menjaga pola makan yang sehat dengan konsumsi lemak yang lebih sedikit sangat penting untuk mengurangi risiko kanker.

Minyak sawit memang membantu mencegah kanker payudara, usus besar, lambung, pankreas, prostat, dan hati. Kanker dapat dicegah dan diobati. 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Minyak inti sawit kaya akan beta karoten dan antioksidan penting lainnya. Beta karoten dan antioksidan lain dalam minyak inti sawit mencegah kerusakan radikal bebas pada tubuh dan mutasi.

Baca juga: 8 Tips Penggunaan Minyak Esensial yang Tepat dan Aman untuk Aromaterapi

Selain itu, juga meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko pengembangan katarak dan degenerasi makula lainnya. Anda juga dapat menggunakan minyak sawit yang dikemas untuk mengurangi kekurangan vitamin A.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Minyak inti sawit juga diyakini sebagai pendorong yang pasti untuk kekebalan tubuh. Itu karena tingginya jumlah antioksidan. Oleh karena itu, ia juga melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan mencegah berkembangnya penyakit kronis.

Vitamin: A, E, D dan K meningkatkan metabolisme tubuh dan fungsi sel darah putih yang mencegah infeksi.

Daya tahan tubuh dapat dipertahankan dengan mengkonsumsi buah jeruk. Baca lebih lanjut tentang manfaat kesehatan buah jeruk yang terbukti secara ilmiah untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Ini Referensi Bahan Dasar Minyak Esensial yang Baik untuk Pijat Kesehatan

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Selain dikonsumsi, minyak inti sawit juga bisa digunakan untuk rambut. Minyak inti sawit juga menunjukkan hasil yang luar biasa pada pertumbuhan rambut.

Ini memberikan pengkondisian menyeluruh, menebalkan rambut dan mengurangi rambut rontok. Oleh karena itu, itu membuat rambut Anda lebih kuat. Anda dapat menggunakan minyak sawit ini sebagai perawatan minyak panas dan memberikan efek menenangkan bersama dengan nutrisi.

6. Memberikan Kulit Lembut

Minyak inti sawit memberikan manfaat anti-penuaan. Selain itu juga membuat kulit lembut dan bercahaya secara alami tanpa terlihat berminyak. Tak heran, minyak inti sawit telah digunakan sebagai bahan utama dalam banyak sabun batangan dan krim.

Baca juga: Aromatherapy Minyak Atsiri Tanaman Nilam Banyak Dimanfaatkan Industri Parfum

7. Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Karena minyak inti sawit kaya akan antioksidan, minyak ini juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Antioksidan ini melindungi saraf saraf terhadap radikal bebas dan mencegah gangguan saraf.

Ini juga meningkatkan aliran darah ke saraf dan sebagai hasilnya, risiko penyakit Alzheimer dapat dicegah dan fungsi kognitif dapat ditingkatkan.

8. Detoksifikasi Hati

Minyak kelapa sawit juga mampu mendetoksifikasi hati dan melindunginya dari penyakit hati asam non-lemak. Itu semua karena sifat antioksidannya yang meningkatkan fungsi hati dan mencegah pengendapan partikel di hati dan pankreas sehingga mengurangi risiko terkena kanker.