Helo Indonesia

Tim PkM USM Berikan Pendampingan ke Anggota P3A Mejobo

Senin, 13 Mei 2024 06:43
    Bagikan  
Tim PkM USM Berikan Pendampingan ke Anggota P3A Mejobo

Tim PkM USM berpose bersama anggota P3A Mejobo Kudus

KUDUS, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan pendampingan kepada anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) untuk membuat laporan/monitoring dengan aplikasi di rumah Ketua P3A, Muslimin Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Ir Istianah MT, anggota Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, dan Dr Ir Edy Susilo MT. Mereka didampingi dua mahasiswa Noora Savera dan Annisa Berliana.

Baca juga: Modin dan Perawat Jenazah Pedurungan Dukung Penuh Mbak Ita di Pilwakot Semarang

Ketua Tim PkM USM, Ir Istianah MT mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperbaiki sistem jaringan irigasi, terutama jaringan irigasi tersier yang melayani areal sawah.

Pihaknya menggunakan metode analisis dokumen, pengamatan, dan wawancara dengan pelaku program serta masyarakat desa yang terlibat.

''Hasil dari pelaksanaan program menunjukkan peningkatan kualitas sistem jaringan irigasi, yang secara positif berdampak pada produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, efektivitas metode pelatihan dan pendampingan juga berkontribusi besar terhadap kesuksesan program ini, serta membantu dalam menyusun laporan pertanggungjawaban yang transparan dan dapat diakses oleh semua pihak terkait,'' katanya.

Baca juga: Nana Lepas 352 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama, Embarkasi Solo Dapat Fasilitas Fast Track

Menurutnya, program P3- TGAI telah berhasil memberikan dampak positif pada tata guna air irigasi di pedesaan, mendukung peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. (Aji)