Helo Indonesia

11 Manfaat Terbaik Jus Apel yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Syahroni - Ragam
Minggu, 9 Juli 2023 06:00
    Bagikan  
Air kelapa
PixabaySteven BP.

Air kelapa - Kelapa dikenal memiliki beragam manfaat.Tapi tidak banyak orang tahu bagaimana implementasinya di lpangan.

HELOINDONESIA.COM - Bukankah kita semua tumbuh dengan idiom terkenal yang menyatakan kehebatan apel? Kita semua dengan patuh mendengarkan orang tua kita setiap kali mereka memuji apel montok segar dan memberikan manfaat terbaik dari jus apel.

Namun jika Anda belum memasukkan minuman ajaib ini ke dalam rutinitas Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali. Salah satu minuman tersehat di luar sana, jus apel sarat dengan berbagai manfaat serbaguna. Ini menghidrasi, memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi, dan merupakan keuntungan bagi orang yang menderita masalah kardiovaskular.

Beberapa kualitas apel yang memperkaya dapat ditingkatkan saat dijus. Jelajahi lebih lanjut saat kami membahas manfaat jus apel beserta profil nutrisinya, efek sampingnya, dan banyak lagi.

Baca juga: Selain Sebagai Pencegah Kanker, Berikut Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Anda

Nilai Gizi Jus Apel

Apel tidak diragukan lagi adalah salah satu buah tersehat di luar sana dengan komponen nutrisinya yang tinggi. Diresapi dengan kebaikan vitamin dan mineral esensial, buah ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Berikut profil nutrisi dari satu buah apel berukuran sedang:

  • Kalori: 95 g
  • Lemak: 0 g
  • Gula: 19 gr
  • Karbohidrat: 25 g
  • Protein: 1 g
  • Serat: 3g

Tidak ada kolesterol dalam apel dan hampir tidak ada jumlah natrium dan lemak jenuh, menjadikannya pilihan yang lebih sehat.

Baca juga: Kurangi Dampak Lingkungan, Sulap Sampah Dapur Anda Menjadi Kompos dengan Cara Berikut Ini

Jumlah nutrisi dalam jus apel sama dengan apel mentah, mengingat jus tersebut diperas dari apel matang. Jus kemasan mengandung bahan pengawet yang mengurangi kandungan gizi buah. Mereka harus dihindari.

11 Manfaat Terbaik Jus Apel

Lihat daftar manfaat jus apel yang akan membuat Anda terpesona dan semakin jatuh cinta dengan minuman ini.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu vitamin yang dipuji-puji, Vitamin C hadir berlimpah dalam jus apel, menjadikannya pilihan yang diinginkan di antara banyak orang. Sementara Vitamin C diketahui memberikan beberapa manfaat, memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dianggap sebagai salah satu fungsinya yang paling penting.

Konsumsi Vitamin C secara teratur dalam rencana diet Anda dapat membantu Anda menangkal flu musiman dan juga penyakit menular lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Biji untuk Atasi Bau Mulut dan Cara Membuatnya

2. Membanggakan Tingkat Hidrasi Anda

Apakah jus apel menghidrasi Anda? Jika itu adalah pertanyaan yang juga mengganggu Anda, maka, ya, jusnya terdiri dari banyak air, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang membutuhkan hidrasi dan merasa air putih agak terlalu membosankan.

Beberapa dokter anak merekomendasikan campuran setengah jus dan setengah air untuk anak sakit yang berusia lebih dari satu tahun dan menderita dehidrasi ringan.

Jus apel hadir sebagai penyelamat yang sempurna bagi mereka yang tidak ingin memanjakan diri sendiri atau anak-anak mereka dengan sirup manis atau minuman buatan yang mengandung pengawet dalam jumlah tinggi. Minumlah segelas jus apel sesekali dan tawarkan juga kepada keluarga dan teman Anda.

Baca juga: Luar Biasa, Berikut Manfaat Salat untuk Kesehatan Manusia yang Dapat Dibuktikan Secara ilmiah

3. Kunci Menjaga Kesehatan Jantung

Dianggap baik untuk kesehatan jantung, senyawa tanaman polifenol dan flavonoid hadir dalam konsentrasi yang signifikan dalam apel. Sebuah penelitian juga menunjukkan bagaimana polifenol dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan menumpuk di arteri.

