Mundur dari Wali Kota Solo, Gibran Titip Kelanjutan Balekambang dan Pasar Jongke kepada Penggantinya

Rabu, 17 Juli 2024 17:04
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat menyerahkan surat pengunduran diri di DPRD. Foto: Ist

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka resmi mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo ke DPRD Solo, pada Selasa sore 16 Juli 2024.

Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut mengirim langsung surat pengunduran dirinya ke DPRD Solo, didampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan Sekda Budi Murtono.

Gibran tiba di kantor DPRD Surakarta dengan menaiki mobil dinas plat merah. Kedatangan wakil presiden terpilih tersebut disambut Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo. Dalam kesempatan itu, Budi didampingi sejumlah unsur pimpinan DPRD yaitu Sugeng Riyanto, Ahmad Sapari, serta Taufiqurahman. Mereka mengadakan pertemuan secara tertutup.

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang Waspadai Daerah Rob Banjir, Kawal Hak Pilih

Ditemui setelah menyerahkan berkas, Gibran dengan diplomatis mengatakan alasan dirinya mundur dari jabatan sebagai wali kota untuk persiapan sebelum dilantik sebagai wapres di tanggal 20 Oktober 2024. Menurutnya, banyak hal yang harus dipersiapkan dari sekarang. "Saya mohon doa, semoga semua dilancarkan," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Gibran mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada media yang telah mengawal program-program Pemerintah di Surakarta di tiga tahun terakhir.
''Terima kasih sudah menjadi teman yang baik untuk saya, memberitakan hal-hal positif untuk Kota Solo. Saya mohon izin pamit, mohon maaf apabila selama ini ada salah," katanya.

Kemasi Ruang Kerja

Dia mengatakan dirinya telah berpamitan dengan sejumlah pihak, antara lain Pj gubernur Jawa Tengah, izin dengan presiden terpilih, dan menghadap Mendagri. Dia mengatakan bahwa telah menjalankan semua prosedur.
"Surat pengunduran diri sudah saya serahkan,dan bakal ditindaklanjuti oleh Pak Ketua DPRD, kemudian ke provinsi, dan terakhir ke Kemendagri. Ini sudah diproses. Selagi jeda waktu menunggu SK, saya masih ikut mengawal pekerjaan yang ada di Kota Solo," imbuhnya.

Baca juga: Dua Sepeda Motor Tabrak Bak Truk Dua Pengendara Mio Tewas Seketika, Pengendara Shogun Apes Dilarikan ke Rumah Sakit


Gibran mengatakan beberapa program yang akan dilanjutkan Teguh. Ada yang masih berjalan, ada pula yang tinggal peresmian. "Beberapa proyek tinggal gunting pita, seperti Taman Balekambang yang tinggal dibuka untuk warga atau pemindahan pedagang Pasar Jongke. Semua sudah diurus dinas terkait,” tambah Wali Kota Terpopuler 2021 versi Indikator Indonesia itu.

"Kemudan pemindahan para pedagang Pasar Jongke. ini sudah diatur oleh dinas terkait. Jadi pembangunan yang ada ditahun ini bisa dilanjutkan oleh Pak Walikota, semoga kedepannya bisa berkelanjutan," ujarnya.

Setelah SK turun, Gibran juga akan pidah domisili ke Ibukota. Termasuk memboyong keluarga besarnya. Sehingga pada Pilkada mendatang, hak pilih Gibran pindah ke Jakarta. "Kan KTP-nya sana. Keluraga berangkat besok, anak-anak kan sudah waktunya sekolah juga," ungkapnya.
Setelah menyerahkan surat mundur, Gibran terlihat mengemasi barang-barangnya di kantornya, Lodji Gandrung. Banyak pernak-pernik tokoh cerita anime hingga gim-gim ternama.

Baca juga: Seluncuran Gratis di BKB Menarik Perhatian Wali Kota Semarang

Beberapa di antaranya, Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba, Jujutsu Kaisen, dan Legend of Zelda. Kemudian, sederet karakter dari pokemon, satu set koleksi karakter dari Lego, dan mobil balap mini Tamiya.
Menurut Gibran, barang-barang koleksinya itu tidak akan dibawa ke Jakarta ketika harus berkantor di sana sebagai wakil presiden.

Disetujui DPRD

Sementara itu, DPRD Kota Surakarta menyetujui pengunduran diri Gibran dari jabatan Wali Kota Solo. Usulan pengunduran diri Gibran disampaikan dalam rapat paripurna, Rabu hari ini 17 Juli 2024.

“Selanjutnya kami mintakan persetujuan pada seluruh anggota dewan yang terhormat. Apakah naskah rancangan keputusan DPRD yang telah dibacakan oleh saudara sekretaris dewan dapat disetujui untuk diterapkan menjadi keputusan DPRD, setuju?” tanya Pimpinan Rapat Budi Prasetyo.
“Setuju,” jawab Anggota DPRD Surakarta bersamaan.

Sekretarus DPRD Surakarta Kinkin Sultanul Hakim menyampaikan DPRD Surakarta menyetujui pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari jabatan wali kota Surakarta.

Baca juga: Momentum Hari Jadi Pesawaran, Bupati Dendi Ajak Berbuat Nyata

“Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan memutuskan menetapkan, kesatu, menyetujui pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Surakarta hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten dan kota pada Provinsi Jawa Tengah,” ucap Kinkin.

“Kedua menyampaikan usulan pemberhentian dengan hormat Gibran Rakabuming Raka dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten dan kota pada provinsi Jawa Tengah kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.”

Dalam SK yang dibacakan, DPRD juga mengusulkan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa untuk diangkat sebagai Wali Kota menggantikan Gibran.

Sebelumnya dalam rapat paripurna, Gibran membacakan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan Wali Kota Surakarta. Gibran menyebut, pengunduran dirinya merupakan tindak lanjut dari keputusan KPU yang menetapkan dirinya sebagai wakil presiden terpilih 2024-2029. (Aji)

Berita Terkini