Helo Indonesia

Ketum PSSI Erick Thohir Berikan Tanggapan Pada Usulan Putra Nababan Timnas Indonesia 60% Lokal

Rabu, 5 Juni 2024 17:36
    Bagikan  
Foto
Instagram @erickthohir

Foto - Erick Thohir Sedang Rapat

HELOINDONESIA.COM - Putra Nababan anggota Komisi X DPR RI mengusulkan kalau skuad timnas Indonesia jangan semuanya naturalisasi kalau bisa yang turun itu 60% lokal.

Usulan tersebut banyak diperbincangkan oleh warganet bahkan oleh komentar bola kawakan Bung Kus juga ikut menanngapi hal tersebut

Erick Thohir pun selaku ketua umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) pun akhirnya angkat bicara soal ucapan Putra Nababan itu.

Erick Thohir menanggapinya dengan santai dan meberikan jawaban kalau kita harus merluruskan pandangannya terlebih dahulu, nasionalisasi nya sudah berbeda tak sama dengan yang sudah dilakukan.

Naturalisasi yang dilakukan oleh Indonesia adalah yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca juga: Kronologi Video Viral Ibu Asusila Anak Baju Biru, Diiming Uang oleh Orang yang Baru Dikenal di FB

"Ya kan opini itu sah, pak Putra Nababan saya kenal baik, dia juga tokoh nasional. Nah, itulah yang kita perbaiki kan nasionalisasi adalah pemain berdarah Indonesia. Mungkin banyak teman-teman yang persepsinya seakan-akan nasionalisasi kita seperti yang lalu-lalu," kata Erick Thohir kepada wartawan.

"Ada pemain U-17 kita, U-20 kita, kemarin bapak-ibunya orang Afrika, Sudan. Bapak Ibunya sudah dan lahir di sini, punya KTP, dan yang lainnya. Dia orang apa? Ya orang kita, dia lahir di sini," ujarnya menambahkan.

Erick juga memuturkan kalau sistem naturalisasi ini sudah biasa dalam sepakbola yang berguna dan ini juga merupakan langkah strategi timnas Indonesia agar kualitasnya meningkat.

Ia juga menyenggol kalau dulu pemain naturalisasi kita dibuat untu kepentingan klub, ketika dipanggil timnas main ogah-ogahan.

Berbeda dengan sekarang yang dibuat untuk kepentingan timnas dan Ia kembali menegaskan bahwa naturalisasi yang gencar dilakukan PSSI hanya untuk pemain berdarah Indonesia.