VIRAL Kontroversi Dr Ari Gordon, Pembicara Seminar di Masjid Istiqlal, Ditengah Tudingan Zionis

Rabu, 17 Juli 2024 19:07
Rin
VIRAL Kontroversi Dr Ari Gordon, Pembicara Seminar di Masjid Istiqlal, Ditengah Tudingan Zionis Kolase

HELOINDONESIA.COM - Dr Ari Gordon, yang menjadi pembicara dalam seminar di Masjid Istiqlal pada Rabu, 17 Juli 2024, viral dan memicu pro kontra.

Pria Yahudi asal Amerika yang menjabat sebagai Direktur American Jewish Committee (AJC) ini dituding sebagai zionis.

Rekam jejak Dr. Ari Gordon sebelum menjadi pembicara mulai terungkap, termasuk pandangannya yang menyudutkan tentara Hamas yang menyerang Israel.

Di akun X miliknya, Dr. Gordon (@AriMGordon) yang saat ini telah di-private, diketahui pernah membagikan ulang cuitan yang membela Israel.

Baca juga: Viral Pembubaran Paksa Organ Tunggal, Warga Keluhkan Berisik

“Mendukung Palestina bukan berarti harus menurunkan empati untuk orang Israel yang terbunuh oleh Hamas,” tulis akun tersebut

Salah satu cuitan dari akun X AJC yang di-retweet Dr. Gordon menyalahkan Hamas, menyatakan bahwa mendukung Palestina tidak berarti harus menurunkan empati terhadap orang Israel yang terbunuh oleh Hamas.

Beberapa pernyataannya juga dianggap kontroversial karena menyamakan anti-zionisme dengan anti-semitisme.

Baca juga: Kronologi Penemuan 2 Jasad Lansia yang Membusuk di Bekasi yang Viral di TikTok, Polisi Duga Hal Ini

Kehadiran Dr. Gordon sebagai pembicara dalam seminar Voice of Istiqlal mendapat reaksi kemarahan publik, yang menilai dia tidak netral.

Akun X @bayuamus menyoroti posisi AJC terhadap konflik Israel-Palestina yang jelas tertuang di situs mereka, dan mengkritik Istiqlal karena memberi panggung kepadanya.

“Ari Gordon ini bukanlah tokoh yang netral, posisi organisasinya (AJC) terhadap konflik Israel-Palestina sudah jelas tertuang di website mereka,” dikutip Helo Indonesia dari akun X @bayuamus pada 17 Juli 2024.

Baca juga: Operasi Pertambangan Batubara dan Emas Ilegal di Kalsel, Polisi Berhasil Ungkap 14 Kasus

“Maka sangat mengherankan Istiqlal sebagai institusi nasional di bawah Departemen Agama malah memberi panggung,” pungkasnya.


Dr. Ari Gordon lulus dari Yeshiva University pada tahun 2005, melanjutkan pendidikan di Harvard Divinity School dan lulus pada tahun 2010, serta menyelesaikan PhD dalam Studi Islam di University of Pennsylvania.

Demikianlah rekam jejak Dr. Ari Gordon, pembicara seminar di Masjid Istiqlal yang viral karena dituding zionis.

Berita Terkini