Memasukkan satu atau dua gelas jus apel ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda meminimalkan risiko penyakit arteri koroner karena konsumsinya diketahui menunjukkan efek antioksidan. Kalium, mineral yang dianggap signifikan dalam mengurangi stres dan mengendalikan tekanan darah, yang selanjutnya dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung banyak ditemukan pada apel.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun bukan ramuan ajaib yang akan membantu Anda menurunkan berat badan ekstra, jus apel dapat membantu Anda menekan nafsu makan yang terlalu aktif dan mengendalikan keinginan mengidam yang terlalu cepat.

Sesuai penelitian, percobaan berbeda yang dilakukan pada hewan dan juga manusia telah menunjukkan bahwa konsumsi apel dalam berbagai bentuk dapat menyebabkan penurunan berat badan. Polifenol yang ada dalam apel juga dinyatakan memiliki sifat anti-obesitas.

Baca juga: Kurangi Dampak Lingkungan, Sulap Sampah Dapur Anda Menjadi Kompos dengan Cara Berikut Ini

Manfaat kesehatan dari jus apel dapat memukau Anda dengan cara yang bahkan tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Menjadi sumber flavonoid yang baik, juga menjadikan apel pilihan yang bagus bagi mereka yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan.

5. Semoga Membantu Mengurangi Gejala Asma

Kekuatan yang dikemas dengan antioksidan, jus apel diresapi dengan sifat anti-inflamasi dan anti-alergi yang dapat membantu mengurangi keparahan serangan asma dan meredakan gejalanya juga.

Selain itu, polifenol yang ada dalam jus yang rasanya enak ini secara signifikan mengurangi risiko penyakit paru-paru dan juga meningkatkan kesehatan paru-paru . Jadi, jika Anda berusaha keras untuk hidup sehat dengan fungsi paru-paru yang lebih baik, menambahkan jus apel ke dalam rencana diet Anda mungkin terbukti menjadi kuncinya.

Selain itu, sangat penting untuk memilih jus apel yang dibuat di rumah menggunakan apel segar daripada apel kemasan karena memiliki kandungan gula yang cukup banyak, yang dapat memperburuk asma Anda. Asupan gula yang berlebihan juga menjadi faktor utama penyebab asma pada anak-anak).

Baca juga: 10 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

6. Berguna Melawan ISK

Karena apel sedikit asam, apel merupakan bahan yang baik untuk menangkal infeksi saluran kemih (ISK). Minum jus apel secara teratur dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih Anda dan selanjutnya menyebabkan infeksi.

Quercetin, antioksidan yang dikenal memiliki sifat antibakteri hadir dalam sejumlah besar apel juga, yang membuat jus apel jauh lebih berharga daripada sekadar menyeruput.

Jadi, jika Anda sedang mencari cara alami untuk melindungi tubuh Anda dari ISK, cukup minum segelas jus apel segar.

7. Semoga Membantu Melindungi Otak Anda

Bukti anekdot menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jus apel dapat mendukung fungsi otak Anda seiring bertambahnya usia. Selain berpotensi memiliki sifat anti kanker, komponen yang ada dalam apel juga dapat membantu pengobatan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

Baca juga: Kurangi Dampak Lingkungan, Sulap Sampah Dapur Anda Menjadi Kompos dengan Cara Berikut Ini

Seperti yang diamati dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts-Lowell, ditemukan bahwa jus apel dapat bekerja dengan baik untuk memperbaiki gejala pada pasien yang menderita Alzheimer stadium sedang hingga akhir. (15).

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit Anda

Dengan kehadiran Vitamin C yang luar biasa, manfaat jus apel juga meluas ke kulit Anda. Bukti anekdotal menunjukkan bagaimana antioksidan vitamin memastikan kulit Anda terasa lebih sehat dan lebih bercahaya. Itu juga dikenal untuk mengobati beberapa masalah terkait kulit seperti keriput, jerawat, gatal, kulit pecah-pecah, dan peradangan.

