Jangan Dimasukan ke Tempat Penyimpanan Beras, Gunakan Cara Ini Jika Ponsel Anda Terendam Air

Senin, 5 Juni 2023 10:35
Menyimpan ponsel basah di beras. ist

HELOINDONESIA.COM - Sudah cukup lama trik menyimpan ponsel yang baru terendam di air ke dalam beras dilakukan orang. Trik ini dipercaya dapat menyelamatkan ponsel yang basah agar bisa bekerja seperti semua. Tidak diketahui secara pasti darimana trik ini berasal. Tak banyak juga yang menguraikan bagaimana beras dapat menyerap air dalam ponsel yang habis terendam. Klaim yang ada hanya menyebut beras dapat menyedot kelembapan di sekitarnya.

Triknya pasti sudah ada sebelum telepon pintar, tetapi itu benar-benar menarik perhatian karena semakin banyak orang mulai membawa-bawa perangkat mahal dan rapuh yang tidak cocok dengan air. Orang-orang ingin tahu apa yang harus dilakukan ketika ponsel mereka jatuh ke dalam air dan trik beras memenuhi kebutuhan itu.

Mengapa Trik ini Tidak Efektif

Inilah kebenaran pahit tentang memasukkan ponsel basah ke dalam beras. Beras tidak memiliki kekuatan ajaib untuk menghilangkan kelembapan. Beras memang memiliki kemampuan untuk menyerap air dari benda basah, tetapi sangat lemah. Plus, itu tidak mengatasi masalah utama. Bahkan bahan pengering yang kuat seperti gel silika tidak dapat menyerap cairan yang paling merusak, yang ada di bagian dalam ponsel.

Baca juga: Cek Disini, Berikut Daftar Ponsel Xiomi yang Tidak Akan Lagi Terima Update Per Juni 2023

Terkadang, jika air tidak terlalu banyak menembus ponsel, membiarkannya mati dan membiarkannya mengering akan menyelamatkannya. Orang-orang akhirnya mengira beras lah yang melakukan sesuatu padahal kenyataannya hanya meninggalkan telepon untuk sementara waktu yang berhasil.

Lebih buruk lagi, beras sebenarnya dapat menonjolkan kerusakan air dalam beberapa kasus. “Debu” beras yang halus bisa masuk ke port dan bercampur dengan air untuk membuat zat seperti pasta yang lebih sulit dihilangkan.

Cara Menyimpan Ponsel Basah

Kunci menyelamatkan ponsel yang basah tidak harus hanya menunggu hingga kering. Itu mungkin berhasil jika Anda beruntung, tetapi jauh lebih efektif untuk membuang air sebanyak mungkin secepat mungkin. Membiarkannya mengering akan meninggalkan semua benda konduktif di dalam air.

Baca juga: Ponsel Anda Dicuri Orang? Begini Cara Blokir-nya Agar Data Anda Tetap Terlindungi

Jika ponsel Anda terendam air, langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah mematikannya. Jangan mencoba menyalakannya jika air mematikannya. Maka Anda harus menghapus apa pun yang dapat dihapus. Ini termasuk casing, baki kartu SIM, baki kartu microSD, dan baterai (bahkan jika dapat dilepas).

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan cara berteknologi rendah dan menggunakan kipas angin atau udara terkompresi untuk meniupkan air keluar dari ponsel. Namun, itu tidak akan berpengaruh apa pun untuk air yang masuk ke dalam ponsel. Untuk mengeluarkan air itu sendiri, Anda harus membukanya. Dari sana, Anda dapat menggosoknya dengan alkohol isopropil 90%+ atau meletakkannya di depan kipas angin.

Kita mungkin tidak akan pernah tahu siapa orang pertama yang berpikir untuk meletakkan ponsel mereka yang basah ke dalam semangkuk beras, tetapi "trik" itu telah bertahan terlalu lama. Untungnya, sebagian besar smartphone saat ini memiliki tingkat ketahanan air tertentu. Anda lebih baik mendapatkan salah satunya dan mengambil tindakan pencegahan lainnya. Ada baiknya menyimpan beras hanya untuk konsumsi manusia bukan?

Berita Terkini