Helo Indonesia

Cukur,Waxing dan IPL, Mana yang Lebih Worth It?

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 28 Februari 2024 17:26
    Bagikan  
IPL Hair removal
pinterest

IPL Hair removal -

HELOINDONESIA.COM - Punya bulu ketiak membuat seseorang menjadi tidak percaya diri terlebih lagi wanita yang suka memakai baju lengan pendek. Ketika tidak sengaja mengangkat ketiak akan sangat malu jika ketiak terlihat berbulu. Kini banyak cara untuk menghilangkan bulu ketiak mulai dari cukur,waxing, dan ipl.

1. Shaving (Cukur)

Metode yang paling umum dan paling konvensional dalam menghilangkan bulu adalah shaving alias bercukur dengan bantuan pisau cukur. Metode ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Shaving juga sering kali menjadi pilihan karena tak perlu merogoh kocek dalam. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa shaving sebenarnya dapat menimbulkan berbagai efek samping, di antaranya timbul gatal, goresan, sensasi terbakar, ingrown hair, dan peradangan folikel rambut.

Oleh sebab itu, metode shaving sangat dianjurkan untuk menggunakan alat cukur dengan ketajaman yang baik dan shaving cream yang cocok. Tak hanya itu, sebelum shaving harus memastikan bahwa kulit berada dalam kondisi yang lembap.

2. Waxing 

Metode waxing bisa jadi salah satu yang masih konvensional dalam menghilangkan bulu. Banyak pakar berpendapat bahwa waxing memberikan hasil yang lebih baik ketimbang shaving, karena dapat mencabut bulu hingga ke akarnya.

Dengan metode ini, proses pencabutan bulu dilakukan dengan bantuan campuran lilin hangat yang dibalurkan di area kulit yang ingin dibersihkan.

Kemudian, lembar kertas akan ditempelkan ke area tersebut hingga lilin menempel dan mengering. Setelah itu, kertas akan ditarik dengan cepat ke arah berlawanan dari posisi bulu.

Meski terkesan praktis dan memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan shaving, penggunaan metode waxing bukan tanpa risiko. Paling tidak, harus mampu bertahan dari rasa sakit dalam proses waxing.

3. IPL Hair Removal

IPL alias intense pulse light menjadi metode yang populer digunakan karena berbagai macam kelebihannya dibandingkan shaving dan waxing. Misalnya, IPL dinilai lebih nyaman karena tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Melalui bantuan teknologi, IPL memang jauh lebih modern jika dibandingkan dengan shaving dan waxing yang konvensional. Metode IPL bekerja dengan menonaktifkan pertumbuhan akar rambut (bulu) hingga rambut akan rontok sampai ke akarnya.

Metode menggunakan teknologi penyinaran dengan gelombang cahaya berintensitas tinggi. Gelombang cahaya pada terapi IPL membuat efek samping yang timbul jauh lebih sedikit ketimbang cara lainnya.

"Motede hair removal pakai sinar untuk mematifungsikan akar rambut, sehingga saat pertumbuhan rambut selanjutnya maka ada perubahan yaitu jumlah rambut lebih sedikit, tekstur semakin halus, dan pertumbuhan akan semakin melambat," kata dr. Dara.

Menurut dr. Dara, terapi IPL Hair Removal juga biasanya tak memerlukan pengulangan perawatan yang intensif setelah 12 kali perawatan. Atau, kalau pun bulu kembali tumbuh, perawatan hanya akan dilakukan selama 2-3 bulan sekali.

Berbeda dengan shaving dan waxing, di mana masing-masing metode tersebut memerlukan pengulangan setidaknya setiap bulan dan setiap pekan.

"Selama alat yang digunakan dipastikan bersertifikasi, serta indikasi penggunaan laser yang sesuai dengan kemutuhan, maka laser aman dilakukan," kata dr. Dara.

Diakui dr. Dara bahwa hasil terapi IPL Hair Removal tidak bisa langsung instan, karena perubahan pada kulit butuh waktu dalam dua sampai tiga pekan setelah perawatan. Karenanya, pertumbuhan rambut atau bulu sehari setelah terapi dianggap hal yang wajar.