Helo Indonesia

Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Keindahan Rambut dan Kulit Kepala Anda

Syahroni - Ragam
Sabtu, 8 Juli 2023 16:37
    Bagikan  
Jeruk nipis.
pixabay/ azzurrodesign

Jeruk nipis. - Manfaat jeruk nipis untuk rambut dan kulit kepala.

HELOINDONESIA.COM - Jeruk nipis adalah buah serbaguna yang dapat menambah kilau dan vitalitas pada rambut Anda. Mereka banyak digunakan untuk mengobati ketombe dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Sekarang mari beralih ke manfaat air jeruk nipis pada rambut secara detail.

1. Mengobati Masalah Kulit Kepala Dan Ketombe

Karena kualitas antibakteri dan antijamurnya, jeruk nipis adalah pengobatan yang berhasil untuk masalah kulit kepala dan ketombe. Asam sitrat jeruk nipis berkontribusi menjaga keseimbangan pH kulit kepala, mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Penggunaan produk rambut yang mengandung jeruk nipis secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Itu juga bisa mencegah pengelupasan dan gatal.

2. Memperkuat dan Mempromosikan Pertumbuhan Rambut

Kolagen - Jeruk nipis penuh dengan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C, yang membantu membuat kolagen, protein penting yang mendorong pertumbuhan rambut dan melindungi rambut agar tidak patah.

Baca juga: Biar Rasanya Kecut, Jeruk Nipis Ampuh Loh untuk Atasi Berbagai Masalah pada Kulit Anda

Glisin, hidroksiprolin, dan prolin adalah 3 asam amino non-esensial yang menyusun sebagian besar kolagen. Selain itu, bahan penyusun utama keratin adalah prolin (13). Oleh karena itu, mengonsumsi kolagen yang tinggi prolin seharusnya memberi tubuh Anda bahan pembangun yang dibutuhkan untuk menghasilkan rambut.

Antioksidan - Antioksidan dalam jeruk nipis dikenal untuk melawan radikal bebas. Menurut para peneliti, radikal bebas juga dapat merusak folikel rambut. Oleh karena itu, mereka melindungi folikel rambut dari kerusakan.

3. Membuat Rambut Berkilau

Jeruk nipis bisa menjadi senjata rahasia Anda jika ingin rambut Anda berkilau dan indah. Sifat asam jeruk nipis membantu menghilangkan penumpukan produk dan minyak berlebih dari rambut, memberikan penampilan yang lebih bersinar dan lebih hidup. Untuk meningkatkan kilau alami rambut setelah keramas, gunakan perasan jeruk nipis sebagai pembilas rambut alami.

Baca juga: Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

4. Mengontrol pH kulit kepala

Keseimbangan pH kulit kepala sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Tingkat pH asam alami jeruk nipis dapat membantu membangun kembali keseimbangan pH ideal kulit kepala. Agar folikel rambut tetap sehat dan untuk menghindari masalah seperti kekeringan, pengelupasan, sifat berminyak yang berlebihan, dan iritasi pada kulit kepala, keseimbangan ini sangat penting.

Itu sebabnya buah sitrat seperti jeruk nipis sering terlihat pada sampo karena tidak hanya memberikan aroma yang menyenangkan tetapi juga memiliki kapasitas untuk menjaga netralitas pH. Jadi, dengan memasukkan produk rambut yang diinduksi jeruk nipis, Anda dapat mendorong lingkungan kulit kepala yang seimbang dan sehat. Ini pada gilirannya berkontribusi pada rambut yang lebih sehat dan lebih menarik.

5. Pencerah Rambut Alami

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa keasaman air jeruk nipis dapat membantu mencerahkan rambut. Ini membantu melarutkan beberapa pigmen (melanin) di rambut, memberikan penampilan yang lebih terang. Gagasan bahwa air jeruk nipis dapat mencerahkan rambut belum terbukti secara ilmiah. Namun, bila terkena sinar matahari mungkin efektif untuk orang-orang tertentu.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Berikut 13 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut Anda

6. Pembersihan Alami

Anda juga dapat membersihkan rambut secara alami dengan air jeruk nipis. Rambut Anda akan terasa bersih dan segar karena karakteristik asam dari jeruk nipis. Fitur ini membantu memecah minyak berlebih, kotoran, dan residu produk. Jadi, cobalah untuk menggunakan perawatan rambut berbahan dasar jeruk nipis. Ini adalah cara yang lebih alami untuk membersihkan rambut Anda.

7. Mengobati Ketombe

Bahan umum di sebagian besar sampo anti ketombe adalah air jeruk nipis. Telah ditemukan bahwa kandungan sitrat dalam air jeruk nipis sangat bermanfaat dan efektif untuk mengatasi masalah ketombe.
Tapi menggosok irisan jeruk nipis langsung ke kulit kepala Anda juga bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, encerkan air jeruk nipis dengan air dan gunakan sebagai bilasan alami. Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak Anda dan menggunakannya sebagai masker rambut anti ketombe. Atau Anda dapat memilih sampo komersial berbahan dasar jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe.