Helo Indonesia

Biar Rasanya Kecut, Jeruk Nipis Ampuh Loh untuk Atasi Berbagai Masalah pada Kulit Anda

Syahroni - Ragam
Sabtu, 8 Juli 2023 16:27
    Bagikan  
Jeruk nipis
pixabay/ congerdesign

Jeruk nipis - Manfaat jeruk nipis untuk kulit Anda.

HELOINDONESIA.COM -  Manfaat jeruk nipis untuk manusia tak terkira banyaknya. Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai kenikmatan kuliner. Jeruk ini terutama dikenal karena rasanya yang menyegarkan dan aromanya yang kuat. Namun terlepas dari itu, jeruk nipis memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Dikemas dengan nutrisi penting, antioksidan, dan asam alami, jeruk nipis menawarkan beragam manfaat yang meningkatkan kesehatan dari dalam ke luar.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit

Jeruk nipis adalah bahan yang luar biasa dalam hal solusi perawatan kulit alami. Itu dikemas dengan vitamin C yang dapat mengisi kulit wajah Anda dengan manfaat luar biasa. Jeruk nipis adalah buah jeruk yang biasanya berbentuk bulat, kecil, dan berwarna hijau. Mereka sangat berbeda dengan lemon yang berbentuk oval, besar, dan berwarna kuning. Selain itu, biji jeruk asam jeruk nipis sedikit lebih pahit daripada lemon.

Jeruk nipis dikemas dengan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang larut dalam air. Ini juga bertindak sebagai kofaktor dalam sintesis kolagen. Apakah jeruk nipis baik untuk kulit Anda? Bisakah Anda menjadikan mereka sekutu yang kuat dalam rutinitas perawatan kulit Anda? Ayo cari tahu.

Baca juga: Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

1. Mencerahkan Kulit

Kemampuan pemutihan alami jeruk nipis yang terkenal dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit Anda. Mereka mengandung vitamin C yang merupakan pencerah kulit yang efektif. Mereka biasanya bekerja dengan menghambat produksi melanin di kulit.

Biasanya, agen yang menurunkan produksi melanin juga digunakan untuk mengurangi penampakan bintik hitam, hiperpigmentasi, dan noda. Bintik-bintik ini secara bertahap dapat menjadi lebih terang dengan penggunaan rutin produk perawatan kulit yang mengandung jeruk nipis. Ini selanjutnya dapat membantu dalam mengungkapkan kulit yang lebih bercahaya. Itu sebabnya aplikasi topikal berbasis vitamin C biasanya digunakan untuk mencerahkan kulit.

2. Mencegah Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sifat antioksidan vitamin C dapat membantu melindungi dari potensi bahaya sinar UV matahari. Biasanya, radikal bebas adalah kelas molekul yang menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari. Antioksidan yang ditemukan dalam vitamin C melindungi sel-sel kulit dengan menyumbangkan elektron ke radikal bebas ini. Ini pada gilirannya membuat mereka tidak berbahaya.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Berikut 13 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi kerusakan jika sinar UV menembus kulit Anda. Namun, itu tidak menghalangi sinar UVA atau UVB, dan tidak dapat digunakan sebagai pengganti SPF.

3. Mengencangkan Kulit

Air jeruk nipis juga berfungsi sebagai zat alami yang mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan pori-pori (3). Ini dapat membantu menghaluskan dan mengencangkan tekstur kulit Anda, memberi Anda penampilan yang lebih muda dan segar.

4. Menghilangkan dan Mencegah Jerawat

Jeruk nipis digunakan sebagai perawatan kulit alami untuk kulit berjerawat. Ini memiliki karakteristik antibakteri dan antimikroba yang membantu dalam proses ini. Jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai pembersih alami untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan polutan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Karena bersifat asam, ia menyeimbangkan kadar pH kulit sehingga tidak dapat dihuni oleh kuman penyebab jerawat. Anda dapat secara efektif mengurangi wabah jerawat dan menghentikan noda di masa depan dengan memasukkan produk berbahan dasar jeruk nipis ke dalam rejimen perawatan kulit Anda, yang akan membuat kulit halus, bersih, dan sehat.

