Helo Indonesia

Beragam Manfaat dari Minyak Kembang Sepatu untuk Perawatan Kulit Maupun Rambut

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 2 Juli 2023 13:20
    Bagikan  
Minyak kembang sepatu/minyak hibiscus
pixabay

Minyak kembang sepatu/minyak hibiscus - Minyak kembang sepatu memiliki beragam manfaat kesehatan, baik untuk kulit maupun rambut.

HELOINDONESIA.COM - Hibiscus atau kembang sepatu adalah tanaman yang memiliki bunga indah dari keluarga mallow, Malvaceae. Minyak kembang sepatu sendiri dipisahkan dari bunga kembang sepatu dan merupakan minyak esensial. Minyak ini memiliki beragam manfaat mulai dari perawatan kulit dan rambut hingga aromaterapi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat kesehatan dari minyak kembang sepatu, mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

Daftar Manfaat Kesehatan Minyak Kembang Sepatu

1. Mendukung Produksi Kolagen Alami

Dari bubuk kolagen hingga minuman pra-campuran, ada banyak cara untuk meningkatkan asupan kolagen Anda. Namun, karena kandungan vitamin C dalam kembang sepatu, Anda juga dapat membantu tubuh Anda membuat kolagen secara alami. Vitamin C (atau disebut asam askorbat) penting untuk penyatuan kolagen. Secara khusus, senyawa tertentu bergantung pada vitamin C untuk menyeimbangkan dan menghubungkan partikel kolagen dengan tepat.

Suplemen juga mendukung ekspresi gen kolagen, yang mendorong sintesis kolagen. Selain itu, karena vitamin C bermanfaat untuk produksi kolagen baik secara internal maupun topikal, Anda dapat mengonsumsi vitamin C dalam kembang sepatu dengan meminum atau mengoleskan minyaknya secara topikal.

Baca juga: 5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Anda

2. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Hibiscus kaya akan antioksidan dan mengurangi munculnya garis-garis tipis sekaligus melawan radikal bebas di kulit Anda. Gunakan sebagai tahap dalam rutinitas perawatan kulit Anda — di antara pengondisian dan pelembab — untuk hasil terbaik.

3. Mencegah Rambut Beruban

Minyak kembang sepatu dapat mencegah rambut beruban sebelum waktunya. Kembang sepatu pernah digunakan sebagai warna alami untuk menutupi rambut perak. Minyak kembang sepatu mengandung antioksidan dan nutrisi yang membantu memajukan warna alami rambut.

4. Mengatasi Degradasi Kolagen

Minyak kembang sepatu mengandung antioksidan tinggi yang disebut myricetin. Senyawa ini menghambat kolagenase, bahan kimia yang menargetkan dan merusak kolagen. (Aksi kolagenase biasanya meningkat seiring bertambahnya usia, membuat kulit kehilangan kekencangan dan konstruksinya.) Myricetin dalam minyak kembang sepatu, bagaimanapun, sebenarnya dapat memperlambat penurunan kolagen - menjaga kulit Anda tetap kencang dan kencang.

Baca juga: Tak Hanya Minyaknya, Tepung Kelor juga Miliki Beragam Manfaat Kesehatan

5. Melembabkan Kulit

Minyak kembang sepatu adalah minyak yang sangat lembut (jadi, tidak terlalu berminyak, hanya sebatas minyak) dan memiliki bahan perekat tinggi yang sangat baik untuk melembabkan kulit.

6. Mencegah Gatal Kulit Kepala

Minyak kembang sepatu mengandung vitamin A dan vitamin C yang membantu mencegah iritasi pada kulit kepala. Untuk menghilangkan masalah ini, Anda juga bisa memanaskan bunga kembang sepatu dalam air, membiarkannya dingin, dan setelah itu, gunakan sebagai after-flush untuk mencuci rambut Anda.

7. Mencegah Kerusakan Elastin

Dengan promosi seputar kolagen ini, mudah untuk mengabaikan jenis protein kulit. Elastin, misalnya, berupaya menjaga kulit tetap kencang. Elastin adalah protein yang sangat melar yang ditemukan di jaringan ikat dan kulit. Ini membantu kulit untuk kembali ke keadaan semula. Namun, mirip dengan kolagen, elastin dipisahkan oleh katalis tertentu: elastase. Katalis ini juga meningkat seiring bertambahnya usia, menyebabkan kulit kendur.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Biji Kakao Bagi Kesehatan Tubuh Anda

8. Membantu Pertumbuhan Rambut

Betapapun menakjubkannya minyak kembang sepatu ditujukan untuk kulit Anda, ternyata minyak ini jauh lebih baik untuk rambut Anda. Ini penuh dengan nutrisi dan suplemen yang membantu memperkuat dan menumbuhkan rambut Anda sekaligus mencegah kebotakan. Untuk hasil terbaik, campurkan sedikit minyak dengan pembersih dan kondisioner Anda, dan busa seperti biasanya.

9. Membuat Rambut Lebih Kuat

Untuk memperkuat folikel rambut Anda, campurkan minyak kembang sepatu dengan minyak kelapa dan tambahkan sedikit bubuk kembang sepatu ke dalam komposisi. Biarkan hingga menggelembung beberapa saat, lalu, setelah itu, aplikasikan cadar rambut ini ke kulit kepala Anda. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.