Helo Indonesia

Bantah Tudingan Buntuti Kampanye Ganjar, Jokowi: Kunjungan Presiden Sudah Dirancang 3 Bulan Sebelumnya

Kamis, 7 Desember 2023 16:13
    Bagikan  
Presiden Joko Widodo
Tangkapan layar

Presiden Joko Widodo - Bantah tudingan buntuti kampanye Ganjar

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo membantah bahwa kunjungan kerjanya di berbagai daerah beberapa hari terakhir untuk membuntuti calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo.

Jokowi menyatakan, kunjungan kerja presiden sudah dirancang jauh-jauh hari dengan tujuan yang jelas.

"Ya ndaklah, ndak seperti itu. Jadwal untuk kunjungan presiden itu sudah dirancang tiga bulan sebelumnya dan pasti ada tujuannya," kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2023).

Ia juga mencontohkan kunjungan kerjanya ke wilayah Manggarai Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), selama tiga hari pada minggu ini.

Baca juga: Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara Ke-4 Penerima Anugerah Pena Mas PWI

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi meresmikan beragam infrastruktur, seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng, Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang, dan meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang.

"Kemarin ke Kupang ada peresmian rumah sakit senilai Rp 420 miliar. Rumah sakit yang besar sekali," ucapnya.

Jokowi mengungkapkan, kementerian dan lembaga sudah mengantre jauh-jauh hari agar peresmian berbagai infrastruktur bisa dilakukan langsung oleh Presiden.

"Biasanya dari kementerian sudah ngantrenya lama, tiga bulan sebelumnya (sudah memohon), 'Pak, mohon diresmikan. Peresmian kemarin yang Gereja Katedral di Kupang. Itu juga sudah lama sekali," jelasnya.

"Bukan sehari dua hari berangkat kayak.... he-he-he. Terencana jauh-jauh hari sebelumnya," lanjutnya.

Baca juga: Ganjar Kunjungi IKN, Tegaskan akan Lanjutkan Pembangunan

Sebelumnya, momen kunjungan kerja Presiden Jokowi yang terpantau berdekatan dengan jadwal kampanye capres Ganjar Pranowo, di antaranya saat Ganjar berkampanye di Kupang pada 30 November 2023.

Kemudian kampanye berlanjut ke Ende pada 2 Desember 2023.

Sementara itu, Presiden Jokowi bertolak ke NTT pada Senin (4/12/2023) untuk melaksanakan sejumlah kegiatan kunker hingga Rabu pekan ini.

Kedekatan kunjungan Ganjar dan Jokowi juga terjadi saat Ganjar mengunjungi Sorong, Papua, pada 20 November 2023, sebelum masa kampanye dimulai.