Helo Indonesia

Dukung Program Hilirisasi Kelapa Sawit, STN: Hilirisasi Program Pro Petani

M Ridwan - Ekonomi
Kamis, 13 Juni 2024 13:38
    Bagikan  
Kelapa Sawit,
Ist

Kelapa Sawit, - Industri sawit dapat memperkuat perekonomian nasional

HELOINDONESIA.COM - Serikat Tani Nelayan (STN) menyatakan keyakinan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024 – 2029, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka semakin memperkuat program hilirisasi sektor kelapa sawit.

Ketua Umum Serikat Tani Nelayan (Ketum STN), Ahmad Rifai, di Jakarta, Kamis (13/6/2024) menyatakan bahwa STN mendukung program keberlanjutan pemerintah, salah satunya hilirisasi sektor kelapa sawit. Program tersebut dianggap pro terhadap petani, karena industri sawit dapat memperkuat perekonomian nasional, karena mampu meningkatkan nilai tambah produk ekspor dan menurunkan impor.

Baca juga: Dukung Pelaku UMKM, Ditjen Polpum Kemendagri Bakal Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024

Menurut Ahmad Rifai, program hilirisasi ini sangat penting untuk meningkatkan manfaat ekonomi dan sosial dari industri sawit, baik bagi petani, pengusaha, maupun masyarakat luas. Dan STN siap mendukung kebijakan dan program pemerintah pusat dalam hal hilirisasi sawit.

Baca juga: Eros Gitaris Sheila On 7 Lelang Gitar 335 Juta, Uang Diserahkan ke Kitabisa dan Baznas untuk Bantu Palestina

Ahmad Rifai menjelaskan, tujuan utama hilirisasi sawit di Indonesia mencakup, Pertama, Meningkatkan nilai tambah di dalam negeri; Kedua, Mengurangi ketergantungan Indonesia pada pasar minyak sawit dunia; Ketiga, Mengubah komposisi ekspor Indonesia dari dominasi bahan mentah menjadi produk olahan, dan Keempat, Substitusi impor untuk produk-produk yang dapat digantikan oleh produk olahan dari sawit.

‘’Kami dari STN berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru untuk mendukung terus program hilirisasi kelapa sawit sebagai bagian dari mendukung kesejahteraan petani dan mengklirkan soal tanah atau lebih pasnya soal Agraria serta pelibatan petani pemilik lahan sawit dalam koperasi-koperasi mulai dari perencanaan, proses produksi dan pasca produksi yang sebagai wujud produksi gotong royong, itulah hakekat dari hilirisasi,’’ ungkap Ahmad Rifai.

Baca juga: Wali Kota Tangsel Buka Suara Soal Tower Ilegal PT GHON, Satpol PP Malah Ngajak Ngopi