Helo Indonesia

Bermain di Area Palung Laut Parangtritis, Dua Wisatawan Satu Dari Belgia Tewas Terseret Ombak

Rabu, 10 Juli 2024 16:46
    Bagikan  
TENGGELAM
instagram @explorbantul

TENGGELAM - Ilustrasi bermain di Palung Laut Pantai Parangtritis yang berbaya bisa tenggelam terseret ekor palung laut Parangtritis, Bantu, Yogyakarta.

HELOINDONESIA.COM - Gara bermain di area palung di Pantai Parangtritis dua wisatawan asal Jakarta tewas terseret ombak pantai Parang Tritis, Kecamatan Bantul, Rabu (10/7/2024) pukul 10:00 WIB.

Dua wisatawan asing itu awalnya berjumlah lima orang, semuanya terseret ombak, namun dua tidak bisa diselamatkan ketika dievakuasi kedua wisatawan sudah meninggal, sementara tiga lainnya masih selamat.

Dua korban meninggal diketahui adalah Rakhsel Makarim Irsan (22) warga Antwerpen, Belgia dan Wafi Abdullah (51) warga Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Kematian Kembali Terjadi di Bantul, Remaja Tak Memiliki SIM Tewas Akibat Motor di Depan Ngerem Mendadak, Terlempar

Sedang korban selamat diketahui bernama Dhaifallah Wafi Al Jahmi (16) dan Ashila Wafi Al Jahmi (14), keduanya warga Limo, Kota Depok.

Sedangkan satu lagi korban yang kini menjalani perawatan di rumah sakit adalah Irsan Chairul (51) warga Antwerpen, Belgia.

Kronologi kejadian rombongan yang datang dari Jakarta awalnya berjumlah tujuh orang menginap disalah satu hotel di Parangtritis sejak Selasa (9/7/2024) sore.

Baca juga: Tabrak Lari di Kotabaru Jogja, Netizen Sebut Pengemudi Mabuk Tabrak Mobil Parkir, Kemudian Melarikan Diri

Kemudian keesokharinya, Rabu (10/7/2024) lima orang bermain air di Pantai Parangtritis, tidak lama kemudian merekat tersert ombak ke palung laut.

Saat peristiwa itu petugas SAR dan Ditpolairut Polda DIY mengetahui kajadian itu, mereka langsung memberikan pertolongan.

Petugas SAR berenang menggunakan life jaket dan papan surfing ke arah korban, korban pun berhasil diselamatkan dan dibawa ke pos terpadu SAR.

Limakorban dapat dievakuasi, tiga korban dibawa ke Klinik di Kretek dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Panembahan Senopati, Kota Bantul.

Baca juga: Pemain Badminton China, Zhang Zhie Jie Meninggal Dunia Saat Ikut Ajang BAJC 2024 di Yogyakarta

Namun sayang dua korban tidak tertolong dan meninggal dunia, sementara satu orang masih dalam proses penanganan lebih lanjut.

Wisatawan ini bermain di sekitar palung laut, mereka terseret ekor palung selatan, pada hal sebelumnya petugas sudah memperingatkan.

Ini menjadi pelajaran agar wisatawan tidak bermain air di kawasan palung laut di Pantai Parangtritis karena sangat berbahaya seperti kejadian seperti ini. **