Helo Indonesia

Putar Otak Pelatih Fernando Falente Setelah Skuad Singo Edan Kembali Hadapi Tim Kuat Andalan Liga Indonesia 2023

Kamis, 26 Oktober 2023 15:21
    Bagikan  
LAWAN BERAT
arema official

LAWAN BERAT - Pelatih Arema FC mengakui dalam laga ini skuadnya akan kembali menghadapi tim papan atas Liga 1 Indonesia, Madura United, Sabtu (28/10/2023).

HELOINDONESIA.COM - Hari-hari ini pelatih Arema FC, Fernando Velente sedang berfikir keras menghadapi laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2023 menghadapi Madura United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (28/10/2023) pukul 15:00 WIB.

Laga terakhir putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023 ini, Arema harus kembali menghadapi tim papan atas klasemen sementara Liga 1 skuad Sape Kerrap.

Laga ini sekaligus merupakan derbi Jatim yang kedua kalinya digelar setelah musim lalu 7 April 2023 yang berakhir imbang (1-1).

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Pelatih Fernando selalu menyiapkan timnya dengan serius untuk menghadapi lawan yang memiliki performa di atas Arema FC.

Seperti kita ketahui Madura United merupakan runner up klasemen sementara Liga 1 2023 dengan memperoleh 30 poin terpaut dua poin dengan posisi Borneo FC yang berada di puncak klasemen.

Kemenangan Madura United pun selama 16 laga sudah meraih 9 kali kemenangan, 3 kali imbang dan empat kali kalah.

Baca juga: Target Keluar Dari Zona Degradasi Sebelum Putaran Kedua Berat Tercapai, Jurus Apalagi yang Akan Diberikan Pelatih Arema

Ini hampir berbanding terbalik dengan skuad Singo Edan yang hingga saat ini baru memenangi laga sebanyak 3 kali, 4 kali imbang dan 9 kali kalah.

Kondisi ini membuat skuad Singo Edan berada tiga besar zona degradasi klasemen sementara Liga 1 2023 dengan peringkat 16 dengan memperoleh 13 poin.

Pelatih Fernando pun tak habis-habisnya berusaha keras untuk memberikan yang terbaik terhadap anak asuhnya hingga memenangi laga.

Namun dua laga terakhir Arema FC kurang beruntung selalu menghadapi tim papan atas seperti Persebaya dan PSM Makassar yang harus terima dibantai habis-habisan.

Baca juga: Sampai Kapan Skuad Singo Edan Bermain Tanpa Dukungan Penuh Suporter Aremania

Kini situasi itu kembali terulang dengan menghadapi tim papan atas Madura United, dimana Arema FC tidak merasakan aura bermain di kandang sendiri.

Pelatih Fernando mengatakan jika orang-orang harus mengerti setiap lawan yang dihadapi Arema FC selalu berada papan atas.

"Setiap lawan yang kami hadapi selalu tim di atasnya Arema, tetapi kami tetap harus bertanding dan kami harus siapkan tim untuk menghadapi lawan seperti apapun," jelas Fernando.

Diberbagai kesempatan peatih asal Portugal ini selalu meminta anak asuhnya untuk berusaha keras menghadapi lawan-lawannya, apalagi menghadapi Madura United.

Baca juga: Jika Menang Melawan PSM Makassar, Selangkah Lagi Arema FC Lolos Dari Zona Degradi

Kerja keras dan berusaha keras dan fokus menjadi modal utama Arema FC untuk mencari jalan keluar untuk bisa mengamankan tiga poin kemenangan.

"Oke mereka berada di papan atas, kami sudah melakukan persiapan," kata Fernando seperti dilansir wearemania.net, Kamis (26/10/2023).

Menurut Fernando pada saat menghadapi lawan bagus, tentu Arema dibutuhkan usaha yang lebih keras lagi untuk bisa menang.

Fernando pun mengaku jika timnya selalu siap untuk menghadapi tim yang berada di atas Arema FC.

Baca juga: Fernando Valente Beberkan Mentalitas Pemain Muda Arema FC, Sikap ini Seharusnya Mereka Lakukan Demi Karier Mereka

"Kami harus selalu siap melawan tim yang ada di atas Arema, saat menghadapi lawan bagus, kami juga berusaha lebih keras untuk menang," ujarnya.

Meski sudah melakukan upaya yang lebih keras, sebagai pelatih Fernando mengaku tidak bisa mengontrol hasil pertandingan.

