Helo Indonesia

Rekomendasi Pantai di Jogja yang Anti Mainstream, Viewnya Cantik Mirip di Bali

Ratu Mandiri - Ragam -> Traveling
Minggu, 14 Juli 2024 19:56
    Bagikan  
pinterest

-

HELOINDONESIA.COM - Jogjakarta menjadi tempat yang menjadi pilihan di waktu libur panjang. Apalagi jogja terkenal dengan pantai gunung kidul. Banyak wisatawan liburan ke jogja hanya untuk pergi ke pantai. 

Apakah Sahabat Helo ingin liburan dan menghabiskan waktu di Jogja? Ada beberapa destinasi pantai di Jogja yang perlu Kamu kunjungi karena memang jarang ditelusuri oleh beberapa wisatawan.

Jadi penasaran apa saja pantai anti mainstream di Jogja yang tidak banyak dikunjungi oleh orang-orang? Yuk, cari tahu wisata-wisata tersebut di bawah ini.

1. Pantai Sinden

Punya Phobia Jangan Coba Jembatan Gantung Pantai Sinden dan Pulau Kalong -  Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Sinden memang bukanlah sebuah pantai pasir putih yang mainstream selayaknya pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai Sinden ini dikatakan sebagai wisata yang anti mainstream karena memiliki panorama unik di mana pantai ini diapit oleh sebuah tebing tinggi. Menariknya lagi pantai ini juga berdekatan dengan sebuah pulau yang dinamakan Kalong. Kamu yang suka menyusuri laut dan menantang ombak, bisa menyewa sebuah perahu dan menyusuri pulau Kalong dari pantai Sinden.

2. Pantai Krakal Jogja

Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta | Harga Tiket Masuk 2021 & Rute

Pantai Krakal termasuk pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Gunungkidul. Dulunya, kawasan ini ada di bawah laut.

Lalu ada peristiwa epirogenesa negatif yang membuat pergerakan kerak bumi yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi.

Ada dua batu karang besar di pantai ini, kontras dengan warna laut dan pasir putih. Menambah eksotisme keindahan pantai Krakal. Cocok diabadikan dengan foto lho, dijamin bagus kalau Kamu upload di sosial media. 

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Sahabat Helo lakukan di Pantai Krakal. Diantaranya, menikmati sunset ataupun sunrise yang indah, surfing hingga snorkeling. Hanya dengan Rp50 ribu, ada jasa penyewa peralatan snorkeling lho.

Fasilitas di Pantai Krakal juga memadai. Pengelola menyediakan mulai dari toilet, tempat parkir, penginapan hingga tempat makan seafood yang yummy dan terjangkau. 

3. Pantai Widodaren 

Pantai Widodaren: Cek Alamat, HTM, dan Daya Tariknya

Pantai Widodaren menyimpan keindahan alam yang begitu memukau.
Dilansir situs Visit Jogja, daya tarik Pantai Widodaren adalah tebing yang tinggi dan banyaknya rerumputan serta karang-karang tajam. Terdengar agak ngeri memang, tapi dijamin Sahabat Helo bakal terkagum-kagum.

Tebong Pantai Widodaren cukup luas ditanami rumput-rumput, lalu sebagian dipenuhi dengan karang-karang tajam dan terdapat genangan air yang berasal dari ombak yang menghantam dasar tebing.

Sahabat Helo selain bermain di pantai, Kamu juga dapat kemping bersama teman-teman di Pantai Widodaren. Harga tiketnya hanya 5-10 ribu saja.

4. Pantai Jungwok

Segini Harga Tiket Masuk Jungwok Blue Ocean, Santorininya Gunungkidul -  Solopos.com | Panduan Informasi dan Inspirasi

Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kapanewon Girisubo, pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih khas pantai di Gunungkidul.

Pantai Jungwok memiliki latar belakang sejarah yang cukup menarik. 

Pantai ini dinamai Jungwok karena peristiwa Gunung Manjung yang meletus hanya sekali yakni 400 juta tahun yang lalu. 

Akibat letusan gunung tersebut, sepertiga bagiannya patah menjadi pulau yang disebut sebagai Pulau Kalong, tak jauh dari Pantai Jungwok. 

Maka, muncul lah nama Jungwok yakni Jung (Gunung Manjung) dan Wok (Krowok yaitu bahasa Jawa dari patah).

Jam buka Pantai Jungwok 24 jam sehari dan harga tiketnya sekitar Rp 5.000.

5. Pantai Ngrenehan

Keindahan Pantai Ngrenehan | Wisata Alam Ngrenehan Jogja

Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan. Ini bisa menjadi nilai tambah untuk Anda yang menginginkan situasi berbeda dari biasanya.

Ada ratusan nelayan di pantai ini, sehingga cukup mudah untuk menemukan berbagai olahan hasil laut.

Pantai dengan ombak cukup tenang ini memiliki belasan lapak penjual makanan dengan harga cukup terjangkau. 

Seafood dimasak langsung dari hasil tangkapan nelayan.

Warung-warung di sana menyediakan berbagai ikan, kerang, hingga cumi yang dijual. 

Adapun hasil laut diolah menjadi aneka macam kuliner, mulai dari bakar, goreng, hingga sop.

Jadi, ketika Sahabat Helo sudah lelah berjalan-jalan di Pantai Ngrenehan, Kamu bisa segera menyantap seafood segar langsung di tempatnya.