Helo Indonesia

Bisa Saja Pekan ini Gustavo Disimpan untuk Menghadapi Laga Arema Melawan Persebaya Nanti

Jumat, 15 September 2023 14:10
    Bagikan  
TOPS SKOR
instagram @aremaofficial

TOPS SKOR - Gustavo Ameida, pemain Arema FC yang menyandang Top Skor sementera Liga 1 2023/2024.

HELOINDONESIA.COM - Gustavo Almeida dos Santos salah satu pemain yang memiliki arti pentig bagi Arema FC selama ini, karena produktivitas golnya yang terbanyak hingga pekan keduabelas Liga 1 2023/2024.

Selain menjadi top skor sementara Liga 1 2023/2024 juga merupakan penyerang andalan Arema FC yang sudah mengantongi 9 gol.

Namun sayang hingga laga ini, Gustavo sudah mengantongi 3 kartu kuning, sehingga jika melanggar satu kartu kuning lagi sesuai regulasi Liga Indonesia Baru penyerang asal Brasil ini bakal mendapat hukuman tidak bermain sekali pertandingan.

Baca juga: Dua Asisten Pelatih Fernando Valente Memiliki Kemampuan Sport Science dan Peningkatan Skill Individu Pemain Arema

Pada hal Arema FC saat ini memiliki misi berat, di sisi lain Arema di pekan keduabelas akan menghadapi Persita Tangerang di kandang Arema Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali pada Minggu (16/9/2023).

Arema FC harus bisa menundukkan Persita Tangerang pada laga itu nanti, pelatih Fernando berambisi meraih kemenangan ketiga kali di bawah kepemimpinannya.

Namun di sisi lain ada yang lebih krusial lagi pada pekan ketigabelas Arema FC bakal dijamu musuh bebuyutannya Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo Sabtu (23/9/2023) pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Laga melawan Persebaya merupakan laga bergengsi Arema menghadapi lawan bebuyutan Persebaya Surabaya, yang merupakan laga hidup mati kedua tim demi gengsinya itu.

Terkait laga itu, bisa saja terjadi Gustavo Almeida tidak dimainkan dalam laga menghadapi Persita Tangerang nanti, namun dia akan disimpan saat menghadapi Persebaya nanti.

Namun, itu bukanlah satu-satunya opsi yang bakal diambil pelatih asal Portugal tersebut demi laga melawan Persebaya Surabaya nanti.

Baca juga: Asisten Pelatih Arema Nelson Leitao dan Daniel Chaves Lasung Digeber, Coach Fernando Siap Jalankan Program

Atau bisa saja terjadi Fernando mengambil opsi kehilangan Gustavo di salah satu antara laga lawan Persita atau Persebaya.

Tanpa mengurangi arti penting si pemain, pelatih berlisensi UEFA A Pro itu mengaku tak masalah ada atau tidak ada Gustavo di timnya.

"Kita menang pertama (lawan Persikabo 1973) tanpa Gustavo, lalu menang lagi (lawan Bhayangkara FC) saat Gustavo bermain dari bench," kata Fernando Valente seperti dilansir wearemania.net, Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Data Statisik Kiper Arema Julian Moncer, Mukin Faktor ini yang Menjadi Alasan Pelatih Fernando Belum Datangkan Pelatih Kiper

Pelatih asal Portugal ini juga memahami jika dia (Gustavo) adakah pemain penting Arema FC, namun Fernando selalu mengatakan menciptakan permainan secara kolektif, hingga tidak menggantungkan ke 1 atau 2 pemain saja.

Fernand mengatakan kalaupun timnya harus kehilangan Gustavo Almeida di laga lawan Persebaya Surabaya, ia mengatakan tetap siap-siap saja.

Dia pun kemudian menjelaskan jika pemain lainnya yang ia yakinini pasti bisa menjadi pengganti sepadan Gustavo dalam menghadapi lawan mainnya.

