Kado Istimewa, Penurunan Tingkat Kemiskinan di Pesawaran Terbanyak di Lampung

Kamis, 18 Juli 2024 13:19
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - - Kado istimewa pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -17, Pemkab Pesawaran tercatat sebagai kabupaten dengan penurunan tingkat kemiskinan terbanyak di Provinsi Lampung.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, hal tersebut berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung per tanggal 16 Juli 2024, angka kemiskinan Kabupaten Pesawaran mengalami penurunan yang sangat signifikan.

"Pada Tahun 2023 angka kemiskinan sebesar 12, 89 persen, dan pada Tahun 2024 ini berhasil diturunkan menjadi 11, 86 persen," kata Dendi, Kamis (18/7/2024).

Dijelaskannya, menurut data BPS Provinsi Lampung dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, capaian kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama tersebut merupakan penurunan terbanyak, yakni sebesar 1, 03 persen.

"Tentunya hal ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak di Kabupaten Pesawaran," ujarnya.

"Saya harap Pemkab Pesawaran melalui program strategis pengentasan kemiskinan dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran serta dukungan program dari lembaga non pemerintah, diharapkan tingkat kemiskinan pada Tahun 2026 dapat mencapai dibawah 10 persen," tambahnya.

Dendi menjelaskan, selain itu, tingkat penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Pesawaran menunjukkan tren yang sangat menggembirakan.

"Pasalnya tingkat prevalensi Kabupaten Pesawaran pada Tahun 2022 sebesar 25,1 persen mengalami penurunan sebanyak 15,1 persen menjadi 10, 00 persen pada Tahun 2023," kata dia.

"Dengan penurunan ini, Kabupaten Pesawaran diganjar penghargaan sebagai kabupaten penurunan stunting terbanyak dalam Penganugerahan Tanda Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting pada Harganas ke-31 di Semarang, Jawa Tengah pada Juni 2024 lalu," pungkasnya. (Rama).

Berita Terkini