Helo Indonesia

Mengenali Tanda WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Restiyan Ningsih - Teknologi -> Telekomunikasi
Sabtu, 22 Juni 2024 19:33
    Bagikan  
WhatsApp
freepik

WhatsApp - Ciri ciri WhatsApp disadap

HELOINDONESIA.COM - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan saat ini. Namun, di balik kemudahannya, WhatsApp juga rentan terhadap penyadapan.

Tanda-tanda WhatsApp Disadap:

1. Akun WhatsApp Tiba-tiba Keluar Sendiri

Jika akun WhatsApp Anda tiba-tiba keluar sendiri padahal Anda tidak melakukannya, ini bisa menjadi tanda bahwa akun Anda sedang disadap.

2. Terlihat Online Padahal Tidak Aktif 

Perhatikan status online Anda di WhatsApp. Jika Anda terlihat online padahal Anda tidak sedang menggunakan WhatsApp, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada orang lain yang mengakses akun Anda.

Baca juga: Prilly Latuconsina Raih Penghargaan Aktris Terbaik 2024 di IKJ Award!

3. Pesan Telah Terbaca

Perhatikan tanda centang pada pesan Anda. Jika pesan Anda menunjukkan tanda centang biru dua (terbaca) padahal Anda yakin belum membacanya, ini bisa menjadi tanda bahwa pesan Anda telah dibaca oleh orang lain yang menyadap akun Anda.

4. Mendapat Kode OTP

Kode OTP (One Time Password) digunakan untuk memverifikasi identitas saat login ke WhatsApp. Jika Anda menerima kode OTP padahal Anda tidak login, ini bisa menjadi tanda bahwa ada orang lain yang mencoba masuk ke akun Anda.

4. Penggunaan Data WhatsApp Berlebihan

Perhatikan penggunaan data WhatsApp Anda. Jika penggunaan data WhatsApp Anda tiba-tiba melonjak, ini bisa menjadi tanda bahwa akun Anda sedang disadap.

Baca juga: TW Berhasil Diamankan TIM Tangkap Intelijen Pontianak 

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap:

1. Ubah Kata Sandi Segera

Jika Anda mencurigai bahwa akun Anda disadap, segera ubah kata sandi WhatsApp Anda. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik, serta jangan gunakan kata sandi yang sama untuk akun lain.

2. Verifikasi Dua Langkah

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Fitur ini akan menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun Anda dengan meminta kode PIN saat login.

Baca juga: Anies-Kaesang Duet Sempurna, Burhanuddin Bilang Mustahil Bersatu

3. Cek Perangkat Terhubung

Periksa daftar perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp Anda. Jika ada perangkat yang tidak Anda kenal, segera keluarkan dari akun Anda.

4. Laporkan ke WhatsApp

Jika Anda yakin bahwa akun Anda telah disadap, laporkan ke WhatsApp melalui email https://www.whatsapp.com/contact/?subject=messenger.

Baca juga: Sekdaprov Lampung Terima Tim Verifikasi TP2G, Usul Mr. Gele Harun Nasution Sebagai Pahlawan Nasional.

5. Install Antivirus

Install antivirus yang terpercaya di perangkat Anda untuk membantu melindungi dari malware dan virus yang dapat digunakan untuk menyadap WhatsApp.

Pencegahan Lebih Baik:

Jaga Kerahasiaan Kata Sandi: Jangan bagikan kata sandi WhatsApp Anda kepada siapa pun. Hati-hati dengan Tautan: Jangan klik tautan yang mencurigakan atau tidak dikenal yang diterima melalui WhatsApp. Tautan tersebut dapat mengarahkan Anda ke situs web berbahaya yang dapat mencuri informasi akun Anda.

Update WhatsApp: Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru WhatsApp. Versi terbaru biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih baik.

Dengan mengetahui tanda-tanda WhatsApp disadap dan cara mengatasinya, Anda dapat menjaga keamanan akun WhatsApp Anda dan melindungi privasi Anda.