Helo Indonesia

Dua Asisten Pelatih Fernando Valente Memiliki Kemampuan Sport Science dan Peningkatan Skill Individu Pemain Arema

Selasa, 12 September 2023 21:23
    Bagikan  
ASISTEN PELATIH
instagram @aremaofficial

ASISTEN PELATIH - Dua asisten pelatih Arema FC, Fernando Valente masing adalah Daniel Chaves dan Nelson Leitao (kiri), siap meningkatkan kualitas skuad Singo Edan.

HELOINDONESIA.COM - Pelatih Arema FC, Fernando kini telah memiliki dua asisten pelatih seperti yang telah dia inginkan untuk meningkatkan kualitas skuad Singo Edan dalam mengarungi Liga 1 2023/2024.

Kedua asisten Fernando didatangkan dari negara Portugal yang akan membantu pekerjaan dalam menangani skuad Singo Edan.

Kedua asisten pelatih itu bernama Nelson Leitao dan Daniel Chaves yang keduanya memiliki kemampuan yang berberda dibidang sepakbola.

Baca juga: Asisten Pelatih Arema Nelson Leitao dan Daniel Chaves Lasung Digeber, Coach Fernando Siap Jalankan Program

Baik Nelson maupun Daniel merupakan pelatih asal Portugal, dan satu negara dengan Fernando Valente, yang telah memiliki lisensi kepelatihan UEFA A.

Sedang khusus untuk Nelson Leitao, kebetulan merupakan asisten Fernando semasa bekerja di klub Liga Cina, Shandong Luneng Taishan.

Kedua asisten pelatih Fernando memiliki kemampuan yang bereda, Daniel Chaves akan mendampingi sang pelatih untuk bidang sport science sedangkan Nelson Leitao untuk meningkatkan kualitas dan skil individu para pemain.

Baca juga: Data Statisik Kiper Arema Julian Moncer, Mukin Faktor ini yang Menjadi Alasan Pelatih Fernando Belum Datangkan Pelatih Kiper

Sedangkan bagi Daniel Chaves bekerja sebagai asisten pelatih Arema FC merupakan pengalaman pertama merantau dari luar negara Portugal.

"Saya nggak pernah bekerja di luar Portugal, saya pikir ketika saya memutuskan ke Indonesia, ini tantangan bagus pribadi saya," kata Daniel seperti dilansir wearemania.net, Selasa (12/9/2023).

Sebelumnya Daniel bekerja di klub Liga 2 Portugal, Leixoes SC, juga sebagai mantan pelatih klub Universitas Porto.

Baca juga: Nama Daniel Chaves dan Nelson Leitao Akan Mendamping Fernando Valente, Kiper Arema Julian Belum Saatnya Sekarang

Sebagai pelatih muda, Daniel masing ingin mengembangkan diri dengan ilmu-ilmu baru, khususnya untuk kemampuannya dibidang sport science.

Terkait tugasnya sebagai asisten pelatih Fernando Valente, Daniel sudah mengetahui apa yang ia lakukan untuk membantu sang pelatih kepala.

Sebagai asisten pelatih dia siap membantu pelatih kepala, untuk mengatur program latihan dalam setiap minggunya.

Baca juga: Dari Tangan Fernando Valente Lahir Dua Rising Star Singo Edan, Menjadi Kekuatan Baru Arema di Laga Berikutnya

Sementara sport science sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari penerapan dari prinsip-prinsip sains dan teknik-teknik yang bertujuan untuk menigkatkan prestasi olahraga.

Sport science memiliki arah antara lain untuk memprediksi dan membandingkan hasil dari tes yang telah dilakukan, memonitor hasil pelatihan yang telah dilakukan.

Sport science juga dapat digunakan sebagai penentu keputusan, menetapkan suatu tujuan, apabila perlu dilakukan suatu revisi program.

Baca juga: Diam-diam Pelatih Arema Fernando Valente Nonton Laga Persebaya Duduk di Antara Bonekmania, Begini Alasannya

Juga dapat digunakan untuk melakukan identifikasi bakat dan penentuan sasaran, sebagai bahan untuk memberikan motivasi, dan tidak semua cabang dapat diukur dengan alat yang sama, dan masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.

Beberapa negara besar seperti Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, dan Australia adalah beberapa negara yang sudah sangat intensif mengimplementasikan ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) olahraga yang canggih.

Hasilnya, prestasi atlet pun terdongkrak di berbagai cabang olahraga.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando bekali Konsep Baru Permainan Bola, Sebelum Menghadapi Persita Tangerang Pekan Depan

Sedangkan tugas dari Nelson Leitao, akan menjadi asisten pelatih Fernando Valente dibidang meningkatkan skill individu para pemain Arema FC.

Seperti diungkapkan sebelumnya oleh Fernando Valente Nelson Leitao merupakan sosok yang diketahui Fernando Valente di negaranya seorang pelatih yang berkualitas.

Fernando mengatakan akan bekerja bersama-sama, menciptakan situasi yang lebih disiplin di tim ini.

Baca juga: Begini Perubahan Terjadi Dalam Penguasaan Permainan Bola Arema FC Dibawah Komando Fernando Valente

"Kita akan lebih fokus, dan perhatian ke hal-hal yang lebih detail, untuk membantu pemain meningkatkan kualitas individual," tambah Fernando.

Namun yang terpenting bagi Fernando adalah para para asisten pelatih itu mereka tahu apa yang dia mau, dan mereka tahu apa yang mereka lakukan di Arema FC.

"Kami lebih membutuhkan sosok itu, karena ada beberapa pemain yang bermasalah cedera kambuhan. Jadi lebih penting memikirkan hal ini dari pada pelatih kiper baru," katanya.

Baca juga: Punya Lima Pemain Siap Tempur, Coach Fernando Cari Jalan Keluar Mengalahkan Bhayangkara FC

Itu sebabnya kemudian Fernando mengutamakan skala prioritas untuk situasi saat ini, karena kedua asisten itu nanti juga bisa membantu kenerja pelatih kiper kita Gilih Firmansyah.

Terkait program kerja menurut pemilik lisensi pro UEFA ini mengaku telah menyusun untuk segera dijalankan ketika dua asistennya sudah tiba di Malang. **