Baca juga: Nama Daniel Chaves dan Nelson Leitao Akan Mendamping Fernando Valente, Kiper Arema Julian Belum Saatnya Sekarang

Terbukti dalam laga sebelumnya beberapa pemain lain mampu mencetak gol seperti yang sudah dilakukan oleh Dedik Setiawan, Ginanjar Wahyud, dan Charles Lokolingoy yang mampu mencetak gol.

Dengan demikan ketiga pemain itu ternyata mampu menghentikan ketergantungan skuad Singo Edan terhadap keberadaan Gustavo dalam mencetak sebuah gol.

Untuk itu Fernando kembali menjelaskan seluruh tim harus memahami persoalan ini, bagaimana harus menyerang dan bagaimana bisa mencari cara untuk mencetak gol.

Baca juga: Diam-diam Pelatih Arema Fernando Valente Nonton Laga Persebaya Duduk di Antara Bonekmania, Begini Alasannya

"Semua pemain harusnya paham bagaimana cara menyerang dan mencetak gol. Pada dua laga kemarin, kita bisa mencetak gol dengan tiga pemain berbeda," kata Fernando menambahkan.

Disitulah letak persoalannya yang harus menjadi perhatian seluruh tim, jika semua pemain bisa mencetak gol, meski kita tahu Gustavo adalah pemain penting Arema FC.

Dalam laga ketiga sejak ia memimpin Arema FC, Fernando mengaku penasaran dengan skuadnya untuk menghadapi Persita Tangerang, Sabtu (16/9/2023) nanti.

Baca juga: Diam-diam Pelatih Arema Fernando Valente Nonton Laga Persebaya Duduk di Antara Bonekmania, Begini Alasannya

Di sisi lain Persita Tangerang juga baru saja terjadi pergantian pelatih dari Luis Edmundo sekarang dipimpin Divaldo Alves, yang baru saja diperkenalkannya.

Tentu saja setiap terjadinya pergantian pelatih, pasti saja ada pemikiran baru yang diterapkan untuk para pemainnya.

Banya saat ini, Fernando hanya bisa menebak-nebak bagaimana permainan tim tersebut setelah ditangani pelatih baru itu.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando bekali Konsep Baru Permainan Bola, Sebelum Menghadapi Persita Tangerang Pekan Depan

Di sisi lain, Fernando juga tidak pernah tahu ide-ide baru yang diberikan kepada pemainnya untuk menghadapi Arema FC, ini yang membuat penasaran.

"Kita nggak pernah tahu bagaimana ide-idenya, itu yang membuat penasaran," kata Fernando Valente.

Seperti dalam laga sebelumnya melawan Persikabo 1973, yang juga baru saja memiliki pelatih baru yakni Aji Santoso, begitu juga dengan sekarang.

"Pekan depan kita juga akan menghadapi Persebaya Surabaya, yang juga dipimpin pelatih baru," ujar Fernando lagi.

Baca juga: Arema FC Segera Pindah Homebase, Mengintip Stadion di Sekitar Malang, Gelora Delta Sidoarjo dan Supriadi Blitar Bisa Jadi Opsi

Itu sebabnya kini selalu saja diselimuti rasa penasaran, dan mengaku selalu siap menanti kejutan-kejutan dari pelatih baru pelatih baru yang menjadi lawan Arema FC dalam beberapa laga ini.

Untuk itulalah menurut Fernando menganggap penting dalam memantapkan konsep permainan sepakbola dengan ide-ide baru, terhadap tim Singo Edan.

Baca juga: Tujuh Penyelamatan Kiper Arema Julian Mendapat Pujian Ayahnya, Sempurna! Pelatih Valente Sebut Kita Layak Menang

Apalagi dalam laga ke depan Arema bakal menghadapi tim-tim yang dilatih oleh berbagai pelatih yang berbeda dengan karakter pemain yang berbeda pula.

Meski demikian Fernando mengaku tidak ada masalh dengan hal itu, ia menyiapkan tim dari manapun dengan model permainan yang bagaimanapun, selalu siap.

"Yang terpenting adalah bagaimana mereka mengetahui detail lawan mereka itu seperti apa," ujar Fernando. **