Helo Indonesia

100 Pemuda Kendal Ikuti Jambore Pemuda 2023 di Pantai Sendang Sikucing

Sabtu, 14 Oktober 2023 06:03
    Bagikan  
100 Pemuda Kendal Ikuti Jambore Pemuda 2023 di Pantai  Sendang Sikucing

Para pemuda Kendal peserta Jambore Pemuda 2023 berpose bersama. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -  Sekitar 100 Peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, serta organisasi kepemudaan mengikuti kegiatan Jambore Pemuda 2023 yang digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal di Pantai Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal Jumat-Sabtu, 13-14 Oktober 2023

Jambore Pemuda Kabupaten Kendal Tahun 2023 mengambil tema, "Bersama Majukan Indonesia" yang bertujuan sebagai wadah silaturahmi antar pemuda. Serta mengasah ketrampilan, kebudayaan, dan kemandirian pemuda di Kabupaten Kendal.

Baca juga: Final Sesama Kudus di 10 Nomor Graha Padma Kejurprov Bulutangkis 2023

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid menyampaikan, pemuda merupakan kekuatan utama yang senantiasa berada pada lini terdepan bagi pembangunan sosial, ekonomi dan politik.

Menurutnya, potensi pemuda merupakan modal utama bagi tersedianya sumber daya manusia penggerak dan penopang pembangunan bangsa. Kemajuan pemuda ditentukan oleh bagaimana masa depan mereka dipersiapkan.

"Melalui kegiatan Jambore Pemuda ini, pemuda diharapkan dapat mengembangkan dirinya melalui proses interaksi dengan budaya dan kreativitas lokal yang dikembangkan untuk masyarakat. Melalui proses interaksi, dialog, bekerja sama dan memecahkan masalah bersama diantara para pemuda yang berlatar belakang yang berbeda, diharapkan dapat mengembangkan kearifan untuk menemui perbedaan dan menjadikan kekuatan bersama untuk membangun Kabupaten Kendal," ujar Achamd Ircham Chalid, dalam keterangannya, Jumat 13 Oktober 2023.

Baca juga: Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang, Akses Jalan ke Tugu Muda Dialihkan

Selain itu, Kepala Disporapar menambahkan, Jambore Pemuda 2023 ini adalah momentum bagi pemuda Kabupaten Kendal untuk berkumpul, berbagi pengalaman, dan memperkuat rasa persatuan.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang diskusi dan sharing bersama antar pemuda guna membangun sumber daya manusia yang unggul," imbuhnya.

Revolusi Industri

Dia membeberkan, dalam kegiatan tersebut, para peserta akan diberikan berbagai materi, diantaranya penguatan nilai-nilai Pancasila untuk generasi muda dalam menghadapi transformasi revolusi industri 4.0, optimalisasi peran pemuda dalam menangkal bahaya narkoba, seminar anti bullying, malam keakraban, outbond dan bersih-bersih pantai.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kendal, Muhammad Noor Fauzi saat membuka kegiatan menyampaikan, Jambore Pemuda Kabupaten Kendal merupakan media komunikasi dan interaksi yang efektif dalam rangka menguatkan ikatan silaturahmi dan solidaritas sebagai sesama anak bangsa.

Baca juga: Para Petinggi Partai KIM Sambangi Kediaman Prabowo, Bahas Cawapres?


Selain itu bertujuan menambah pengetahuan, ketrampilan, kebudayaan, dan kemandirian diantara sesama pemuda.

"Semoga pengetahuan dan ketrampilan yang didapat di dalam kegiatan Jambore Pemuda Kabupaten Kendal tahun 2023 ini menjadi cikal bakal lahirnya pemimpin-pemimpin bagi bangsa Indonesia di masa yang akan datang," harapnya.

Dirinya berpesan, para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti program kegiatan maupun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut.

"Kami berharap kepada seluruh peserta sungguh-sungguh mengikuti program kegiatan ini, yang nantinya mampu menginternalisasi khasanah pengetahuan dan wawasan kebhinekaan, dan nilai-nilai kemajemukan dalam rangka menopang eksistensi dan menjaga keutuhan NKRI," tandasnya.

Perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kendal, Hasan mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan Jambore Pemuda 2023 Kabupaten Kendal. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan banyak pengetahuan dan wawasan, serta menjalin silaturahmi dengan sesama pemuda.

"Kita sebagai pemuda kedepan harus bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara dengan suatu prestasi. Pemuda harus ikut berpartisipasi dalam membangun negeri," tegasnya. (Anik)