Baca juga: Ciri-ciri Terjadinya Penuaan Dini pada Kulit, Dimulai dari Usia 20 Tahun, Yuk Pelajari Pencegahannya

5. Kolagen untuk Kulit

Kandungan vitamin C jeruk nipis juga membantu dalam sintesis kolagen. Kolagen meningkatkan kekenyalan kulit dan mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. Kulit muda dan penuh dapat dipertahankan dengan bantuan dorongan kolagen alami ini.

Kekencangan dan elastisitas kulit juga berkaitan dengan produksi kolagen. Kulit Anda mungkin mulai kendur karena kadar kolagen Anda mulai menurun. Dengan demikian, vitamin C dalam jeruk nipis membantu mencegah kendurnya kulit.

6. Melembabkan dan Memelihara Kulit

Jeruk nipis juga memiliki kualitas pelembab yang membantu kulit mempertahankan kelembapan, menghindari kekeringan dan mendorong tekstur yang lembut dan kenyal. Penggunaan rutin produk perawatan kulit yang mengandung jeruk nipis dapat membuat kulit Anda terasa beregenerasi, terhidrasi secara mendalam, dan segar kembali. Turunan vitamin C yang disebut magnesium ascorbyl phosphate telah terbukti melembabkan kulit dengan mengurangi kehilangan air transepidermal.

Baca juga: Beragam Manfaat dari Minyak Kembang Sepatu untuk Perawatan Kulit Maupun Rambut

7. Memberikan Antioksidan

Manfaat jeruk nipis untuk kulit, rambut, dan kesehatan terutama disebabkan oleh sifat antioksidannya. Kombinasi antioksidan kuat yang ditemukan dalam jeruk nipis, termasuk vitamin C dan flavonoid, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil, dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk kerutan, garis halus, dan kusam.

8. Eksfoliasi Kulit Anda

Regimen perawatan kulit apa pun harus mencakup pengelupasan kulit, dan jeruk nipis banyak digunakan sebagai pengelupas alami. Asam sitrat jeruk nipis memfasilitasi pergantian sel, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengangkat sel kulit mati. AHA dalam perawatan kulit Anda termasuk asam sitrat yang telah terbukti bekerja pada sel kulit mati dan komedo.

9. Mengurangi Bekas Luka

Dalam sebuah penelitian terhadap 80 orang, setengah dari peserta mengoleskan gel silikon yang diresapi vitamin C ke luka mereka setiap hari selama enam bulan setelah jahitan dilepas. Bekas luka mereka kurang jelas dibandingkan mereka yang tidak menggunakan produk.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Dari 5 Jenis Teh Berikut Ini, Mana yang Paling Cocok untuk Perawatan Kulit Anda?

10. Menyembuhkan Luka

Peningkatan kadar antioksidan pada kulit dan tubuh dengan suplemen vitamin C terbukti berdampak positif pada perbaikan luka. Kekurangan vitamin C esensial dapat menyebabkan luka sembuh lebih lambat.

Cara Memanfaatkan Air Jeruk Nipis untuk Kulit

Setelah mengetahui manfaat jeruk nipis untuk kulit, mari kita telusuri cara penggunaannya dengan benar. Menerapkan jus jeruk nipis mentah secara langsung ke kulit Anda terkadang dapat menyebabkan iritasi dan, dalam situasi tertentu, menyebabkan fitofotodermatitis. Oleh karena itu, lebih baik memasukkan jeruk nipis ke dalam makanan Anda.

Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan mengiris 2 hingga 3 jeruk nipis, menghancurkannya bersama beberapa daun mint, dan menambahkannya ke dalam air minum Anda. Ini tidak hanya membantu meremajakan kulit Anda tetapi juga bermanfaat bagi tubuh Anda secara keseluruhan. Begitu juga dengan perasan jeruk nipis. Manfaat minum air jeruk nipis untuk kulit memang sangat besar