Helo Indonesia

Tampil pada Festival Merdeka Belajar di Borobudur, SDN Ngemplak Lasem Sajikan Program Keren

Selasa, 28 Mei 2024 10:58
    Bagikan  
Tampil pada Festival Merdeka Belajar di Borobudur, SDN Ngemplak Lasem Sajikan Program Keren

Program pendidikan yang ditampilkan SDN Ngemplak Lasem dalam Festival Merdeka Belajar di kawasan Borobudur

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Sekolah Dasar (SD) Negeri Ngemplak Lasem tampil mewakili Kabupaten Rembang dalam Festival Merdeka Belajar  di Taman Aksobya, Komplek Cand Borobudur, Magelang. Mereka ternyata memiliki sajian program  - program yang keren dan berguna bagi pembelajaran anak didik.

Dalam kegiatan yang digelar mulai tanggal 24 sampai 26 Mei 2024 itu, SDN Ngemplak selain memamerkan berbagai karya dari para siswa, juga menampilkan tarian di panggung utama.

Baca juga: Tim USM Dampingi UMKM Sendangmulyo dalam Pembuatan Foto Produk untuk Strategi Promosi

Kepala SDN Ngemplak Muryanik menuturkan, sejumlah program di sekolah yang dipimpinnya yaitu Daur Ulang Sampah Kertas , daur ulang sampah plastik dan Hore Mahir pilah sampah. Karya - karya yang tercipta dan ikut dipamerkan di gelar karya dan festival murni hasil karya siswa.

"Panen Hasil Belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar (P5) kami murni hasil dari anak didik atas bimbingan guru bukan dari orang tua, seperti wayang dari kardus yang diwarnai dengan krayon. Kita tidak pernah memberikan PR siswa, semua dikerjakan di sekolah, " ungkapnya di Rembang, Senin 27 Mei 2024.

Terkait tarian yang ditampilkan siswa di festival bulan merdeka belajar, Ia menuturkan memiliki makna. Meskipun P5 sederhana dan bukan dari guru penggerak, tapi bisa menginspirasi.

Baca juga: Launching Maskot dan Jingle Pilwakot Semarang 2024, Ini Pesan Mbak Ita


"Yang tari itu ternyata kita satu- satunya yang dari kabupaten, karena semuanya sudah terjadwal dari panitia. Tarinya kencana wingka mencerminkan bahwa meskipun kecil tapi bisa bersinar dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, walaupun P5 kami sederhana tetapi InsyaAllah bisa menginspirasi , walaupun bukan sekolah penggerak dan gurunya bukan guru penggerak, " terangnya.

Lebih lanjut, menurut Muryanik, P5 yang diterapkan SDN Ngemplak mendapat apresiasi dari banyak pihak. Bahkan salah satu sekolah yang akan mewakili gelar karya P5 tingkat nasional akan mengadopsi modul P5 milik SDN Ngemplak.

"Mereka meminta file - file konsep P5 nya seperti apa. Bagaimana mengedukasi anak sehingga ada program seperti ini, " imbuhnya.

Baca juga: Warga Banjarnegara Diduga Tenggelam di Waduk Mrica, Proses Pencarian Terkendala Eceng Gondok

Sebelumnya SDN Ngemplak Lasem melakukan gelar karya di sekolah, Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro" yang hadir waktu itu menilai program- program yang ada sangat sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Sehingga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang menunjuk sekolah yang dipimpinnya untuk mewakili Rembang dalam event yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu.

Implementasi Merdeka Belajar

Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti, menjelaskan tujuan adanya rangkaian acara Bulan Merdeka Belajar adalah sebagai kegiatan untuk menyampaikan hasil dari implementasi program Merdeka Belajar kepada masyarakat.

"Pada kegiatan Bulan Merdeka Belajar ini lebih kepada kita memperlihatkan kepada masyarakat hasil dari implementasi program Merdeka Belajar yang telah diterapkan oleh pemerintah daerah maupun satuan pendidikan khususnya yang ada di provinsi Jawa Tengah", pungkas Nugraheni. (Aji)