Helo Indonesia

Jangan Sampai Tercandu-candu, Berikut Ini 7 Tips untuk Menghindari Ketergantungan Gawai

Syahroni - Teknologi
Sabtu, 17 Juni 2023 00:45
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Batasi pemakaian gawai berlebihan untuk kesehatan jasmani dan rohani..

HELOINDONESIA.COM -  Berapa lama Anda bisa menghabiskan waktu menatap layar ponsel setiap harinya? Menurut sebuah laporan, rata-rata orang menghabiskan sekitar tujuh jam sehari di layar ponsel untuk menjelajah dunia maya. Yang mengkhawatirkan, angka itu akan semakin tinggi jika pekerjaan Anda lebih banyak dilakukan di depan komputer.

Sebagian besar dari kita menggunakan perangkat digital secara berlebihan, menghabiskan waktu terlalu lama untuk bekerja atau menikmati berbagai fasilitas yang ada pada ponsel, tablet, laptop, atau bahkan headset VR. Banyak yang menyebut, kebiasaan ini terjadi karena kita sudah kecanduan teknologi dan diperingatkan akan bahayanya bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Satu paradoks yang signifikan di sini adalah bahwa kita sering mundur ke dunia digital untuk melepaskan diri dari tekanan dunia fisik, tetapi pada akhirnya hanya mengumpulkan jenis tekanan digital dan fisik lainnya di sepanjang jalan.

Sebagian orang tua akhirnya menjadi khawatir beberapa tahun yang lalu tentang pengaruh kehidupan digital terhadap pekerjaan dan keluarga. Seorang penulis di The Conversation, Abdullah Shahbaz akhirnya melakukan riset sendiri untuk mengubah cara seseorang menggunakan perangkatnya, dan bahkan menulis buku tentang bahaya dari apa yang ia sebut sebagai "inferno digital".

Baca juga: Mau Memberikan Ponsel untuk Anak? Ikuti 5 Tips Berikut Agar Anda Tidak Menyesal Kemudian

Hanya dalam beberapa tahun terakhir studi jangka panjang telah dipublikasikan tentang masalah ini. Dan secara keseluruhan, studi ini terdiri dari kumpulan pengetahuan yang berkembang dan signifikan, yang sulit diabaikan: terlalu banyak teknologi dapat menyebabkan masalah bagi manusia.

Agar jelas, perangkat digital menawarkan manfaat yang signifikan – pikirkan koneksi, pendidikan, hiburan. Bahayanya adalah ketika kita terlalu sering menggunakannya menjadi racun bagi kesehatan kita.

Dari sudut pandang peneliti, ketegangan mata, sakit leher, kurang tidur, stres, cedera regangan berulang dari segala jenis dan gangguan fungsi tangan hanyalah beberapa gejala yang dialami selama bertahun-tahun berkat penggunaan layar dan perangkat yang berlebihan.

Jika salah satu dari gejala ini menggambarkan situasi Anda saat ini (atau siapa pun yang Anda kenal), atau Anda merasa terlalu banyak menghabiskan hidup Anda dengan menatap layar, peneliti menyarankan tentang cara mendapatkan kembali kendali atas teknologi Anda mungkin berguna.

Baca juga: Hati-hati, 5 Cedera Ini yang Biasa Terjadi Kalau Kamu Terlalu Lama Menggunakan Ponsel

Bagaimana mendapatkan kembali control

1. Berlatih meletakkan perangkat digital Anda secara sadar

Jauhkan ponsel dari pandangan dan simpan saat Anda tidak menggunakannya, terutama di malam hari. Jauhkan gawai dari kamar tidur, dapatkan jam alarm konvensional (jadi Anda tidak menggunakan alarm ponsel) dan Anda akan tidur lebih nyenyak tanpa pengguliran larut malam. Dan hentikan kebiasaan menonton TV dengan ponsel di samping Anda. Fokus saja pada satu tugas pada satu waktu tanpa gangguan layar lain.

2. Tetapkan sendiri batas waktu memakai gawai

Terlalu banyak waktu di depan layar dapat membuat Anda sakit kepala. Berhati-hatilah dengan cara Anda menggunakan teknologi dan manfaatkan fitur seperti catatan suara, yang memungkinkan Anda tetap mengikuti perkembangan komunikasi tanpa menatap layar dalam waktu lama.

3. Berhenti mengizinkan gangguan digital

Gangguan konstan dapat menyebabkan stres fisik dan mental. Matikan notifikasi dan peringatan saat Anda ingin fokus sepenuhnya pada suatu tugas. Dan jauhkan ponsel Anda dari meja Anda. Penelitian menunjukkan bahwa meletakkan ponsel di dekat Anda, meskipun tidak berdengung atau berdering, dan meskipun daya dimatikan, dapat mengganggu kinerja Anda.

4. Jadwalkan waktu bebas digital yang tepat

Depresi dan kecemasan adalah salah satu akibat dari kelebihan digital. Jadi menjauh dari dunia digital Anda untuk sementara waktu itu penting. Berjalan-jalan di alam, membaca buku, bersepeda – apa pun yang membuat Anda menjauh dari layar untuk sementara waktu.

5. Buat layar lebih nyaman di mata

Penggunaan layar yang berlebihan dapat membuat mata kita tegang dan memengaruhi penglihatan kita. Jangan menyipitkan mata ke layar kecil untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dilakukan di laptop layar besar. Kurangi cahaya biru pada perangkat dan manfaatkan semua fitur aksesibilitas bermanfaat lainnya. Mulailah dengan silau layar itu. Dan juga pastikan volumenya tidak pecah gendang telinga Anda.

Baca juga: Waspada, Ngobrol di Ponsel 30 Menit Per Minggu Saja, Bisa Meningkatkan Risiko Hipertensi Loh

6. Kendalikan kekacauan informasi yang berlebihan

Atur ponsel, komputer, dan tablet agar Anda dapat menggunakannya dengan lebih efisien. Beberapa aplikasi benar-benar membantu Anda mengendalikan hidup Anda dan bekerja dengan lebih tenang dan efektif. Aplikasi pelacak waktu mengukur berapa banyak waktu yang Anda habiskan (buang) di layar Anda.

7. Cari posisi yang paling baik saat mengunakan gawai

Membungkuk di atas telepon atau membungkuk di atas laptop Anda akan membahayakan leher dan punggung Anda. Duduk tegak, lakukan peregangan secara teratur, dan sering berolahraga – tanpa ponsel.

Jadilah penentu digital

Ketujuh tip ini akan membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas kehidupan digital Anda. Bagi peneliti, ini semua tentang tidur dan bangun lebih baik setelah meninggalkan ponsel untuk sementara waktu. Ini tentang mendedikasikan, merencanakan waktu digital, dan waktu tertentu ketika ponsel tidak memiliki tempat dalam apa yang akan dilakukan.

Namun ini juga tentang menikmati keajaiban teknologi ini dengan cara yang lebih memuaskan dan menggunakannya secara lebih sadar. Saya suka menganggap diri saya sekarang sebagai penentu digital dan bukan sekadar korban digital lainnya.