Helo Indonesia

Selain Lezat Dijadikan Santapan, Berikut Khasiat Labu Siam yang Baik untuk Menjaga Kesehatan

Syahroni - Ragam
Minggu, 13 Agustus 2023 23:00
    Bagikan  
Labu siam
Tangkapan layar Youtube

Labu siam - Manfaat Kesehatan Labu Siam.

HELOINDONESIA.COM - Labu siam adalah salah satu jenis sayur yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sayuran ini sering dijadikan lalapan, atau sebagai bahan baku menu masakan khas nusantara.

Selain karena rasanya yang lezat, Sayur ini memiliki kandungan banyak gizi seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, zat fosfor, dan zat besi. Labu siam juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga bisa menjaga hidrasi badan.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, mengonsumsi labu siam dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari labu siam bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Kaya Nutrisi dan Vitamin, Berikut Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Melancarkan pencernaan

Labu siam mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk melancarkan saluran pencernaan. Serat menolong membuat lancar proses menghambat sembelit dan pencernaan.

Disamping itu, labu siam mempunyai karakter diuretik alami yang bisa menolong menangani permasalahan pencernaan seperti masalah asam lambung dan lambung.

2. Menjaga kesehatan mata

Labu siam memiliki kandungan gizi penting seperti vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang bagus untuk kesehatan mata.

Gizi ini bisa menolong jaga pandangan yang bagus dan menghambat permasalahan mata seperti degradasi makula.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan folat dan vitamin B di dalam labu siam yang tinggi. Kandungan folat dan vitamin B akan membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Mengonsumsi labu siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga: Ampuh Cegah Kanker dan Penuaan Dini, Berikut Manfaat Mengonsumsi Duku untuk Kesehatan Tubuh Kita

4. Mengontrol Kadar Gula Dadah

Labu siam sendiri memiliki nilai karbohidrat yang rendah, sehingga kadar gula di dalamnya juga terbilang rendah. Insulin pada labu siam berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Sayuran ini rendah index glikemik, yang artinya makanan ini tidak mengakibatkan kenaikan gula darah yang mendadak setelah dimakan.

Ini berguna untuk pasien diabetes untuk jaga kandungan gula darah mereka masih tetap stabil.

5. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin K dalam labu siam memiliki peran penting untuk membantu luka berdarah cepat kering dan dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, Kandungan mangan dalam labu siam penting untuk kesehatan tulang yang baik. Mangan menolong dalam pembangunan tulang dan menghambat osteoporosis pada umur lanjut.

Baca juga: Cegah Kanker Hingga Kerontokan Rambut, Berikut Manfaat Udang untuk Kesehatan Anda

6. Baik untuk ibu hamil

Folat, atau vitamin B9, sangat penting untuk wanita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Labu siam mengandung Folat atau vitamin B9 sangat baik untuk ibu hamil, selama awal kehamilan folat sendiri sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Selain itu folat juga berfungsi mencegah terjadinya kelahiran prematur.

7. Mengatasi anemia

Labu siam merupakan salah satu sumber zat besi. Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh sel darah merah untuk memproduksi hemoglobin.

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin. Dengan mengonsumsi labu siam, kita dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh.

Hal ini dapat meningkatkan sel darah merah sehingga membuat kita terhindar dari anemia atau kekurangan darah.

Itulah manfaat dari labu siam untuk kesehatan tubuh kita. Kita bisa memasukan labu siam ke dalam menu harian kita agar bisa menjaga kesehatan tubuh.