Helo Indonesia

IPI Berbagai Provinsi Siap Bantu Promosikan Wisata Jawa Tengah

Minggu, 24 September 2023 15:41
    Bagikan  
IPI Berbagai Provinsi Siap Bantu Promosikan Wisata Jawa Tengah

Para peserta yang mengikuti Silatnas IPI di Taman Wisata Saloka Theme Park. Kadinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati bersama para pemenang lomba. Foto-foto: Ist

TUNTANG, HELOINDONESIA.COM - Sekitar 200 anggota Insan Pariwisata Indonesia (IPI) melaksanakan silaturahmi nasional (silatnas) di Taman Wisata Saloka Theme Park di Lopait Tuntang, Kabupaten Semarang, 18-20 September 2023 lalu.

Para pelaku pariwisata yang berasal dari provinsi berbagai penjuru di Tanah Air itu, berkumpul untuk berkomunikasi terkait upaya pengembangan usaha pariwisata.

Ketua Panitia M Taufiqurrahman menjelaskan, mereka berasal dari biro perjalanan wisata, pemilik toko oleh-oleh, hotel, bus, pemandu perjalanan, pokdarwis, dan pemerhati wisata.

Baca juga: Mencukur Si Rambut Putih, Irawan Asgar:Saya Senang dan Bangga

Peserta dari pengurus DPD se-Indonesia, di antaranya dari Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Banten, Jateng, Yogyakarta, Jatim, Bali, NTB, bahkan NTT.

siltnas

Diuraikan dia, sejak 18 hingga 20 September 2023, peserta anggota IPI ini berkunjung ke Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang, dan berakhir di Kabupaten Semarang.

“Tujuannya untuk mengangkat potensi pariwisata daerah yang menjadi lokasi Silatnas,” terangnya.

Tak hanya pariwisata, lanjutnya, sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga ikut serta berkembang. Bahkan, ada anggota DPD Batam yang terpikat dengan kreasi produk kudapan ringan dan batik UMKM Kabupaten Semarang. Mereka menawarkan fasilitas promosi berupa pameran dagang gratis kepada pelaku UMKM Kabupaten Semarang.

“Ini sangat menguntungkan, karena Batam berdekatan dengan Singapura. Sehingga, diharapkan dapat menciptakan pasar baru bagi UMKM Kabupaten Semarang,” katanya lagi.

Jadi Surga

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati mengaku bangga penutupan Silatnas IPI dilaksanakan di Kabupaten Semarang.

“Di sini adalah surganya Jawa Tengah. Banyak tempat wisata menarik dapat dikunjungi. Agenda ini sangat baik guna memajukan pariwisata kita,” ungkap Wiwin, didampingi Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Listyawati.

Baca juga: 111 Wisudawan Program Pascasarjana USM Ikuti Pelepasan


Ditambahkan Dewi, tujuan Silatnas IPI yaitu mempromosikan destinasi yang ada di provinsi tempat dilaksanakannya agenda ini. Selain itu, membuat paket paket wisata berdasarkan kunjungan ke destinasi, yang nantinya akan dijual kepada costumer di daerahnya masing masing.

Adapun agenda Silatnas IPI yaitu Hari Pertama yaitu Silaturahmi pendapa Kabupatan Wonosobo dihadiri Bupati H Afif Nurhidayat SAg, dan Kepala Dinas Pariwisata Agus Wibowo. Selanjutnya, kunjungan wisata ke Dieng Park, malam harinya Gala dinner di Resto Boemi Dieng.

Hari Kedua, adalah menyaksikan keindahan luar biasa Sunrise di Maha Sky Batu Angkruk, belanja oleh oleh khas makanan Dieng (Carica, kripik jamur, dll). Wisata selanjutanya ke Kahyangan Skyline, objek wisata yang lagi viral dengan keindahan alam dengan berlatar belakang pesona Telaga Menjer. Setelah itu bermalam di Magelang.

Pada Hari Ketiga, peserta Silatnas dibawa ke UMKM Tuntang, dan berlanjut ke Saloka Theme Park.

''Peserta puas dengan kegiatan Silatnas ini. Banyak peserta dari berbagai provinsi terpesona oleh keindahan wisata Kabupaten Semarang, dan wisata Jateng lainnya yang dikunjungi dalam event ini. Mereka siap membantu mempromosikan dan mengajak wisatawan datang ke sini,'' tandas Dewi. (Aji)