Akan tetap jika tim Arema FC melakukan usaha yang lebih keras lagi, maka kemenangan akan lebih dekat lagi dengan skuad Singo Edan.

Di akhir laga tim pelatih bisa melihat hasilnya seperti apa, hasil akhir dari kemenangan selalu ada di kerja keras para pemain yang sedang bertanding.

Baca juga: Ze Valente Tipe Pemain Kreatif yang Disukai Pelatih Arema FC, Bisa Saja Rumor itu Benar Terjadi

"Kami tidak bisa mengontrol hasilnya, tetapi kami bisa mengontrol bagimana proses untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Fernando.

Lebih jauh pelatih Fernando mengatakan selama ini ia mencoba memaksimalkan skuad Arema yang sudah ada sebelum ia datang.

Seperti kita ketahui skuad Arema FC yang dilatih Fernando selama ini adalah merupakan warisan dari pelatih sebelumnya warisan dari Joko Susilo dan I Putu Gede, sebelum bursa transfer putaran 1 dibuka.

Selama itu pelatih baru asal Portugal itu sudah menjalani laga sebanyak 7 pertandingan menghasilkan 10 poin dari 3 kali menang, 3 kali kalah dan 1 kali imbang.

Sejauh ini Fernando tidak mau mengungkapkan kepuasannya, namun ia menegaskan sudah melakukan yang terbaik untuk Arema FC.

Meskipun tim yang diapimpin sekarang adalah bukanlah para pemain yang dipilih oleh timnya sendiri, namun ayah dari strike Persebaya, Ze Valente ini berusaha bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

Fernando mengaku selama ini ia sebagai pelatih untuk membantu tim dengan pemain yang sudah dimiliki Arema FC sebelumnya.

Fernando Valente berprinsip dalam hidup ini ia selalu bekerja dengan pemain-pemain yang dimiliki, namun jika ia memiliki pemain seperti itu ia akan menyukainya, meski itu bukan pilihannya.

Baca juga: Hah! Rumor Berkembang Ze Valente Bakal Nyeberang ke Arema FC, Bakal Tukar Tempat dengan Gustavo Almeida?

Selama ini Fernando mengaku berlaku adil kepada seluruh pemain yang dari warisan yang dimiliki Arema FC selama ini.

Fernando selalu memberikan kesempatan bermain kepada setiap pemain yang terpilih yang memang benar-benar siap untuk dimainkan.

"Saya di sini bekerja dengan seluruh pemain, namun saya tidak suka bekerja dengan pemain yang punya kelemahan mentalitas," ungkapnya.

Ketika berbicara tentang seorang pemain yang punya kelemahan mentalitas, artinya begitulah cara berfikir dia tentang kehidupan pekerjaannya sebagai pemain sepakbola.

Baca juga: Bursa Transfer Pemain! Pelatih Arema Memilih Tak Bicarakan itu, Bisa Mengganggu Fokus Skuad Singo Edan

Yang membuat pelatih Fernando harus memutar otaknya adalah dua laga terakhir Arema FC selama ini skuadnya tidak pernah mencetak gol.

Saat menghadapi Boreno FC 0-1, laga selanjutnya Arema FC dikalahkan PSM Makassar 0-3, juga tak bisa mencetak gol.

Dijelaskan Falente dalam sepakbola untuk bisa mencetak gol dan menang juga dibutuhkan sebuah keberuntungan, karena faktornya sangat banyak.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando Saksikan Anaknya Ze Valente Kecewa, Setelah Persebaya Dibantai Persib Bandung

"Kita butuh keberuntungan ketika berada di depan gawang," ujar Falente sembari berharap Arema FC akan memiliki keberuntungan saat menghadapi Madura United.

Namun di sisi lain juga tidak bisa pemain selalu mengandalkan keberuntungan, menghadapi Madura United, ia pun mempersiapkan dengan matang untuk melalap habis menu latihan yang disuguhkan.

Baca juga: Hasil Evaluasi Borneo FC Menang Secara Hasil, Arema FC Unggul di Pertandingan, Pelatih Fernando Lakukan Langkah ini

Disetiap latihan Arema, pelatih Fernando berusaha keras meningkatkan performa pemain termasuk dalam hal mencetak gol.

"Kita juga tidak bisa memberikan peluang kepada lawan untuk mencetak gol ke gawang Arema," pungkasnya. **