bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Diduga Depresi, Pria Purbalingga Gantung Diri di Pohon Durian

Senin, 13 Mei 2024 07:09
    Bagikan  
Diduga Depresi, Pria Purbalingga Gantung Diri di Pohon Durian

Petugas Polsek Mrebet mengevakuasi seorang pria yang meninggal akibat gantung diri

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Seorang pria warga Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga meninggal dunia akibat gantung diri. Pria tersebut ditemukan gantung diri pada pohon durian di belakang Puskesmas Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Minggu 12 Mei 2024.

Kapolsek Mrebet AKP Muslimun mengatakan pria meninggal akibat gantung diri berinisial TT (66) warga Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Peristiwa pertama kali diketahui oleh saksi bernama Ruswanto (60) warga Desa Serayu Larangan.

Baca juga: Tim PkM USM Berikan Pendampingan ke Anggota P3A Mejobo

"Saat saksi hendak ke kebun miliknya, melihat ada seorang pria gantung diri di pohon durian. Saksi kemudian berteriak minta tolong hingga warga berdatangan," ungkap kapolsek.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke kepala desa setempat dan diteruskan ke Polsek Mrebet. Polisi dari Polsek Mrebet dan Inafis Polres Purbalingga yang datang kemudian mengamankan dan melakukan pemeriksaan di TKP.

Selanjutnya mengevakuasi pria gantung diri untuk dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan polisi bersama tenaga kesehatan Puskesmas Serayu Larangan.

"Hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda kekerasan akibat tindak pidana. Ditemukan ciri khas meninggal akibat gantung diri," ungkap kapolsek.

Depresi

Kapolsek menambahkan tidak diketahui secara pasti penyebab warga tersebut gantung diri. Namun berdasarkan informasi para tetangganya, diduga pria tersebut mengalami depresi. Kesehariannya sering termenung dan cenderung pendiam.

Baca juga: Bayi Tewas Mengambang di Kubangan Bekas Galian Batu Bata

"Dari informasi, pada tahun 2023 pria tersebut juga pernah melakukan upaya gantung diri namun ketahuan warga sehingga dapat digagalkan," kata kapolsek.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar peristiwa bunuh diri yang terjadi di wilayah Kecamatan Mrebet tidak untuk ditiru. Apabila memiliki permasalahan dapat menghubungi psikolog maupun psikiater terdekat untuk membantu mengatasi problem yang dimiliki.

"Terkait layanan psikologi, Polres Purbalingga membuka layanan konseling psikologi gratis bagi masyarakat. Bisa datang langsung atau menghubungi psikolog Iptu Teguh Susilo di nomor 0857-1200-5525," pungkasnya. (Aji)