Helo Indonesia

Warga Banjarnegara Diduga Tenggelam di Waduk Mrica, Proses Pencarian Terkendala Eceng Gondok

Selasa, 28 Mei 2024 08:35
    Bagikan  
Warga Banjarnegara Diduga Tenggelam di Waduk Mrica, Proses Pencarian Terkendala Eceng Gondok

Tim SAR saat melakukan proses pencarian Slamet, warga Banjarnegara yang hilang di waduk Mrica. Foto: basarnas smg

BANJARNEGARA, HELOINDONESIA.COM - Warga Desa Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, dilaporkan hilang di waduk Mrica, Banjarnegara saat mencari sampah plastik di waduk terpanjang se-Asia Tenggara tersebut. Kejadian tersebut berlangsung pada Senin (27/5/24) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Basarnas Semarang, Budiono menceritakan, kejadian bermula saat survivor atau korban pada pagi hari sekitar pukul 09.00 wib terlihat oleh saksi, Roso, dengan menggunakan perahunya sedang mencari sampah plastik. Aktivitas tersebut biasa survivor lakukan di waduk yang sebagian permukaannya tertutup eceng gondok.

Baca juga: Launching Maskot dan Jingle Pilwakot Semarang 2024, Ini Pesan Mbak Ita

Namun oleh saksi, sekira pukul 11.00 WIB ada teriakan minta tolong dari arah rimbunan eceng gondok, sedangkan perahu korbantampak kosong. Meskipun jarak lokasi kejadian ke pinggir waduk cukup dekat, hanya 50 meteran, namun karena kejadian begitu cepat, para saksi yang ada di sekitar area tersebut tak mampu berbuat banyak.

"Diduga survivor terjatuh dari perahu di area eceng gondok. Diduga juga korban tidak bisa berenang dan akhirnya tenggelam,'' ungkap Budiono, Senin 27 Mei 2024.

Belum Berhasil

Basarnas Pos SAR Wonosobo beserta Tim SAR gabungan yang menerima informasi tersebut segera menggelar operasi pencarian dan penyelamatan. Operasi SAR difokuskan dengan penyelaman di area duga titik tenggelamnya serta dengan menggunakan peralatan aquaeye.

Namun hingga menjelang senja, usaha tim SAR gabungan belum membuahkan hasil. Tim penyelam cukup terkendala dengan visibilitas zero di lokasi kejadian serta banyaknya eceng gondok yang membuat pergerakan tim menjadi terbatas.

Baca juga: Nyalon Gubernur Jateng, Sudaryono Jajaki Berduet dengan Gus Yusuf

"Sementara pencarian kami hentikan mengingat hari sudah mulai gelap sehingga tidak efektif. Pencarian besok akan difokuskan pembersihan eceng gondok di area pencarian agar mempermudah mobilitas tim dan kembali akan dilakukan penyelaman" Imbuhnya.

"Semoga besok (Selasa hari ini) diberikan kemudahan sehingga survivor lekas ditemukan,'' pungkas Budiono. (Aji)