Helo Indonesia

Ponsel Anda Dicuri Orang? Begini Cara Blokir-nya Agar Data Anda Tetap Terlindungi

Syahroni - Teknologi
Sabtu, 3 Juni 2023 19:21
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memblokir ponsel yang dicuri agar data tidak disalahgunakan.

HELOINDONESIA.COM - Pernahkah Anda kehilangan ponsel kesayangan? Jika sudah pernah, pasti Anda juga akan bertanya-tanya bagaimana cara memblokir ponsel yang hilang dicuri agar data yang ada di polsel Anda tidak disalahgunakan.

Untungnya, berkat kemajuan teknologi, Anda kini bisa belajar cara memblokir ponsel curian, sehingga informasi pribadi dan sensitif Anda terlindungi.

Cara Anda dapat memperbaiki masalah keamanan ini berkisar dari melaporkan pencurian ke operator seluler Anda hingga menggunakan aplikasi pelacakan dan pemblokiran jarak jauh. Jangan khawatir, ada sejumlah opsi yang tersedia untuk melindungi data Anda dan meminimalkan dampak pencurian.

Pada artikel ini, kami akan memberi Anda informasi dan saran praktis tentang cara memblokir ponsel yang dicuri, sehingga Anda dapat mengambil tindakan segera dan melindungi privasi Anda. Berikut adalah 3 opsi paling populer:

  1. Jika sebelumnya Anda menyiapkan aplikasi pelacakan di ponsel curian, Anda dapat mengakses iCloud (untuk iOS) dari komputer atau menggunakan fitur "Temukan perangkat Anda (find my device)" di Android untuk membatasi aksesnya dari jarak jauh.
  2. Cara efektif lain untuk memblokirnya secara instan adalah dengan menghubungi operator seluler Anda. Berikan kode IMEI telepon, yang merupakan nomor identifikasi unik, dan mereka dapat segera memblokirnya.
  3. Hubungi Locatel dengan menghubungi 56-58-11-11. (Untuk opsi ini, Anda harus mendaftarkan ponsel Anda ke pihak berwenang sebelumnya).

Cara memblokir ponsel Android

Dalam kasus ponsel Android, Anda dapat mempelajari cara mengunci ponsel curian menggunakan aplikasi Pengelola Perangkat Android. Caranya, dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Kunjungi android.com/find, baik dari komputer atau perangkat seluler.
    Masuk ke Akun Google Anda.
  2. Jika Anda memiliki koneksi internet, ponsel akan muncul di peta.
    Pilih apa yang ingin Anda lakukan:
  3. Memutar suara: Meskipun ponsel Anda tidak bersuara, Anda masih dapat membunyikan alarm yang sangat keras selama 5 menit.
  4. Blokir perangkat: Menggunakan PIN atau kata sandi Anda, Anda dapat membatasi penggunaan ponsel Anda dan menempatkan pesan atau pemberitahuan untuk orang yang memiliki ponsel Anda.
  5. Hapus data pribadi Anda: Hapus semua data di ponsel Anda secara permanen. Ini tidak memengaruhi foto atau aplikasi yang disimpan di kartu SD Anda.

Beberapa poin penting tentang cara memblokir ponsel Android curian adalah sebagai berikut:

  • Ponsel Anda harus memiliki daya atau baterai yang cukup.
  • Anda harus memiliki akses ke jaringan seluler atau Wi-Fi.
  • Nyalakan fitur ‘Temukan Perangkat Saya”.

Cara memblokir ponsel yang dicuri dengan imei

Ini adalah kunci yang paling efektif dan tidak memerlukan koneksi internet. Namun, Anda harus mengambil beberapa tindakan pencegahan. Di beberapa Negara, pemerintah sudah mamiliki halaman khusus untuk melaporkan ponsel yang dicuri hanya dengan memberikan data IMEI Anda.

Sebagai contoh di Mexico City, Anda harus masuk ke halaman Pemerintah Mexico City. Di halaman ini, mereka akan mendaftarkan IMEI mereka dan dapat menghubungi Locatel di nomor 56 58 11 11 untuk meminta mengunci perangkat Anda. Mereka juga memiliki opsi untuk mendaftarkan yang baru, jika mereka telah mengubah operator seluler mereka, atau memverifikasi apakah ponsel bekas yang mereka beli telah dilaporkan dicuri.

Jika Anda berada di bagian lain Republik Meksiko, cukup Anda harus menghubungi pusat layanan pelanggan dari operator telepon terkait dan meminta pemblokiran peralatan Anda:

Sekarang Anda tahu cara mengunci ponsel curian dan melindungi informasi berharga Anda dengan mudah.