Helo Indonesia

Khidmat, Meski Hujan Iringi Upacara Kirab Panji dan Pusaka untuk Peringati Hari Jadi ke-199 Wonosobo

Jumat, 5 Juli 2024 15:49
    Bagikan  
Khidmat, Meski Hujan Iringi Upacara Kirab Panji dan Pusaka untuk Peringati Hari Jadi ke-199 Wonosobo

Pasrah Tampi Panji dan kirab pusaka membuka prosesi Hari Jadi ke-198 Kabupaten Wonosobo. Foto: IG kodim_0707_wonosobo/IG wonosobohebat

WONOSOBO, HELOINDONESIA.COM - Suasana khidmat tetap terjaga, ketika derai hujan mengiringi saat prosesi Pasrah Tampi Panji Miwah Pusaka Pagetan Ambal Warsa Kaping-199 Kabupaten Wonosobo, Kamis 4 Juli 2024 di Halaman Pendapa Bupati.

kirab

Kirab Panji dan Pusaka ini dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-199 Kabupaten Wonosobo, menjadi bagian dari sosialisasi dan publikasi program pemkab, baik yang telah terlaksana maupun yang masih terjadwal. Utamanya bagi generasi muda dalam mencintai dan menumbuhkan kearifan lokal serta budaya asli yang menjadi ciri khas Wonosobo. Upacara ini juga masuk dalam calender of event 2024  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah.

Baca juga: Tradisi Dhukutan di Tawangmangu, Wujud Syukur Atas Keberkahan dan Penghormatan pada Leluhur

“Prosesi ini perlu terus dilestarikan, karena bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat serta bagi sejarah pemerintahan Kabupaten Wonosobo yang tidak meninggalkan budaya tradisi dan kearifan lokal. Sebaliknya, selalu berkembang dan mengembangkan seni identitas diri dan landasan untuk membangun Wonosobo yang Raharjo di segala tempat dan situasi,” tandas bupati.

Dia menambahkan, perlu adan kolaborasi antara pemkab dengan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan, yaitu dengan bersinergi secara harmonis, menyatukan cipta, rasa, kemauan dan gotong royong, untuk Wonosobo maju sejahtera dan unggul di semua lini.

Prosesi tersebut merupakan penyerahan Panji dan Pusaka dari Forkopimda kepada Forkopimca. Selanjutnya, Panji dan Pusaka akan dikirab di semua wilayah desa dan kelurahan di 15 kecamatan se-Kabupaten Wonosobo.

Makna Mendalam

Pasrah Tampi Panji memiliki makna yang cukup mendalam terkait pentingnya persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan dalam masyarakat Wonosobo.

Baca juga: Mbak Ita Minta Orang Tua Rutin Periksa Handphone Anak, Hindari Hal Negatif

"Tema peringatan Ambal Warso Kabupaten Wonosobo ke-199 Guyub Rukun Mustikaning Laku yang mengingatkan saya dan saudara semua akan pentingnya persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan dengan mengedepankan persatuan seluruh anggota masyarakat, sebagai landasan standar untuk memajukan daerah", ungkapnya.

Pasrah Tampi Panji dimulai dengan Dandim Letkol Inf Helmy menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Danramil 09/Kepil Kapten Inf Robertus Santosa bertempat di halaman Pendapa Bupati. (Aji)