bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Di Kali Kesek Kendal Wisatawan Disuguhi Pemandangan Alam dan Kuliner Tradisional

Senin, 19 Februari 2024 05:45
    Bagikan  
Di Kali Kesek Kendal Wisatawan Disuguhi Pemandangan Alam dan Kuliner Tradisional

PEMANDANGAN: Pemandangan alam yang menakjubkan akan menjamu wisatawan yang berkunjung ke Wisata Air Kali Kesek di Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Wisata Air Kali Kesek, Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal masih menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Kabupaten Kendal. Tempat wisata ini juga bisa menjadi Visit Wisata Jawa Tengah. Tidak saja masyarakat setempat, banyak wisatawan dari luar kota Kendal berkunjung untuk kenikmati view pegunungan dan air dan beraneka kulinernya.

Kali Kesek adalah jalanan desa yang berada di kaki pegunungan Ungaran, yang kemudian oleh Pemerintah Desa dan Bumdes setempat disulap menjadi tempat wisata. Tempat ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki udara yang sejuk.

Harga tiket masuk terbilang sangat murah, yakni hanya Rp 2.000 per orang. Para pengunjungpun juga disuguhkan panorama pemandangan alam pegunungan yang membiru indah, persawahan yang hijau menyejukkan mata, deretan hutan pinus dikejauhan.

Harga tiket masuk Wisata Kali Kesek terbilang sangat murah, sehingga membuat destinasi wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan. Bahkan setiap hari Minggu pengunjung Kali Kesek bisa mencapai hingga ribuan.

Pemandangan Alam

Selain panorama pemandangan alam pegunungan, Desa wisata yang berada di Jawa Tengah ini menyuguhkan keindahan alam berupa bukit dan sawah yang terbentang di sepanjang jalan masuknya. Di dalamnya terdapat sungai yang jernih, kolam renang, kolam terapi ikan, hingga kolam pancing.

Didalamnya juga terdapat sungai yang jernih, kolam renang, kolam terapi ikan, hingga kolam pancing. Selain itu pengunjung juga bisa melakukan permainan outbound, berkemah, hingga menunggang kuda.

Selain itu, ada wahana permainan yang dapat dinikmati dengan membayar Rp 5 ribu - Rp 15 ribu, seperti kolam renang anak hingga wahana kuda, skuter, trampolin, serta permainan anak lainnya.

Kali Kesek juga menyediakan berbagai spot menarik yang cocok untuk berfoto. Selain itu berbagai kuliner khas tradisional juga tersedia di area wisata, seperti tiwul, carica kolang-kaling, gula aren dan lainnya.

Bumdes

Untuk pengunjung yang menyukai berkemah, Wisata Kali Kesek juga menyediakan arena camp lengkap dengan tenda yang dipatok harga Rp 75 ribu per malam dengan kapasitas 4 - 5 orang. Dengan fasilitas yang tersedia berupa lampu penerangan, toilet dan musala.

Di Kali Kesek juga menyediakan rumah joglo untuk wisatawan yang akan mengadakan kegiatan outbond maupun lainnya dengan kapasitas kurang lebih 100 orang. Serta disediakan gazebo dengan kapasitas kurang lebih 10 orang.

Direktur Bumdes Sriwulan Makmur, Mukh Aminatur Rokhman menjelaskan, rata-rata pengunjung setiap minggunya mencapai 7-8 ribu pengunjung. "Kalau hari biasa ada sekitar 300 sampai 400 pengunjung, kalau hari Sabtu 800 sampai 1.000 pengunjung, kalau hari Minggu 3.000-4.000 pengunjung," terangnya.

Untuk meningkat wisatawan di Kali Kesek, Bumdes Sriwulan Makmur akan melakukan banyak inovasi. Sehingga, tempat wisata tersebut dapat terus eksis dan lebih maju. Sehingga kedepan dapat menyumbang pendapatan asli desa

Perekonomian

"Selain itu Kalikesek juga bertujuan untuk pemberdayaan serta meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga Desa Sriwulan," beber Mukh Aminatur Rokhman.

Terpisah, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal menyebut, Wisata Kali Kesek saat ini menjadi wisata viral di Kabupaten Kendal dengan jumlah pengunjung tertinggi. "Yang lagi viral sekarang Kalikesek, saat ini sedang naik daun," ujarnya.

Pengunjung yang berwisata ke tempat ini boleh membawa makanan sendiri. Namun bagi yang ingin mencoba jajanan pedesaan, kamu bisa datang ke Pasar Kuliner yang dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu di pendopo besar Arenan Kali Kesek.

Beberapa jajanan yang dijual di Pasar Kuliner Desa Wisata Kali Kesek seperti comro gambus, putu mayang, kue kurma, bubur sumsum, dan lain sebagainya. Jangan khawatir, makanan tersebut masih dijual dengan harga yang terjangkau.

Wisata Air Kali Kesek pada dasarnya buka setiap hari selama 24 jam bagi pengunjung yang ingin berkemah. Namun, untuk tujuan wisata, tempat ini hanya dibuka pukul 06.00-18.00 WIB saja. Jika ingin berburu makanan enak, pengunjung bisa datang ke pasar kuliner setiap Sabtu dan Minggu pukul 08.00-18.00 WIB.(Anik)