Helo Indonesia

10 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Syahroni - Ragam
Sabtu, 8 Juli 2023 17:30
    Bagikan  
ketimun atau mentimun
pixabay/ No-longer-here

ketimun atau mentimun - Ketimun atau memtimun memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan bagi tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Ketimun atau mentimun sangat mudah dijumpa dimana saja. Mentimun sering dianggap sebagai buah dan juga sayuran oleh para ahli karena termasuk keluarga tanaman yang sama dengan labu, dan semangka, yaitu keluarga Cucurbitaceae.

Mentimun yang menyegarkan luar biasa panjang dan ramping, tersedia dalam banyak warna. Mereka memiliki rasa dan bau seperti melon ringan yang berbeda karena adanya aldehida. Sedikit rasa pahit pada kulit mentimun disebabkan oleh kandungan cucurbitacins di dalamnya.

Fakta Gizi Mentimun

Mentimun mengandung 96% persen air. Mereka ideal untuk detoksifikasi dan mencegah dehidrasi. Mentimun kaya akan fitonutrien dan vitamin K. Mentimun juga merupakan sumber asam pantotenat dan molibdenum yang sangat baik. Mereka juga mengandung tembaga, kalium, mangan, vitamin C, fosfor, magnesium, dan vitamin B1.

10 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan:

Baca juga: Mengungkap Fakta, Manfaat Rendaman Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Baik untuk Hidrasi dan Detoksifikasi

Mentimun mengandung 96% air. Mengkonsumsi mentimun, menambah kebutuhan air harian oleh tubuh, sehingga membuat kita tetap terhidrasi. Ini sangat membantu, terutama selama musim panas ketika kita cenderung mudah mengalami dehidrasi. Mentimun juga bertindak sebagai pendingin, memberi kita kelegaan dari panasnya musim panas.

Air detoks yang terbuat dari mentimun dan mint, secara efektif menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan hidrasi dan menghasilkan manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya.

2. Mengatur Tekanan Darah

Mentimun adalah sumber potasium, magnesium, dan serat makanan yang baik. Nutrisi ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi rutin jus mentimun sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah, pada orang lanjut usia dengan hipertensi.

3. Baik untuk Pencernaan

Mentimun bertindak sebagai pendingin untuk perut kita. Serat larut dalam mentimun membantu memperlambat pencernaan kita. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada mentimun membuat feses menjadi lunak, mencegah sembelit, dan menjaga agar buang air besar tetap teratur.

Baca juga: 10 Manfaat Kulit, Daun, dan Perasan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

4. Mengurangi Gula Darah

Mentimun diketahui dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga membantu dalam pengelolaan dan pencegahan diabetes mellitus.

5. Bermanfaat dalam Penurunan Berat Badan

Mentimun mengandung 96% air dan rendah kalori. Hanya ada 15,5 kalori dalam 100 g mentimun. Air yang tinggi dan kandungan rendah kalori mentimun membantu mengurangi berat badan.

6. Kulit Lebih Baik

Mentimun adalah perawat kecantikan yang hebat. Mereka menunjukkan efek luar biasa pada kulit. Aplikasi jus mentimun pada kulit membuatnya lembut dan bercahaya. Efek anti-inflamasi mentimun secara alami mencerahkan kulit kita dan mengurangi penyamakan. Mentimun juga mengurangi kerutan dan garis halus.

7. Menenangkan Mata

Mengompres irisan mentimun di mata selama sekitar 10 menit membuat mata kita rileks dan mengurangi bengkak di sekitar mata.

Baca juga: Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Keindahan Rambut dan Kulit Kepala Anda

8. Mengurangi Risiko Kanker

Serat dalam mentimun melindungi dari kanker kolorektal. Juga, cucurbitacin hadir dalam mentimun memiliki sifat anti-kanker.

9. Baik untuk Rambut dan Kuku

Mentimun mengandung silika yang sangat baik untuk perawatan rambut dan kuku. Mereka membantu memperkuat kuku dan mencegahnya menjadi rapuh.

10. Mencegah Bau Mulut

Fitokimia yang ada dalam mentimun menghancurkan bakteri di mulut kita yang menyebabkan bau mulut.