Helo Indonesia

Tak Hanya Minyaknya, Tepung Kelor juga Miliki Beragam Manfaat Kesehatan

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 1 Juli 2023 23:18
    Bagikan  
Tepung kelor.
pixabay/ Ninetechno

Tepung kelor. - Tepung kelor memiliki beragam manfaat kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Pohon kelor memiliki beragam manfaat kesehatan. Hal yang paling menakjubkan tentang kelor adalah bahwa semua aspek pohon menawarkan manfaat medis yang luar biasa karena penuh dengan suplemen dasar dan penguat sel. Oleh karena itu, benar kalau disebut kalau kelor adalah tanaman ajaib.

Tepung kelor dipisahkan dari daunnya yang dijemur, diremas, dan terakhir ditumbuk. Anda mungkin belum pernah mendengarnya sebelumnya, tetapi kami hadir untuk memberikan manfaat kesehatan dari tepung kelor untuk memperluas pengetahuan Anda.

Daftar Manfaat Kesehatan Moringa Powder/Tepung Kelor

1. Mengurangi Kelelahan dan Lesu

Pada waktu tertentu, 1 dari 5 orang merasa sangat lelah, dan 1 dari 10 mengalami kelelahan yang berkepanjangan, menurut Royal College of Psychiatrists di Inggris. Satu porsi Tepung kelor (10 gram atau dua hingga tiga sendok teh) memberikan 32,2% zat besi dari kebutuhan harian Anda (NRV) dan 18,9% vitamin A dari NRV.

Baca juga: Atasi Lemah Syahwat Hingga Membuat Lebih Perkasa, Berikut 4 Manfaat Ajaib Kelor untuk Kaum Pria

Zat besi sangat penting untuk mengurangi kelesuan dan kelelahan dalam tubuh, dan vitamin A mendukung pencernaan zat besi memastikan penyerapan yang lebih besar. Menambahkan tepung kelor ke dalam makanan Anda adalah pendekatan alami yang menarik untuk mencegah kelelahan dan lesu.

Kandungan zat besi yang kaya dari tepung kelor juga membuatnya ideal untuk pecinta sayuran, vegan, dan mereka yang mengalami anemia. 

2. Sarat dengan Vitamin dan Mineral

Banyak makanan sehat yang Anda makan memiliki satu suplemen juara. Pikirkan tentang wortel dan vitamin A, jeruk dan vitamin C, kacang-kacangan dan vitamin E. Tepung kelor menonjol sebagai makanan super karena satu cangkir daun kelor dianggap sebagai sumber kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B6, dan riboflavin yang baik dan memiliki kadar vitamin A, vitamin E, potasium yang tinggi, dan magnesium.

Memang daunnya lebih banyak mengandung vitamin C dibandingkan jeruk. Itu berarti tepung kelor dapat menambah segalanya mulai dari penglihatan dan kekebalan yang lebih baik hingga kesehatan tulang dan kesehatan kulit.

3. Bermanfaat bagi Kulit

Tepung kelor telah diproklamasikan oleh majalah Vogue sebagai alat untuk mendefinisikan ulang kecantikan dari dalam. Itu sarat dengan nutrisi yang merawat kulit termasuk vitamin A dan vitamin E. Vitamin A sangat penting untuk kulit yang sehat dan cerah, dan vitamin E melindungi sel dari tekanan oksidatif dan membantu melawan tanda-tanda penuaan.

Baca juga: Disebut-sebut Sebagai Pohon Ajaib, Berikut Ini Ragam Manfaat Kesehatan Minyak Kelor atau Moringa Oil

Tepung kelor juga memiliki salah satu zat antioksidan terbesar dari semua makanan. Dengan nilai ORAC 157.000, ia memiliki 6x antioksidan goji berry dan tingkat yang sama dengan matcha pembangkit tenaga antioksidan. 

Antioksidan sangat penting untuk mengamankan, memperbaiki, dan mencegah kerusakan sel, membatasi siklus penuaan kulit dalam jangka panjang. Mereka membantu menetralkan tekanan oksidatif dan dampak radikal bebas. Radikal bebas adalah partikel tidak sehat yang merusak kolagen penyebab kulit kering, garis halus, keriput, dan penuaan dini.

4. Sumber Protein Nabati

Apakah Anda seorang pecinta sayuran atau hanya mencoba untuk menghilangkan daging, tidak selalu mudah untuk menemukan protein nabati yang bermanfaat.

Memang ada lentil dan tempe, tapi terkadang Anda hanya membutuhkan bahan tambahan cepat tanpa dimasak untuk ditaburkan di mangkuk smoothie atau ditambahkan ke sup. Berbicara tentang sop, berikut adalah manfaat kesehatan dari sop hati.

Di situlah tepung kelor masuk. Tepung yang terbuat dari daun kelor yang dihaluskan sarat dengan protein - 3 gram protein per sendok makan - dan memiliki keunggulan yang menentukan dibandingkan sayuran karena mengandung semua asam amino esensial, penting untuk perbaikan otot, produksi energi, dan pengaturan suasana hati.

Baca juga: Tim FTP USM Latih Pembuatan Teh Susu Herbal Daun Kelor di SMK Ibu Kartini Semarang

5. Meningkatkan Imunitas

Yang luar biasa di antara manfaat tepung kelor lainnya adalah kekuatan penambah kekebalannya. Menjaga sistem kekebalan yang sehat sangat penting untuk membantu tubuh Anda melawan penyakit dan penyakit.

Tepung kelor adalah sumber zat besi dan vitamin A yang sangat kaya. Keduanya sangat penting untuk fungsi normal sistem kekebalan tubuh.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mempelajari potensi kelor sebagai agen antikanker. Daun kelor telah terbukti memiliki khasiat yang bermanfaat dalam melawan kanker payudara dan usus besar.

6. Meningkatkan Kinerja Seksual

Stres dapat menekan kehidupan seksual Anda. Ini dapat menyesatkan kadar hormon, meningkatkan kortisol, dan mengurangi dopamin untuk menurunkan moxie.

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Minyak Inti Sawit

Dalam penelitian pada hewan, kelor tidak hanya terbukti menurunkan kadar kortisol, tetapi juga secara alami membantu meningkatkan kadar testosteron, sekutu gairah seks yang dikenal.

Dalam satu penyelidikan, ekstrak kelor berusaha meningkatkan kinerja seksual pada hewan pengerat dengan membekap kortisol dan meningkatkan testosteron.

Nah, itulah manfaat kesehatan dari bubuk kelor. Sementara Anda melakukannya, pastikan juga untuk memeriksa manfaat kesehatan dari daun kelor dan manfaat kesehatan dari daun kelor kering.