Helo Indonesia

Tips Awet Muda untuk Menjaga Kesehatan Kulit setelah Usia 25

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 29 Mei 2024 12:37
    Bagikan  
Freepik

-

HELOINDONESIA.COM - Memasuki usia 20 an, berbagai perubahan kulit mulai terjadi dari kulit kusam,timbul kerutan hingga perubahan pada tubuh. Jika tidak di rawat maka akan memperparah kondisi kulit. Memasuki usia 25 akan muncul tanda-tanda penuaan. Seperti garis halus, lingkar hitam dibawah mata, pori-pori yang terbuka dan membesar. 

Perawatan kulit disertai gaya hidup sehat sangat berpengaruh pada kulit usia 25 keatas.

Berikut tips untuk kamu yang akan memasuki usia 25 keatas agar tetap awet muda. Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Rutin Membersihkan Kulit

Mencuci muka saja tidak cukup, kamu harus menggunakan pembersih khusus agar kotoran yang terdapat di pori-pori bersih secara menyeluruh. Membersihkan wajah menggunakan pembersih muka dan micellar water dapat menghilangkan sisa riasan dan minyak yang sudah menumpuk setelah seharian beraktivitas. Pilihlah produk pembersih sesuai jenis kulit.

2. Menggunakan Toner dan Pelembab

Menjaga kulit agar tetap sehat dan terhidrasi dengan toner dan pelembab. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Toner berfungsi untuk mengembalikan ph kulit yang sebelumnya telah menggunakan pembersih wajah ph tinggi. Jika kamu mengginakan pembersih ph rendah toner tidak diperlukan.

Carilah pelembab yang mengandung pelembab pengikat air seperti gliserin,asam hialuronat dan ceramide yang dapat memperbaiki skin barier agar tetap terjaga. Pastikan pelembap memberikan kelembapan yang maksimal dan melindungi kulit dari penuaan dini.

3. Menggunakan Tabir Surya

Tabir Surya adalah salah satu cara yang ampuh agar terhindar dari penuaan dini. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali keluar rumah.

Hindari paparan matahari langsung pada puncak kecerahan, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Gunakan baju lengan panjang,topi dan kacamata untuk mengurangi resiko penuaan akibat sinar UV.

4. Perhatikan Pola Makan

Nutrisi yang tepat dapat berdampak positif pada kesehatan kulit. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran hijau, ikan berlemak, dan biji-bijian, dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 6-8 gelas sehari untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

5. Pola Tidur yang Cukup

Kurang tidur salah satu faktor penuaan dini. Tidur yang cukup dapat memperbaiki dan meregenerasi kulit. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam agar kulit tampak segar dan bercahaya.