Helo Indonesia

Sekda Minta Momentum HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar untuk Tingkatkan Peran

Jumat, 8 Maret 2024 08:00
    Bagikan  
Sekda Minta Momentum HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar untuk Tingkatkan Peran

Sekda Jateng Sumarno saat menyerahkan hadiah kepada juara lomba pawai Satpol PP. Foto: hms

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Upacara gelar pasukan sebagai peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar), berlangsung meriah di Stadion Sriwedari, Surakarta, Kamis 7 Marer 2024.

Ribuan orang hadir dalam kegiatan tersebut dari berbagai kalangan, seperti anggota Satpol PP dari kabupaten dan kota, petugas satlinmas, damkar, polisi, TNI, siswa, perwakilan orrmas, dan lainnya. Mereka menikmati kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Sekda Jawa Tengah Sumarno yang hadir mewakili Penjabat Gubernur Nana Sudjana, bertindak sebagai inspektur upacara gelar pasukan. Menurut Sumarno, kegiatan peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar, hendaknya menjadi momentum untuk meningkatkan peran masing-masing.

Baca juga: Studi Membuktikan, Tidur 3-5 Jam Setiap Hari Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

“Kami berharap peran dari teman Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar dapat meningkat, karena masing-masing punya peran yang strategis,” kata Sumarno, seperti dikutip dari laman jatengprov.go.id.

Seperti halnya, peran Satpol PP dalam penegakan perda, menurutnya, peran Satlinmas hingga sampai ke desa, seperti halnya dalam pengamanan jalannya pemilu beberapa waktu lalu. Kemudian, peran Damkar yang saat ini tidak sebatas pemadam kebakaran, tapi juga lebih dari itu.

“Satpol PP bertugas menyelenggarakan ketertiban umum, ketenteraman dan perlindungan masyarakat. Satpol PP bertanggung jawab untuk menegakkan peraturan daerah, seperti menangani pembangunan liar, pedagang kaki lima yang beroperasi tanpa izin, atau pelanggaran lainnya,” jelas Sumarno.

Sekda membeberkan, pada 2023, terdapat 1.130 kasus pelanggaran Perda Provinsi Jawa Tengah, terdiri dari 92 kasus dengan pembinaan, 119 kasus dengan pengawasan, dan 524 kasus dilakukan penindakan. Tidak hanya itu, masih terdapat 395 kasus yang belum tertangani. Untuk itu peran dan efektivitas Satpol PP harus diperkuat lagi, agar pelanggaran Perda dapat diminimalisasi.

Baca juga: Cantik Muda Masuk Senayan, Siapa Dulu Geh Bekingnya

Dalam pelaksanaan tugas, arahannya, Satpol PP harus tegas, sesuai SOP, berkeadilan, namun tetap mengedepankan pendekatan yang humanis. Sekda berterima kasih, berkat kerja sama yang sinergis antara semua pihak, termasuk pengamanan dari Satpol dan Satlinmas, Pemilu pada 14 Februari 2024 dapat berjalan lancar dan kondusif. Kebutuhan personel satlinmas untuk pengamanan di 117.299 TPS pada Pemilu 2024 dapat terpenuhi.

Berikan Santunan

Dalam kesempatan itu, Pemprov Jateng bersama Baznas Jateng memberikan santunan kepada 13 keluarga satlinmas yang meninggal dunia saat mengamankan pemilu.

''Pemprov Jateng kan memiliki pengelolaan zakat terbaik nasional. Sehingga ada momentum ini, kita bisa berkontribusi dari Baznas, yang mayoritas zakatnya dari kontribusi ASN Pemprov Jateng,” ujar Sumarno.

Ia menyampaikan, santunan diberikan kepada keluarga korban yang masing-masing menerima Rp10 juta per orang. Hal itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada mereka yang berjasa dalam penyelenggaran pemilu.

Baca juga: Uncle Djink Meriahkan Gelaran Tribute to WR Soepratman di Purworejo

Sementara itu, Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji menyampaikan, pemberian santunan sebagai bentuk perhatian Baznas dan Pemprov Jateng.

“Mereka pahlawan karena berjasa dalam pemilu kemarin. Karena mereka mengabdi maksimal, sampai akhirnya wafat,” tutur Darodji.

Pada kegiatan juga diberikan penghargaan dan trofi untuk peserta Pawai Praja terbaik yang dihelat pada Rabu (6/3/2023). Dengan nilai hadiah untuk Juara I mendapat Rp5 juta, Juara II mendapat Rp3 juta, dan Juara III Rp2 juta. (Aji)