9. Dapat Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat terbaik jus apel memang mencakup banyak sekali spektrum. Jus apel diberkahi dengan dewi asam malat, yang dianggap sangat bermanfaat dalam membantu hati Anda membuang semua racun dari tubuh Anda.

Bukti anekdot juga mendukung keyakinan bahwa jus apel dapat merangsang buang air kecil, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan hati Anda. Meskipun banyak penelitian belum dilakukan di bidang ini, diyakini bahwa alkalinitas apel terbukti sangat efektif dalam proses pembersihan produk sampingan limbah dari hati Anda.

10. Mendukung Kesehatan Kunci Anda

Vitamin yang ada dalam jus apel dapat berkontribusi dengan baik untuk meningkatkan kesehatan surai Anda dan juga memulihkan rambut Anda yang kusam dan rapuh. Selain diminum, jus apel juga bisa dioleskan sebagai masker rambut alami.

Menjadi asam, jus apel dapat membantu menghilangkan penumpukan produk di kulit kepala Anda bersama dengan residu lengket lainnya yang terkumpul di rambut Anda (16). Kulit kepala dan rambut kita dianggap paling sehat jika berada di sisi asam. Membilas kulit kepala dan panjang rambut Anda dengan jus apel dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda).

Baca juga: Meriahnya Begawi dan Bandarlampung Expo 2023 Rusak oleh Sampah

11. Dapat Mencegah Gangguan Mata

Apel sangat kaya akan Vitamin A, yang dianggap penting dalam menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A tidak hanya menjaga ketajaman penglihatan Anda, tetapi juga bermanfaat melawan banyak gangguan mata.

Jadi, untuk mempertahankan penglihatan 20/20 Anda, dan memastikan mata Anda selalu sehat, mulailah memasukkan jus apel sebagai minuman wajib dalam rencana diet Anda dan setiap anggota keluarga Anda.

Meskipun jus apel tersedia di mana-mana dengan label merek dan bahan yang berbeda, namun tidak ada yang seperti membuat segelas jus apel segar yang lezat. Ini resep Anda untuk membuat dan minum jus apel di rumah.

Efek Samping Jus Apel

Meskipun kelebihannya banyak, seperti yang lainnya, jus apel juga memiliki daftar kekurangan.

1. Dapat Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Meskipun minum jus adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari buah, ini juga merupakan cara yang lebih cepat untuk mendapatkan kalori yang menyusahkan tersebut. Jus buah juga memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang merupakan faktor utama di balik kenaikan berat badan pada anak-anak maupun orang dewasa.

2. Dapat Memperparah Masalah Gastrointestinal

Diare dan perut kembung adalah beberapa masalah pencernaan umum yang bisa terjadi dengan konsumsi jus apel secara berlebihan.

3. Dapat Membuat Kerusakan Gigi

Kebutuhan minuman manis yang tak terpuaskan dapat menyebabkan masalah gigi yang parah bagi Anda jika tidak dirawat.

4. Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Anda

Mirip dengan jus buah lainnya, jus apel dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda dan membuatnya lebih sulit untuk mengontrol gula darah Anda. Untuk pasien yang menderita kesehatan gula darah yang buruk, konsumsi jus apel secara teratur sebagai komponen makanan tidak dianjurkan.

5. Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Oksalat, hadir dalam jus apel dapat meningkatkan risiko Anda menderita batu ginjal. Jadi, selalu lebih baik untuk meminum minuman apa pun dalam jumlah ideal, meskipun itu hanya jus apel biasa.

Kesimpulan:

Jika Anda termasuk orang yang tidak pernah berhenti menyukai apel dan sepanjang hidup Anda melewatkan semua manfaat nutrisi yang ditawarkan buah ini, membuat jus apel adalah cara yang tepat untuk Anda. Tidak dapat disangkal rasa segelas jus apel dan bagaimana mereka bekerja dengan sempurna untuk memuaskan dahaga Anda.

Jadi, tunggu apa lagi dan siapkan dapur Anda dengan apel yang matang dan berair itu. Keluarkan juicer Anda dan mulailah menyiapkan minuman Anda untuk mendapatkan semua manfaat terbaik dari jus apel yang baru saja kami daftarkan.