Helo Indonesia

Helikopter yang Bawa Presiden Iran Diduga Jatuh di Hutan Dizmar

Malda - Internasional
Senin, 20 Mei 2024 09:09
    Bagikan  
Presiden Iran
Pinterest

Presiden Iran - Ebrahim Raisi

HELOINDONESIA.COM - Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh ketika mengunjungi sebuah wilayah di bagian utara, Minggu 19 Mei 2024.

Saat ini kondisi jatuhnya helikopter masih belum diketahui.

Pesawat yang juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian itu jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur. 

Kru darurat sejauh ini tidak dapat menjangkaunya karena kondisi berkabut, kata kantor berita Iran, IRNA.

Tidak jelas apa status pasti dari helikopter yang ditumpangi Raisi.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri mengatakan angkatan bersenjata Iran kini sudah berada di lokasi jatuhnya helikopter.

 Sekitar 20 tim penyelamat dan pesawat tak berawak dikirim ke daerah helikopter itu jatuh.

Raisi dan Amir Abdollahian termasuk di antara sekelompok pejabat yang berada di dalam helikopter yang baru saja kembali dari sebuah upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Azerbaijan, ketika helikopter tersebut "jatuh saat mendarat di wilayah Varzaqan pada hari Minggu," demikian laporan IRNA English, mengutip CNN.

IRNA juga melaporkan, mengutip penduduk setempat, helikopter tersebut jatuh di daerah Hutan Dizmar antara desa Ozi dan Pir Davood. Penduduk di utara Varzeqan, Provinsi Azerbaijan Timur, mengatakan bahwa mereka mendengar suara-suara dari daerah tersebut.

Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi, mengatakan salah satu helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena kondisi cuaca yang berkabut.

"Sekarang kelompok-kelompok penyelamat yang berbeda sedang bergerak menuju area tersebut, tetapi mengingat cuaca yang berkabut dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, mungkin akan memakan waktu sampai mereka mencapai lokasi helikopter tersebut," ujar Vahidi dalam sebuah pidato yang disiarkan melalui televisi dan diunggah di Telegram oleh kantor berita pemerintah Iran, IRNA.