Helo Indonesia

Dharma Wanita Persatuan Pilar Penting dalam Pembangunan

Kamis, 14 Desember 2023 17:14
    Bagikan  
Dharma Wanita Persatuan Pilar Penting dalam Pembangunan

Penyerahan santunan oleh Wabup Kendal Windu Suko Basuki dalam peringatan HUT DWP. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Ibu-ibu Dharma Wanita memiliki peranan penting bagi keluarga maupun bangsa. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat memberikan sambutan pada acara peringatan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Pendapa Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis 14 Desember 2023.

Wabup Windu Suko Basuki menyebut, perempuan merupakan Soko Guru bagi keluarganya. Menurutnya, maju mundurnya keluarga tergantung kepada para ibu.

"Ibu-ibu Dharma Wanita ini memiliki peran yang penting. Wanita itu adalah Soko Guru. Sehingga harapan saya kedepan Dharma Wanita dapat mengembangkan apa yang mereka miliki untuk berdharma bakti untuk masyarakat, memberikan arahan, penyuluhan teeutama dalam hal pendidikan," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel Paman Birin Dukung Porwanas Digelar Agustus 2024

Ketua DWP Kabupaten Kendal, Sri Wahyuni Sugiono saat mebacakan sambutan Ketua PWP Pusat mengatakan, DWP sebagai pilar pembangunan mempunyai kekuatan yang luar biasa besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa. DWP senantiasa memberikan kontribusi yang bermakna dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sampai sosial budaya.

"Oleh karena itu, sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan,
sudah sepatutnya kita sebagai perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat, seperti yang selama ini kita lakukan bersama organisasi Dharma Wanita Persatuan ini," kata Sri Wahyuni.

Rumah Anggota

Ditambahkan dia, pada hari ulang tahun ke-24, Dharma Wanita Persatuan diharapkan terus menjadi rumah bagi para anggotanya, sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peranan perempuan Indonesia.

"Sebagai rumah, organisasi ini terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggotanya, untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing-masing anggota dapat berkembang secara optimal. Dan sebagai pilar pembangunan,
Ibu-Ibu pengurus dan anggota DWP merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa," tandasnya.

Baca juga: Kiromal dan Atifa Atlet Terbaik Putra-Putri 2023 Pilihan Siwo PWI Jateng

Dalam kegiatan Resepsi HUT ke-24 DWP Kendal juga digelar pengobatan gratis, pemberian santunan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) yang diberikan kepada anak-anak dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kurang mampu. Serta workshop tentang peningkatan kesehatan dan kualitas hidup perempuan dengan narasumber dari Dekan FIK Unissula.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-24 DWP Kendal meliputi, senam massal, pengobatan gratis, bantuan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) yang diberikan kepada anak-anak dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kurang mampu.

"Kita ada acara resepsi, kita juga ada pendampingan anak-anak stunting, dan ini kita berikan bantuan kepada anak-anak ASN yang kurang mampu, juga ada materi terkait cara menghadapi masa pre-menopause," jelas Sri Wahyuni.

Sementara, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, perempuan merupakan soko guru bagi keluarga.

Peringatan HUT ke-24 DWP ditandai pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Kendal dan pemberian bantuan kepada anak-anak dari ASN yang kurang mampu dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kendal. (Aji)