Helo Indonesia

Mulai dari Menjaga Kulit Tetap Segar, Hingga Menguatkan Tulang, Berikut 9 Manfaat Buah Markisa

Syahroni - Ragam
Minggu, 9 Juli 2023 19:31
    Bagikan  
Buah markisa
pixabay/ Bluesnap

Buah markisa - Selain menyegarkan,markisa juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Kombinasi rasa manis dan asam yang menyegarkan, membuat markisa banyak digemari banyak kalangan. Tapi selain rasanya yang menyenangkan, buah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan juga.

Markisa adalah buah tropis yang termasuk dalam genus Passiflora. Tanaman asli Amerika Selatan ini sekarang sudah banyak dibudidayakan di banyak negara termasuk di Indonesia.

Buah markisa dikenal dengan rasa manis-asamnya yang unik dengan aroma tropis. Kaya akan antioksidan, vitamin (terutama vitamin C), serat, dan senyawa tumbuhan bermanfaat. Buah ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti untuk menambah kekebalan tubuh, menyehatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan memberi nutrisi untuk kulit Anda. 

Baca juga: 11 Manfaat Terbaik Jus Apel yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Nilai Gizi Markisa

Buah markisa tidak hanya enak tetapi juga menawarkan berbagai nutrisi penting. Berikut gambaran nilai gizi buah markisa per 100 gram (3,5 ons) porsi yang dapat dimakan:

  • Kalori markisa: 97
  • Karbohidrat: 23,4 gram
  • Serat makanan: 10,4 gram
  • Gula: 11,2 gram
  • Lemak: 0,7 gram
  • Protein: 2,2 gram

Markisa juga merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk:

  • Vitamin C: 30,2 miligram (50% dari asupan harian yang disarankan)
  • Vitamin A: 1274 unit internasional (25% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  • Vitamin B3 (Niacin): 1,5 miligram (8% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  • Kalium: 348 miligram (10% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  • Besi: 1,6 miligram (9% dari asupan harian yang direkomendasikan)

Selain itu, buah markisa juga mengandung berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti antioksidan (termasuk flavonoid), yang berkontribusi pada khasiatnya untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu, polifenolnya juga lebih kaya jika dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti pisang, leci, pepaya, nanas, dan mangga.

Baca juga: 10 Kekurangan Air Kelapa Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Kesehatan dari Markisa

Selain rasanya yang enak, buah markisa menawarkan beberapa manfaat kesehatan dan merupakan sumber nutrisi penting yang baik, termasuk vitamin A dan C, potasium, dan serat makanan yang nutrisinya berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut ini manfaat markisa untuk kebutuhan tubuh Anda.

1. Dapat membantu penderita diabetes

Karena kalori dalam buah markisa rendah (17 kkal dalam satu) dan kaya akan pektin, satu buah markisa saja sudah cukup untuk membuat Anda merasa kenyang. Markisa sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang perlu mengatur asupan karbohidrat sambil memastikan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat makanan, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. 

Selain itu, indeks glikemik (GI) mengukur seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah. Buah markisa memiliki GI rendah, yang artinya berdampak minimal pada kadar gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu mempertahankan kontrol gula darah yang stabil.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan buah markisa terbaik adalah pembangkit tenaga antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, yang membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih, meningkatkan fungsi sel kekebalan, dan mendukung pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Biji untuk Atasi Bau Mulut dan Cara Membuatnya

Selain itu, antioksidan melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mungkin memiliki efek anti-penuaan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah markisa varian ungu mungkin memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan jamur. Ini dapat membantu melindungi dari patogen umum dan berpotensi memperkuat respons kekebalan.

3. Membantu pencernaan

Buah yang rasanya segar ini juga dikenal karena dapat melancarkan pencernaan dan mendukung sistem pencernaan yang sehat karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat menambahkan massa ke tinja, mendorong pergerakan usus secara teratur, dan membantu mencegah sembelit. Ini juga mendukung pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan dan menyediakan bahan bakar untuk fermentasi mereka, mempromosikan mikrobioma usus yang sehat. Ini juga mengandung enzim, seperti bromelain dan papain, yang membantu pemecahan protein, mendukung pencernaan yang efisien.

