Helo Indonesia

Gebyar HUT Lampung Dimulai, Hari Ini Bersih-Bersih Pantai Mutun

Senin, 22 April 2024 13:14
    Bagikan  
Rangkaian acara gebya
Foto ist./helo

Rangkaian acara gebya - Kadis Kominfotik Ahmad Saefullah ,

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Mulai hari Ini, Sabtu (20/4/2024) ini, Pemprov Lampung menggelar berbagai kegiatan memperingati HUT Ke-60 Provinsi Lampung.

Rangkaian acara gebyar memperingati HUT Lampung itu, menurut Kepala Diskominfotik Lampung, Achmad Syaefullah, dimulai pada 20 April 2024 hari ini dengan kegiatan bersih-bersih di kawasan Pantai Mutun, Kabupaten Pesawaran.

Direncanakan, acara ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk ASN, organisasi kemasyarakatan, dan pelajar.

Selanjutnya, sambung Asep -panggilan beken Achmad Syaefullah-, pada hari Senin (22/4/2024) lusa, akan digelar Podcast bertajuk: Implementasi Pengembangan SDM di Provinsi Lampung Era Kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi (2019-2024) Dalam Rangka Mendukung Rakyat Lampung Berjaya. Dilanjutkan dengan acara bussines matching dan halal bihalal.

Kemudian pada hari Rabu (24/4/2024) hingga Minggu (28/4/2024), bertempat di Lapangan Korpri kompleks Pemprov Lampung, gebyar HUT Ke-60 Provinsi Lampung dimeriahkan dengan kegiatan Expo dan Bazar UMKM; Bazar Perkebunan; Modifikasi Automotif; Aquascape; dan layanan masyarakat Aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital).

Ditempat dan waktu yang sama, juga dilaksanakan Lomba Foto Investasi 2024 dengan ketentuan peserta mengirim foto bertema: Investasi (pabrik/daerah industri/perkebunan) dan mengunggah ke sosial media lalu tag ke Instagram (IG) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Masih ada kegiatan gebyar lainnya. Yaitu Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Cipta Menu Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024, yang akan digelar pada hari Kamis (25/4/2024) mendatang, sekaligus Bazar Hasil Perikanan dan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS).

Hari Rabu (24/4/2024) telah dikemas kegiatan FGD (Focus Group Discussion) mengenai carbon trading (perdagangan karbon) dengan melibatkan perangkat daerah terkait, perguruan tinggi, NGO, media massa, dan komunitas pemerhati lingkungan.

Kepala Diskominfotik juga menjelaskan, Pemprov Lampung akan melaksanakan Penyusunan Buku Sejarah Lampung, yang dijadwalkan pada hari Kamis (25/4/2024) mendatang. Selain itu masih terdapat beberapa event perayaan lain, seperti lomba tari kreasi; penanaman pohon bersama Forkopimda Provinsi Lampung, SiMOLEK Goes To School bersama BI dan BNN, serta Senam Sehat Bugar bersama Gubernur Lampung dalam rangka Hari Konsumen Nasional dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diisi pemeriksaan/cek kesehatan gratis; bakti sosial donor darah oleh UTD RSUD Abdul Moeloek, dan sosialisasi taat pajak sekaligus pemberian bantuan sosial.

Pada hari Jumat (26/4/2024), panitia menggelar kegiatan kampanye pencegahan perkawinan anak yang dikemas oleh Forum Anak Daerah Provinsi Lampung dan Forum Anak Daerah Kabupaten/Kota SMU di Bandar Lampung dan di kabupaten/kota.

Asep menambahkan, HUT Ke-60 Provinsi Lampung tahun 2024 ini dimeriahkan dengan melibatkan seluruh OPD, salah satunya RSUD Abdul Moeloek (RSUDAM), melalui hospital education yang diisi dengan seminar kesehatan dan pemberian bingkisan bagi pasien rawat inap di rumah sakit plat merah tersebut.

Seminar kesehatan dengan tema: “Sehat dan Produktif di masa Pre dan Post Menopouse” tersebut, akan diikuti Ibu-ibu TP PKK, Ibu-ibu Forkopimda, PPTP Perempuan dan DWP dengan jumlah peserta 100 orang, bertempat di Auditorium Sinema RSUDAM.

Sementara kegiatan Lampung Karnaval berupa pawai kendaraan dengan start dari Mahan Agung dan finish di Lapangan Korpri, juga Lampung Half Marathon, akan dilangsungkan pada hari Sabtu (27/4/2024) dan Minggu (28/4/2024) mendatang.

Lalu apalagi gebyar HUT Lampung tahun 2024 yang dihelat Pemprov Lampung? Masih ada kegiatan lainnya, seperti Festival Literasi (Lampung Book Fair 2024), sekaligus Peresmian Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung.

Pun diskusi publik bertema: “Membangun Perlindungan Korban Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak dalam Lingkup Pendidikan dan Keluarga, yang ditangani oleh Forum PUSPA, dan penebaran kembali (restocking) benih ikan ikonik di Balai Sesat Tiyuh Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat.

Rangkaian kegiatan HUT Lampung ini akan ditutup dengan Lampung Craft 2024 bertempat di Gedung Graha Wangsa, yang dilasakanakan Selasa hingga Sabtu, 7-11 Mei 2024.