Helo Indonesia

Dukung Program Pemerintah Pusat, Mbak Ita Resmikan SPKLU di Balaikota Semarang

Helo Jateng - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 3 Mei 2023 12:45
    Bagikan  
Dukung Program Pemerintah Pusat, Mbak Ita Resmikan SPKLU di Balaikota Semarang

PENGISIAN: Mba Ita meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau pom listrik di area Balaikota Semarang. Foto: Ist

SEMARANG,HELOINDONESIA.COM -Bersamaan dengan perayaan HUT Kota Semarang ke-476 pada 2 Mei 2023, Pemerintah Kota Semarang meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau pom listrik di area Balaikota Semarang yang bekerja sama dengan PT. PLN (Persero). Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu secara langsung meresmikan Pom Listrik didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan jajaran Forkopimda Semarang, pada Selasa (2/5).

“Ini kolaborasi dengan PLN, kami menyiapkan lahannya, Sedangkan, pembangunan SPKLU dilakukan oleh PLN,” tutur Mbak Ita, sapaan akrabnya. Dengan peluncuran ini, tercatat Kota Semarang menjadi kota/kabupaten pertama yang memiliki SPKLU di Jawa Tengah.

Wali kota perempuan pertama di Kota Semarang tersebut mengungkapkan kehadiran SPKLU merupakan bentuk dukungan Pemerintah Pusat dan mempercepat transisi kendaraan listrik di Kota Semarang.

"Apa yang sudah menjadi program pemerintah pusat, kita akan mendukung. Saya juga menyampaikan ini PLN tidak sewa lahan, ini sama-sama plat merahnya sehingga ini salah satu support pemerintah kota Semarang,” lanjut mbak Ita. Pihaknya mendukung penuh arahan Presiden Jokowi agar pada tahun 2060 Indonesia harus zero emisi.

Pihaknya berharap, SPKLU ini dapat memberikan manfaat bagi warga dan pemilik kendaraan listrik. Di samping itu, pihaknya ingin mendorong agar Pemkot Semarang juga menganggarkan untuk pengadaan kendaraan listrik untuk operasional pelayanan publik.

“Karena kalau dibangun barangnya (kendaraan listrik) tidak ada sia-sia. Sebagai contoh pemerintah kota bisa melakukan pengadaan mobil atau motor listrik," terangnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A. Bargowo Wahyu Jatmiko, mengungkapkan bila teknologi SPKLU yang berada di area Balaikota ini teknologi terbaru. “Ini kami berikan yang spesial. Kapasitasnya 200kva ini yang paling cepat, paling bagus untuk saat ini,” terang Jatmiko. Untuk jenis ultrafast ini, Jatmiko menjelaskan 1 mobil memerlukan waktu 30 menit agar full. Bersamaan dengan acara tersebut juga terdapat penyerahan hibah 7 unit motor listrik dari Uwinfly bagi jajaran Forkopimda Kota Semarang. ADE