Helo Indonesia

Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 11 Juni 2023 23:41
    Bagikan  
Resep obat batuk ala TikTok.
TikTok/ @6o5ama

Resep obat batuk ala TikTok. - Resep TikTok berupa Jeruk, garam, gula dan madu untuk mengobati batuk.

HELOINDONESIA.COM - Di media sosial, khususnya TikTok, Anda dapat menemukan resep apa saja, mulai dari makanan hingga obat-obatan alami yang dipercaya ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan. Yang terakhir, resep untuk mengobati batuk yang hanya menggunakan jeruk, garam, gula dan madu yang dihangatkan.

Namun yang kini jadi pertanyaan, benarkan minuman sederhana yang bisa Anda buat di rumah benar-benar cukup ampuh untuk menghentikan batuk? Atau apakah itu tren TikTok lain yang lebih cenderung merugikan daripada baik untuk kesehatan Anda? Inilah yang dikatakan para ahli tentang mencoba obat batuk yang diresepkan di media sosial.

Ramuan Viral TikTok untuk Mengobati Batuk

Salah satu versi paling populer dari resep obat batuk TikTok diposting oleh @6o5ama. Resep sederhananya membutuhkan madu, jeruk, dan sedikit garam dan gula. Tidak ada ukuran berat yang diberikan, tapi inilah proses untuk membuat ramuan tersebut:

  • Iris jeruk berukuran sedang menjadi dua.
  • Taburkan satu bagian—sisi daging menghadap ke atas—dengan garam dan gula.
  • Peras sedikit madu di atas campuran tersebut.
  • Tempatkan paruh kedua jeruk di atas yang berlapis madu
  • Tempatkan jeruk dalam mangkuk tahan panas dan masukan ke microwave selama 2 menit.
  • Setelah dingin, peras jeruk tersebut.
  • Sedot cairan dengan jarum suntik dan minum.

Baca juga: Mau Ikutan Perawatan Gigi DIY Ala TikTok? Perhatikan Hal-hal Penting Berikut Ini Dulu Yah

Apakah resep itu benar-benar ampuh?

Sementara para ahli umumnya waspada dengan posting media sosial yang mengklaim manfaat kesehatan, kombo jeruk-madu-garam-gula segar yang trendi ini mungkin benar-benar membantu Anda meredakan batuk.

“Sementara sebagian besar tren TikTok membuat saya ngeri, sebenarnya ada sedikit ilmu di balik tren ini,” kata Chrissy Carroll, MPH, RD, LDN, ahli diet terdaftar dan blogger di Snacking in Sneakers, seperti dilansir dari Verywell.

Faktanya, sebagian besar bahan dalam resep obat tersebut diketahui memiliki manfaat kesehatan kekebalan dan penekan batuk.

Madu

Menurut Carroll, madu telah diturunkan dari generasi ke generasi untuk obat batuk, dan penelitian mendukung penggunaannya. Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa pengobatan batuk tradisional seperti antibiotik dan obat bebas (OTC) mungkin tidak seefektif madu untuk meredakan gejala pilek — termasuk mengurangi frekuensi batuk dan tingkat keparahan batuk. Studi lain pada anak-anak menunjukkan bahwa mengonsumsi akasia madu dikaitkan dengan perbaikan batuk malam hari dan masalah tidur, begitu juga sirup rasa madu yang digunakan sebagai pengobatan.

Baca juga: Jadi Tren di TikTok, Benarkah Kolostrum Baik Jika Dikonsumsi Orang Dewasa?

Namun, Carroll menunjukkan bahwa Anda tidak boleh memberi madu pada bayi di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme. Madu juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Jika Anda menderita diabetes, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba obat batuk yang dibuat dengan campuran madu.

Jeruk

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh, tetapi buah jeruk juga merupakan sumber senyawa tanaman yang mungkin memainkan peran positif dalam peradangan kronis dan stres oksidatif. Efek ini juga dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Meskipun tidak banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk dapat mengurangi batuk, meminumnya dalam bentuk jus dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi penyebab batuk.

Untuk menurunkan risiko kontaminasi bakteri dari buah, cuci jeruk terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan jus jeruk 100% alih-alih memotong buah segar untuk resepnya.

Garam

Berkumur dengan air garam (garam) adalah obat kuno yang banyak digunakan orang karena dapat membantu membersihkan lendir dari tenggorokan dan meredakan keinginan untuk batuk. Ramuan TikTok bukanlah obat kumur asin yang sebenarnya, tetapi dapat memberikan kelegaan karena mengandung sedikit garam.

Baca juga: 5 Tren TikTok yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan dan Dompet Anda

Gula

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa manis dapat membantu meredakan batuk. Meskipun gula tidak membantu meredakan batuk, paling tidak gula dapat meningkatkan cita rasa resep dan membuatnya lebih menarik untuk diminum jika Anda sedang sakit.

Jika Anda mencoba mengurangi asupan gula tambahan atau perlu berhati-hati tentang berapa banyak gula yang Anda miliki sehari karena Anda sedang mengelola kondisi seperti diabetes, beberapa TikToker telah membuat obat batuk jeruk tanpa gula. Jika Anda ingin menambahkan sedikit rasa manis untuk meningkatkan cita rasa minuman, Anda bisa mencoba pemanis non-nutrisi.

Dipanaskan

Campuran tersebut dihangatkan dalam microwave sebelum diminum, yang bisa menjadi alasan sederhana lain mengapa orang merasa itu manjur untuk atasi batuk. “Meneguk cairan hangat saat Anda sakit dapat membantu meredakan batuk dan juga dapat meningkatkan kecepatan lendir hidung,” kata Carrol. "Ini mungkin memberikan bantuan sementara untuk gejala flu."

Resep TikTok yang viral untuk mengatasi batuk sebenarnya bisa membantu dan mudah dibuat di rumah — minuman hangat dari gula, garam, madu, dan jeruk bisa meredakan batuk. Meskipun batuk akibat pilek atau flu akan sembuh dengan sendirinya, namun jika Anda menderita batuk kronis, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda untuk mencari tahu penyebabnya dan mencari tahu cara mengatasinya secara efektif.