Helo Indonesia

Emosi dan Galau? 12 Makanan Berikut Ini Bisa Membantu Anda Melawan Stres Loh

Syahroni - Ragam -> Makanan
Kamis, 22 Juni 2023 06:00
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Berikut 12 makanan yang dapat mengatasi stres Anda.

HELOINDONESIA.COM - Tidak mengherankan jika Anda makan dengan baik, Anda merasa sehat. Meskipun makan makanan yang sehat dan seimbang itu penting, diet Anda juga dapat dimodifikasi untuk membantu menargetkan keadaan fisik dan emosional. Berikut adalah makanan yang dapat membantu Anda melawan stres.

1. Sereal gandum dan oat

Sereal, baik itu yang terbuat dari gandum ataupun oat adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati dan relaksasi. Antidepresan seperti Prozac bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Sementara semua karbohidrat akan memiliki efek ini, sereal gandum, roti atau pasta membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan akan memiliki efek yang lebih tahan lama.

2. Keju cottage rendah lemak

Keju cottage rendah lemak sarat dengan protein dan kalsium serta rendah lemak dan gula. Kalsium membantu memperkuat dan mengendurkan sistem saraf dan dapat membantu Anda mengelola stres. Pastikan untuk memilih merek keju cottage yang tidak mengimbangi tingkat lemak rendah dengan menambahkan pati, bahan pengisi, dan gula, karena ini bisa berdampak buruk bagi stres dan lingkar pinggang Anda.

3. Jahe

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menghilangkan rasa sakit, termasuk sakit kepala akibat stres. Jahe mengandung antioksidan gingerol, yang melawan bahan kimia buruk dalam tubuh kita yang menyebabkan stres psikologis dan fisik. Jahe juga telah ditemukan untuk membantu meredakan mabuk perjalanan, sakit perut, masalah pernapasan, dan ketidaknyamanan menstruasi. Tidak suka rasanya? Cobalah menyapurkannya ke dalam teh, atau bahkan aromaterapi.

Baca juga: Studi Menunjukan Tidur Siang Menjaga Kesehatan Otak

4. Karbohidrat sederhana

Camilan lezat disebut makanan yang menenangkan karena suatu alasan. Permen, soda, dan produk seperti roti harus dihindari karena banyak alasan kesehatan, tetapi tidak dapat disangkal bahwa kadang-kadang mereka tepat untuk perbaikan sementara. Gula sederhana dicerna dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan serotonin. Tapi itu tidak berlangsung lama, jadi jangan jadikan kebiasaan.

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber potasium yang bagus, mengandung dua kali lebih banyak dari pisang. Meningkatkan asupan kalium adalah cara ideal untuk menurunkan tekanan darah, yang melonjak saat kita stres. Sisi negatifnya adalah alpukat yang kaya lemak dan kalori tinggi, jadi pastikan Anda melakukan kontrol porsi.

6. Brokoli

Sayuran ini dikemas dengan banyak vitamin termasuk vitamin B penangkal stres dan asam folat (anggota keluarga vitamin B). Nutrisi ini menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

7. Bayam

Penyebab utama di balik perasaan lekas marah, gangguan pencernaan, kelelahan, dan stres adalah kekurangan magnesium. Hanya satu mangkuk bayam dapat berdampak signifikan pada kadar magnesium. Sumber magnesium lainnya termasuk kedelai, salmon, tempe dan kenari.

Baca juga: Baik Buruk Mengonsumsi Daging untuk Kesehatan: Begini Menurut Ilmu Pengetahuan?

8. kacang almond

Kekurangan selenium dikaitkan dengan depresi, kelelahan, dan kecemasan. Kacang-kacangan seperti almond adalah sumber selenium, magnesium, seng, dan Vitamin E yang sangat baik, yang semuanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Segenggam kecil kacang per hari adalah dosis yang dianjurkan. Sumber selenium alternatif termasuk jamur Shiitake, tuna, dan salmon.

9. Jeruk

Anda mungkin tahu bahwa jeruk sangat dihargai karena kandungan vitamin C-nya. Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa vitamin C, selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat mengekang kadar hormon stres kortisol. Berries, termasuk raspberry dan blueberry, juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

10. Omega 3

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon dan tuna dapat membantu menyeimbangkan hormon stres, melawan penyakit jantung, dan meredakan perubahan suasana hati. Bertujuan untuk makan tiga ons ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu. Bukan penggemar makanan laut? Coba tambahkan biji rami ke sarapan pagi Anda.

11. Makanan pengantar tidur

Kurang tidur adalah penyebab dan hasil dari stres. Cobalah makan "makanan sebelum tidur" untuk membantu memastikan istirahat malam yang baik. Makan sepotong roti gandum sebelum tidur. Karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, yang akan membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat. Atau minum segelas susu. Kalsiumnya dapat meredakan kecemasan dan menenangkan perubahan suasana hati.

12. obat herbal

Meskipun tidak ada penelitian yang memadai untuk mendukung keefektifannya, banyak orang bermengakui manfaat relaksasi dari pengobatan herbal. Obat alami ini diyakini dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi dengan menyeimbangkan neurotransmiter. Obat stres alami lainnya termasuk ginseng, teh oatstraw, teh lemon balm, teh chamomile, jamur reishi, dan guarana.