Helo Indonesia

10 Manfaat Kulit, Daun, dan Perasan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 8 Juli 2023 17:06
    Bagikan  
Minuman jeruk nipis.
pixabay/ RitaE

Minuman jeruk nipis. - Manfaat kulit, daun dan air jeruk nipis bagi kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Manfaat jeruk nipis untuk kulit dan rambut sudah kita bahas di sini. Sekarang yang perlu Anda ketahui adalah nilai gizi dan manfaat kesehatan jeruk nipis untuk kesehatan. Banyak yang menganggap jeruk nipis sebagai hiasan atau penyedap rasa saja, namun nyatanya mereka memiliki nilai gizi yang melimpah.

Jeruk nipis mengandung 88% air, 35% vitamin C, 10% karbohidrat, dan kurang dari 1% protein dan lemak. Mereka memiliki banyak manfaat potensial termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mencegah batu ginjal. Yuk simak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan

Jeruk nipis kaya akan zat yang digunakan tubuh Anda secara aktif sebagai antioksidan, seperti limonoid, flavonoid, asam askorbat, kaempferol, dan quercetin. Ini adalah senyawa yang menjaga sel Anda dari cedera dari molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Tubuh Anda biasanya menghasilkan radikal bebas ini, dan jika kadarnya terlalu tinggi, mereka dapat menyebabkan stres oksidatif. Penyakit jantung, kanker, dan penyakit saraf hanyalah beberapa dari penyakit kronis yang terkait dengan stres oksidatif.

Baca juga: Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Keindahan Rambut dan Kulit Kepala Anda

2. Anti peradangan

Banyak buah jeruk seperti jeruk nipis memiliki zat tumbuhan dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri yang diakui. Dengan demikian, ini membantu penyembuhan luka lebih cepat dengan menurunkan peradangan dan meningkatkan pembentukan kolagen. Sebuah studi ilmiah bahkan membuktikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi ekstranet kulit jeruk nipis pada tikus albino. Jadi, makan kulit jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Membantu Sistem Imun

Vitamin C, komponen penting dengan manfaat penambah kekebalan, berlimpah dalam jeruk nipis. Satu buah jeruk nipis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini mendorong perkembangan sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi dan penyakit. Akibatnya, itu meningkatkan operasi sistem kekebalan tubuh Anda. Penelitian terkontrol telah membuktikan bahwa vitamin C mengurangi durasi pilek. Bahkan meredakan gejalanya. Selain itu, penelitian terjadi dalam kondisi tertentu dan dalam kelompok demografis terbatas.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jeruk nipis dapat membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat. Kesehatan pencernaan sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Keasaman tinggi air jeruk nipis membantu air liur memecah makanan dan mendorong pencernaan yang efektif. Oleh karena itu, secara tidak langsung air jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ini juga mengandung zat seperti flavanoid yang dapat mendorong pelepasan enzim pencernaan, yang membantu kita menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan.

Selain itu, jeruk nipis merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, yang sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Sembelit dihindari dan buang air besar secara teratur didorong dengan penambahan serat pada makanan Anda.

Baca juga: Biar Rasanya Kecut, Jeruk Nipis Ampuh Loh untuk Atasi Berbagai Masalah pada Kulit Anda

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular (CVD)

Konsumsi buah jeruk seperti jeruk nipis secara rutin juga berpengaruh pada kesehatan jantung Anda. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kejadian penyakit kardiovaskular. Itu juga terkait dengan tingkat infark serebral dan stroke yang lebih rendah. Tapi tidak banyak penelitian yang dilakukan pada infark miokard atau stroke hemoragik.

6. Mencegah Batu Ginjal

Saat ini, batu ginjal menjadi masalah umum. Kristal mineral kecil ini dapat berkembang di dalam ginjal Anda jika urin Anda sangat pekat atau mengandung banyak kalsium. Asam sitrat berlimpah dalam jeruk nipis dan membantu meningkatkan kadar sitrat. Ini dapat mengikat mineral yang dapat menyebabkan batu ginjal dalam urin dan membantu menghindari batu ginjal.

7. Anti-Kanker

Proliferasi sel yang tidak biasa adalah ciri khas kanker. Buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung zat yang dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Mereka telah terbukti menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker kerongkongan. Khususnya, flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dapat membantu mencegah produksi gen yang mendorong penyebaran kanker.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ekstrak jeruk nipis juga bermanfaat untuk proses penyembuhan tubuh. Kolagen adalah protein yang membantu pertumbuhan sel kulit baru, pembuluh darah, dan jaringan ikat. Sintesis kolagen ini bergantung pada kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis. Vitamin C mendorong pembentukan kolagen, yang membantu regenerasi jaringan dan mempercepat proses penyembuhan tubuh Anda. Jeruk nipis dalam makanan Anda bisa sangat membantu bagi orang yang baru sembuh dari operasi atau kecelakaan.

Baca juga: Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

9. Meningkatkan Zat Besi pada Darah

Anemia defisiensi besi dapat dikaitkan dengan kadar zat besi yang rendah dalam darah. Dalam banyak kasus, makanan kaya vitamin C seperti jeruk nipis meningkatkan penyerapan zat besi dari pola makan vegetarian dan vegan. Ini dapat membantu menghindari anemia defisiensi besi. Misalnya, sebuah studi tentang vegetarian menemukan bahwa mengonsumsi segelas limun dengan makanan nabati meningkatkan penyerapan zat besi sebanyak 70%.

10. Sumber Kapur untuk Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis banyak digunakan oleh orang-orang untuk menurunkan berat badan. Air jeruk nipis memiliki manfaat membantu manajemen berat badan. Bukti anekdotal juga menunjukkan bahwa air jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Ini selanjutnya akan memungkinkan Anda untuk membakar kalori ekstra dan mengurangi penyimpanan lemak.

Manfaat Kesehatan Kulit Jeruk Nipis

Kapur dapat digunakan dengan berbagai cara baik di dalam maupun di luar dapur. Jus jeruk nipis dan kulitnya biasa digunakan di banyak masakan untuk meningkatkan rasa. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kulit lemon mengandung berbagai zat bioaktif, seperti kumarin. Ini mungkin memiliki sejumlah efek positif pada kesehatan.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Berikut 13 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut Anda

Kumarin dan turunannya selalu diminati karena penggunaannya dalam fotokemoterapi dan perawatan kanker lainnya. Mereka bahkan dapat menetralkan efek negatif radiasi. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan kulit atau kulit jeruk nipis ke dalam makanan Anda jika memungkinkan.

Manfaat Kesehatan Daun Jeruk Nipis

Bahkan daun jeruk nipis memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak atsiri dari kulit dan daun jeruk purut kaya akan molekul bioaktif. Ini bertindak secara sinergis untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan. Oleh karena itu, sering digunakan dalam aromaterapi.