Terlebih lagi, sifat asam buah markisa dapat merangsang produksi cairan pencernaan di lambung, seperti cairan lambung dan enzim pencernaan. Ini dapat meningkatkan proses pencernaan secara keseluruhan dan membantu memecah makanan dengan lebih efisien. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa orang mungkin sensitif terhadap jus asam yang ada dalam buah ini.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah ini mengandung senyawa yang menyehatkan jantung seperti serat dan potasium, yang mendukung kesehatan jantung karena mengandung potasium, mineral penting yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung). Kalium diketahui membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium, mendukung irama jantung normal, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Cek Fakta: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan yang Terkandung pada Lada Hitam Menurut Penelitian

Selain itu, markisa kuning, ungu, dan oranye mengandung antioksidan tingkat tinggi, seperti flavonoid dan anthocyanin, yang membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Stres oksidatif dan peradangan terkait dengan perkembangan penyakit jantung, dan antioksidan dalam buah markisa dapat membantu melindungi dari proses ini.

5. Berkontribusi pada kesehatan kulit

Buah markisa adalah buah yang menghidrasi, dengan kandungan air yang tinggi membantu melembabkan kulit dari dalam. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, karena membantu meningkatkan elastisitas, mengurangi kekeringan, dan membuat kulit bercahaya. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, ia juga meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Produksi kolagen yang memadai membantu menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan tampak awet muda.

Selain itu, markisa juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan dan menyejukkan kulit. Ini bisa sangat bermanfaat bagi individu dengan kondisi kulit yang meradang, seperti gatal, jerawat, eksim, atau psoriasis. Tambahkan buah ini ke dalam diet Anda sambil mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang baik untuk melindungi kulit Anda dari garis-garis halus, kekeringan, sifat berminyak, dan ruam.

6. Dapat mengurangi kecemasan

Sementara buah markisa belum dipelajari secara ekstensif untuk efek langsungnya pada kecemasan, ia memang memiliki sifat tertentu yang berpotensi membantu mengurangi gejala kecemasan karena mengandung magnesium, mineral yang dikenal dengan potensi efek menenangkan pada sistem saraf. Magnesium terlibat dalam mengatur neurotransmiter dan dapat berkontribusi pada rasa relaksasi dan mengurangi kecemasan.

Baca juga: 10 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Selanjutnya, kehadiran vitamin C dan flavonoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kecemasan dan gangguan terkait stres. Antioksidan membantu memerangi stres oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan kecemasan.

7. Dapat menyembuhkan insomnia

Sementara buah markisa sering digunakan sebagai bantuan tidur alami dan dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik, penting untuk diperhatikan bahwa ini bukan jaminan obat untuk insomnia. 

Buah markisa mungkin memiliki khasiat tertentu yang dapat mendukung tidur lebih nyenyak, seperti kandungan magnesiumnya yang dapat membantu mengendurkan sistem saraf. Antioksidan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa tenang. Selain itu, potensi manfaat tidur buah markisa mungkin berasal dari kemampuannya mengatur kadar serotonin, neurotransmitter yang terlibat dalam pengaturan tidur.

8. Dapat membantu menurunkan berat badan

Fakta bahwa buah markisa rendah kalori menjadikannya pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin mengatur asupan kalori sambil tetap menikmati buah yang beraroma. Meski rendah kalori, markisa menyediakan nutrisi penting, termasuk vitamin A dan C, potasium, dan serat makanan. Hanya makan makanan dengan kalori rendah tidak akan membantu Anda dalam perjalanan penurunan berat badan. Anda membutuhkan nutrisi penting ini untuk kesehatan Anda secara keseluruhan yang akan membuat Anda sehat dan energik sekaligus meningkatkan metabolisme Anda.

Baca juga: Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Keindahan Rambut dan Kulit Kepala Anda

9. Dapat memperkuat tulang

Buah markisa mengandung sedikit kalsium, yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Meskipun kandungan kalsium dalam buah markisa tidak signifikan, mengonsumsi berbagai makanan kaya kalsium dapat berkontribusi pada asupan kalsium secara keseluruhan, yang penting untuk tulang yang kuat.

Selain itu, buah markisa mengandung vitamin C, yang membantu penyerapan kalsium dan melawan stres oksidatif dan peradangan. Peradangan kronis dapat menyebabkan keropos tulang dan melemahkan kesehatan tulang. Dan dengan mengurangi peradangan, antioksidan dalam buah markisa secara tidak langsung dapat mendukung kesehatan tulang.